Archive Pages Design$type=blogging

Korupsi Tidak Hanya tentang Uang dan Barang



Judul Buku  : Korupsi dan Integritas dalam Ragam Perspektif
Penulis        : Sukron Kamil, Surya Abadi Sembiring  dkk
Penerbit      : Pusat Studi Indonesia-Arab (PSIA) Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri
                    (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Edisi            : I, April 2013
Tebal           : 273 halaman 
ISBN          : 978-602-17107-2-2

Hampir semua orang memahami korupsi dengan masalah uang dan barang. Berbagai bentuk korupsi yang terjadi di sekitar kita. Mulai dari lembaga-lembaga kecil mapun pemerintahan. Namun, ternyata korupsi bukan hanya tentang uang dan barang.  

Buku yang berjudul Korupsi dan Integritas dalam Ragam Perspektif membahas tentang berbagai macam korupsi dari berbagai sudut pandang. Diantaranya, Korupsi dan Integritas dalam Perspektif Sosial Politik, Administrasi Publik, Budaya dan Agama, Hukum, dan dari sisi Pendidikan dan Komunikasi.

Dari segi politik, korupsi politik David M. Chalmers menjelaskan, korupsi politik salah satunya pada pemilihan umum seperti, menyogok pemilih dan memberikan janji tentang jabatan yang tidak direalisasikan.  

Korupsi dalam dunia pendidikan yaitu ketika seorang dosen tidak mengajar sesuai dengan semestinya. Jika dosen harus mengajar selama 100 menit, maka dosen harus mengajar seperti itu.

Menurut Neni Yulianita, korupsi dalam perspektif komunikasi merupakan tindakan penipuan melalui komponen-komponen komunikasi, dengan tujuan memperoleh keuntungan untuk memperkaya diri.

Biasanya, yang kerap kali melakukan korupsi seperti ini adalah pelaku bisnis. Misalnya seorang pengusaha memiliki produk kosmetik, tapi kandungan itu tidak diinformasikan kepada konsumen. Padahal menurut peneliti, merkuri merupakan bahan yang berbahaya bagi kesehatan.

Buku yang baru diluncurkan pada April ini, memberi banyak informasi tentang berbagai bentuk korupsi. Korupsi  dan Integritas dalam Ragam Perspektif akan memberi pengetahuan yang bermanfaat bagi para akademisi, karena ditulis dari berbagai disiplin ilmu.

Buku yang ditulis Pius S Prasetyo, Sukron Kamil, Natalia Subagja, Syaifudin Zakir, Ari Purwadi, Manunggal K Wardaya, Amin Purnawan, dan Neni Yulianita ini tidak membahas korupsi secara gamblang.

Meski begitu, buku ini menjadi referensi wajib bagi para akademisi, khususnya mahasiswa. Buku ini akan memberikan pengetahuan baru mengenai korupsi, sehingga mahasiswa akan memahami berbagai macam wujud korupsi. (Karlia Zainul)













 







COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Korupsi Tidak Hanya tentang Uang dan Barang
Korupsi Tidak Hanya tentang Uang dan Barang
http://1.bp.blogspot.com/-rNIg3A48zMo/UbVhGkYIY6I/AAAAAAAACDE/Rq9Ae8ob7ps/s320/caper.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-rNIg3A48zMo/UbVhGkYIY6I/AAAAAAAACDE/Rq9Ae8ob7ps/s72-c/caper.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2013/06/korupsi-tidak-hanya-tentang-uang-dan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2013/06/korupsi-tidak-hanya-tentang-uang-dan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago