Archive Pages Design$type=blogging

Bertuhan(lah) dengan Baik

Judul Buku      : TEOLOGI NEGATIF IBN 'AABI: Kritik Metafisika Ketuhanan

Penulis             Muhammad Al-Fayyadl

Penerbit           : LKiS

Tahun Terbit    : 2012

ISBN               : 979-25-5375-3

Tebal               : 276
Syaikh al-Akbar Ibn ‘Arabi kerap kali dipandang sebagai sosok yang “kontroversial” karena pemikiran dan spiritualitasnya di luar mainstream pemahaman umat Islam. Doktrin wahdatul wujud dianggap sebagai puncak kontroversialnya, karena “mengganggu” kesadaran dan kemapanan teologi mayoritas. Dalam doktrin ini pula, Ibn ‘Arabi disejajarkan dengan barisan sufi yang diasingkan dari komunitasnya, karena kritis terhadap “kemutlakan” Tuhan.

Memang, pemikiran ketuhanan Ibn ‘Arabi mencoba masuk dalam ranah filsafat, khususnya wilayah metafisis-ontologis dari konsep ketuhanan. Kita bisa memahami konsep cara bertuhan dalam buku  TEOLOGI NEGATIF IBN ‘ARABI: Kritik Metafisika Ketuhanan, Muhammad Al-Fayyadl yang disebut teologi negative. Perspektif ini perlu kita apresiasi lebih jauh lagi sebagai kritik terhadap basis konstruksi keilmuan kalam maupun terhadap bangunan dalam konteks agama-agama.

Dalam konteks keilmuan kalam, buku ini mesti ditempatkan sebagai kritik terhadap basis konstruksi keilmuan kalam, karena wacana tentang Tuhan masih dipahami dengan cara yang normal. Teologi yang kita kenal selama ini telah membingkai Tuhan dalam konsep-konsep baku, formal, dan positif, sehingga menempatkan Tuhan sebagai realitas yang objektif.

Tuhan pada pengertian logos, dalam suatu disiplin ilmu yang didasarkan pada asumsi-asumsi metafisis tertentu. Oleh karena itu, diperlukan suatu cara pandang yang baru terhadap terhadap basis konstruksi keilmuan kalam sehingga wacana tentang Tuhan lebih membumi dalam kehidupan keseharian umat. Sebab, Tuhan tidak sekadar dipercaya dan diimani, melainakan juga dihayati, sehingga pada gilirannya umat menemukan formula baru dalam berteologi, yang menjauhkan mereka dari klaim pengetahuan dan klaim kebenaran tertentu.

Berdasarkan tawaran gagasan di atas, wacana tentang Tuhan dalam bingkai teologi negatif, seperti dalam buku ini, layak diapresiasi, dan di situ lah letak keunggulannya. Penulis mendapati Ibnu ‘Arabi bukan sekadar seoarang sufi besar/salik, tetapi juga seorang teolog yang mumpuni, dalam artian ia melakukan teoritisasi ketuhanan dengan caranya sendiri. Tuhan bagi teologi negatif Ibnu ‘Arabi adalah misteri. Ia adalah “Misteri yang Absolut” (al-ghayb al-muthlaq) (hal. 11).

Selain itu, buku ini juga menemukan kontekstualisasi dalam perbincangan tentang klaim keselamatan dalam agama-agama atau aliran-aliran dalam agama. Keberagaman umat di Indonesia akhir-akhir ini dipenuhi oleh klaim kebenaran, baik oleh aliran tertentu dalam suatu agama maupun oleh agama yang satu terhadap agama lainnya. Satu sama lain mengklaim sebagai yang paling benar, paling mewakili kehendak Tuhan, sehingga merasa berhak melabeli sesat pada aliran keimanan lainnya.

Dari Ibn ‘Arabi, melalui buku ini kita bisa mengkonstruksi ulang cara pemahaman keberagaman kita, sekaligus menegaskan bahwa ada yang “salah” dalam cara kita bertuhan dan beragama, karena minimnya perspektif ketuhanan. Dan buku ini –barang kali—mampu mengisi kekosongan dalam memahami konsep ketuhanan, sehingga ke depan kita lebih bijak dan toleran dalam kehidupan beragama. (Selamet Widodo)
  


COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Bertuhan(lah) dengan Baik
Bertuhan(lah) dengan Baik
http://3.bp.blogspot.com/--EIX9Kh3kD4/Ue_4HQnIB_I/AAAAAAAACR4/5wX0EY8QUdE/s320/images.jpg
http://3.bp.blogspot.com/--EIX9Kh3kD4/Ue_4HQnIB_I/AAAAAAAACR4/5wX0EY8QUdE/s72-c/images.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2013/07/bertuhanlah-dengan-baik.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2013/07/bertuhanlah-dengan-baik.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago