Archive Pages Design$type=blogging

Kata-Kata Pengubah Dunia


Judul : Kata-kata Yang Mengubah Dunia; Dari Plato Sampai Obama
Penyusun : Zulfa Simatur
Penerbit : Visimedia
Isi : 546 Halaman; 145 mm x 210 mm
Terbit : 2013
ISBN : 979-065-153-8


Setiap pemikiran, setiap kata, serta setiap tindakan positif yang baik untuk tubuh adalah kontribusi bagi perdamaian. Setiap orang memiliki kemampuan untuk melakukan hal tersebut. Mari bersatu dengan berusaha menciptakan perdamaian dunia, tempat kita bisa tidur dalam rasa aman dan bangun dalam kebahagiaan. (hlm 71)

Itulah sepenggal kutipan pidato seorang aktivis prodemokrasi di Myanmar, Aung San Suu Kyi  saat menerima Nobel Perdamaian tahun 2012. Suu Kyi mampu menggerakkan rakyat Myanmar agar mereka memperjuangkan hak asasi manusia dan merasakan kebebasan berdemokrasi.

Akibat “suara”nya yang antipemerintah itu, ia dihukum sebagai tahanan rumah tanpa melalui proses hukum. Ruang gerak National League for Democracy (NLD) yang dipimpinnya pun dibatasi oleh pemerintah Myanmar. Namun hingga kini, kekuatan pidatonya tersebut, membuat sosok kontroversial ini banyak mendapat dukungan.

Kisah Aung San Suu Kyi ini, merupakan satu dari 44 kisah tokoh inspiratif yang tertuang dalam buku Kata-Kata Yang Mengubah Dunia; Dari Plato Sampai Obama, yang disusun Zulfa Simatur, alumni Fakultas Hukum Universitas Pancasila.

Tokoh-tokoh yang dipaparkan dalam buku ini, berasal dari berbagai bidang profesi, seperti agamawan, sastrawan, filsuf, negarawan, politikus, ilmuwan, dan pengusaha. Tak luput pula dalam buku ini tersaji tokoh inspiratif dari Indonesia, yakni Soekarno, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Buya Hamka dan Tan Malaka.

Salah satu kutipan dari Soekarno ketika memberi pidato di Surabaya, 4 September 1955. “Negara Republik Indonesia ini bukan milik sesuatu golongan, bukan milik sesuatu agama, bukan milik sesuatu suku, bukan milik sesuatu golongan adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke!” (hlm 145)

Setelah membaca buku setebal 546 halaman ini, diharapkan pembaca mampu mengenal berbagai sosok inspiratif dari berbagai belahan dunia dan terinspirasi untuk menjadi individu yang lebih baik dan berkualitas, mengikuti jejak para tokoh teladan tersebut. (Gita Nawangsari)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Kata-Kata Pengubah Dunia
Kata-Kata Pengubah Dunia
http://1.bp.blogspot.com/-SyRHuvBCvFA/UbSFQXRxZzI/AAAAAAAACC0/BURSiF0fy4Y/s320/photo.JPG
http://1.bp.blogspot.com/-SyRHuvBCvFA/UbSFQXRxZzI/AAAAAAAACC0/BURSiF0fy4Y/s72-c/photo.JPG
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2013/06/kata-kata-pengubah-dunia.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2013/06/kata-kata-pengubah-dunia.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago