Archive Pages Design$type=blogging

Magrib, Simbol Religius dan Sosiologis


Sejumlah penonton tengah menyaksikan
    cuplikan film Jakarta Maghrib di Bentara Budaya Jakarta, Jumat (28/6)


Allahu Akbar...Allahu  Akbar...

    Azan Magrib mulai dikumandangkan muazin. Ivan dengan terburu-buru merogoh kantong celananya, mengeluarkan lembaran uang. Menyerahkannya ke pemilik rental, dan ngibrit ke rumahnya.

    Sepanjang perjalanan, ia terus terbayang-bayang tentang makhluk gaib yang menurut mitos, suka muncul saat matahari terbenam, Magrib. Tiba-tiba ia terhenyak, melihat sesosok berbaju putih, berambut panjang tanpa kaki sedang bergelantungan di sebuah pohon. Ia berteriak dan lari secepat kilat. Padahal yang ia lihat hanya bendera partai yang dipasang di pohon.

    Secuplik adegan film Jakarta Maghrib yang diputar di Bentara Budaya Jakarta, Jakarta Barat, tersebut sontak membuat para penonton tertawa. Sang produser, Salman Arianto, sukses memvisualisasikan kehidupan masyarakat kota Jakarta menjelang Maghrib.

    Salman mengatakan, “Magrib bukan hanya simbol religius, Magrib milik semua orang. Magrib menjadi penanda yang sudah masuk ke ranah sosiologis, misalnya mitos yang beredar di masyarakat saat Magrib tiba,” ujar pria yang sukses menulis skenario dari beberapa film best seller Indonesia ini, Jumat (28/6).

    Ia ingin menunjukkan ada makna-makna lain seputar  Magrib. Magrib bukan hanya waktu salat bagi muslim. Magrib bukan hanya waktu matahari tenggelam. Lebih sekadar itu, di Indonesia, Jakarta khususnya, Magrib merupakan waktu yang memiliki banyak mitos. Mitos yang dipercayai masyarakat Jakarta secara turun temurun.

    Mitos-mitos itu dikemas apik oleh Salman dalam filmnya, Jakarta Magrib yang berdurasi 78 menit. Kisah si Ivan salah satunya. Ada empat kisah lain yang tak kalah seru, antara lain cerita yang berjudul Iman Cuma Ingin Nur. Kisah suami yang meminta istrinya untuk memenuhi kebutuhan seksualnya.

    Namun, karena anaknya rewel, istrinya tidak dapat menuruti permintaan suaminya. Istinya menemani anaknya, sampai tiba waktu magrib. Menurut mitos tidak boleh menidurkan anak di waktu Magrib. Akhirnya suami ituharus memendam keinginannya, karena istri menemani si bocah.

    Ada lagi cerita dengan judul Adzan. Cerita berdurasi enam menit ini  berkisah mengenai preman dan penjaga musala. Preman yang bernama Baung tersebut memiliki kehidupan yang sangat tidak teratur. Kemudian ia bertemu dengan Babe, penjaga musala yang hidupnya penuh dengan ketenangan.

    Baung banyak belajar dari Babe. Hingga pada akhirnya Babe meninggal dan Baung yang menggantikan tugas Babe, azan. Kumandang azan magribnya tak sefasih Babe. Warga  marah. Yang menggelitik dari kisah ini, warga yang marah adalah warga yang tak pernah salat jemaah di musala tempat Babe melantunkan panggilan salat tersebut.

    Itulah potret sosial masyarakat yang kaitannya dengan agama. Dimana, masjid adalah tempat yang sakral. Yang mengisi atau mengurus juga harus yang ‘benar’. Azan harus tartil. Padahal, masyarakat yang marah dan protes itu tidak salat.

    Cerita-cerita lainnya berjudul Menunggu si Aki, Jalan Pintas, dan Ba’da, Cerita yang terakhir tersebut, mempertemukan seluruh karakter dari kelima cerita secara tidak langsung dalam satu tempat, sehingga membuat film ini seakan bersinergi satu sama lain.
Lihat review-nya disini:

(Karlia Zainul)
            
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Magrib, Simbol Religius dan Sosiologis
Magrib, Simbol Religius dan Sosiologis
https://4.bp.blogspot.com/-RRGJsx1d8E0/UdAgPjg0zJI/AAAAAAAACGc/ZH1WkmobWeY/s320/bbj.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-RRGJsx1d8E0/UdAgPjg0zJI/AAAAAAAACGc/ZH1WkmobWeY/s72-c/bbj.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2013/06/magrib-simbol-religius-dan-sosiologis.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2013/06/magrib-simbol-religius-dan-sosiologis.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago