Archive Pages Design$type=blogging

Pemaparan Visi Misi Calon Dekan FIDIKOM

Calon dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDIKOM). Asep Usman Ismail (kiri), dan Arief Subhan (kanan).

Pemilihan calon dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDIKOM) yang diadakan Rabu (8/5), memilih dua kandidat dekan yakni, Arief Subhan dan Asep Usman Ismail. Dua kandidat tersebut dipilih oleh senat fakultas. Lalu, senat akan mengirimkan hasil pemilihan tersebut ke rektor. Kemudian rektor yang akan menentukan siapa dekan yang terpilih.

Arief yang masih menjabat sebagai dekan FIDIKOM mengatakan, alur pemilihan tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Agama No.45 tahun 2006. Dalam surat keputusan itu juga tertulis syarat-syarat yang harus dimiliki calon dekan. Calon hanya harus memiliki visi misi dan wawasan pengembangan fakultas.

Sebagai calon dekan incumbent periode 2013-2016, Arief Subhan memiliki visi misi untuk menjadikan FIDIKOM sebagai fakultas terdepan yang mengedepankan integrasi keilmuan, keislaman dan keindonesiaan.

Mengenakan kemeja putih dan celana hitam saat ditemui, Arief mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut, ia memiliki konsep yang menjadi fokus utama dalam menjalankan visi misi. Arief menilai, selama ini masyarakat luas hanya mengetahui dakwah sebagai kegiatan bukan sebagai bidang ilmu.

Arief menambahkan, FIDIKOM berkewajiban mengembangkan dakwah sebagai ilmu. Perlu ada penguatan antara dakwah dan komunikasi. “Karena itu, dakwah harus mendapat perhatian khusus sebagai sebuah ilmu dalam Islam dan dikembangkan sebagai ilmu,” ucap Arief di ruangannya, Selasa (14/5).

Saat ditanya soal kelemahan yang dimiliki FIDIKOM, Arief terdiam dan berpikir sejenak. Ia mengatakan, kelemahan utama FIDIKOM terletak pada pemahaman masyarakat tentang dakwah yang masih tradisional. “Mereka hanya tahu dakwah sekedar halo-halo saja,” ucapnya.

Berbeda dengan Arief, Asep justru menitikberatkan visi misinya pada perubahan kelembagaan dan pengabdian pada umat. Menurut Asep, FIDIKOM merupakan fakultas milik umat dan negara, maka harus ada bentuk kontribusi untuk umat dan negara. “Dari umat, oleh fakultas, dan untuk umat,” tuturnya saat ditemui di ruang dekan, Rabu (8/5).

Asep berharap agar lulusan FIDIKOM memiliki integrasi keislaman, keilmuan dan keindonesiaan dalam karakter dan akhlaknya. Dengan demikian, lulusan FIDIKOM dapat dipercaya umat dan negara. FIDIKOM juga seharusnya bisa menjadi kiblat dari kajian Islam di Indonesia.

Oleh karena itu, lanjut Asep, untuk mewujudkan harapan-harapan tersebut, FIDIKOM butuh pemimpin yang tegas, jelas, dan istiqomah dalam menjalankan visi misinya. “Semua itu tergantung pemimpinnya,” katanya. Nida Ilyas

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Pemaparan Visi Misi Calon Dekan FIDIKOM
Pemaparan Visi Misi Calon Dekan FIDIKOM
http://3.bp.blogspot.com/-oSsS_rClYEA/UajFeImcQ8I/AAAAAAAACBU/tF5sLHFC10s/s1600/Calon+dekan+Fakultas+Ilmu+Dakwah+dan+Ilmu+Komunikasi+(FIDIKOM).+Asep+Usman+Ismail+(kiri),+dan+Arief+Subhan+(kanan)..jpg
http://3.bp.blogspot.com/-oSsS_rClYEA/UajFeImcQ8I/AAAAAAAACBU/tF5sLHFC10s/s72-c/Calon+dekan+Fakultas+Ilmu+Dakwah+dan+Ilmu+Komunikasi+(FIDIKOM).+Asep+Usman+Ismail+(kiri),+dan+Arief+Subhan+(kanan)..jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2013/05/pemaparan-visi-misi-calon-dekan-fidikom.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2013/05/pemaparan-visi-misi-calon-dekan-fidikom.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago