Archive Pages Design$type=blogging

Sempat Ditolak, Kini UIN Bisa Ikut PKM

Pembukaan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang diadakan setiap tahun oleh Direktoral Jeldral Pendidikan  Perguruan Tinggi (Dikti) ke XXIV. (Sumber: Humas Universitas Bakrie)


UIN Jakarta, INSTITUT - Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dikti) kembali digelar. Sekitar 7000 proposal dari berbagai universitas di Indonesia lolos seleksi. Salah satu nama dari proposal tersebut terselip kelompok  mahasiswi Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta atas nama Sutinah.

Hal tersebut cukup mengagetkan pihak UIN karena tahun-tahun sebelumnya Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) dengan tegas mengatakan UIN tidak bisa mengikuti ajang tersebut. Ini disebabkan karena UIN berada di bawah naugan Kementerian Agama (Kemenag), sedangkan yang bisa mengikuti PKM hanya universitas dari Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Ketua Kreatifitas dan Inovasi Dikti, Yudi Harianto mengklarifikasi pernyataan tersebut. Ia menjelaskan secara umum UIN berada di bawah naungan Kemenag. Namun, karena UIN memiliki dua disiplin ilmu agama dan umum, maka disiplin ilmu umum berada di bawah naungan Kemendikbud.

Yudi menjelaskan mahasiswa UIN dapat mengikuti PKM dengan syarat proposal penelitian yang diajukan tidak berbau agama, meskipun mahasiswa tersebut dari fakultas agama. “Mengenai fakultas, masalah internal UIN,” katanya, Rabu (20/02).

Meski Sutinah dan teman kelompoknya dari fakultas agama, mereka bisa mengajukan proposal karena penelitian yang diajukan bukan tentang agama. Namun, hingga saat ini Sutinah belum mendapatkan kejelasan penelitiannya dari Dikti.

Menurut Siti Rahmawati teman sekelompok Sutinah, Dikti berjanji akan mengirimkan surat keterangan mengenai proposal yang perlu direvisi atau tidak. Dalam surat tersebut juga sekaligus menerangkan perihal pencairan dana. “Pengiriman surat tersebut rencananya bareng, ketika pengumuman kelolosan proposal,” jelasnya, Jumat (22/2).

Satu minggu lebih berlalu, namun surat tersebut belum diterima Sutinah. Yang dikhawatirkan kelompok Sutinah proposal mereka membutuhkan revisi. Jika harus direvisi, waktu revisi kelompok sutinah berkurang, karena Dikti memberikan waktu revisi selama tiga minggu. Sementara mahasiswa Universitas Indonesia (UI) mengaku sudah melakukan penelitian. 

Menanggapi hal ini, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Sudarnoto Abdul Hakim mengatakan  belum mendapatkan surat revisi dan pencairan dana tersebut  dari Dikti. Sudarnoto justru terkejut karena merasa tidak pernah mendapatkan surat undangan resmi dari Dikti mengenai PKM ini. “Mudah-mudahan mereka (Dikti) tidak bermaksud mendiskriminasikan,“ harapnya, Jumat (22/02)

Ia berharap event ini digarap serius oleh Dikti tidak seperti event nasional Dikti lainnya yang pernah diadakan. Menurut Sudarnoto Dikti pernah sangat mengecewakannya dalam menyelenggarakan acara nasional. “Saya berharap mudah-mudahan (acara) ini serius,” ucapnya. (Karlia Zainul)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Sempat Ditolak, Kini UIN Bisa Ikut PKM
Sempat Ditolak, Kini UIN Bisa Ikut PKM
http://2.bp.blogspot.com/-zRJvBQz539U/UTc8UufaTEI/AAAAAAAAByE/x4mRdTDpTo0/s400/Pembukaan+Program+Kreatifitas+Mahasiswa+(PKM)+yang+diadakan+setiap+tahun+oleh+Direktoral+Jeldral+Pendidikan++Perguruan+Tinggi+(Dikti)+ke+XXIV.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-zRJvBQz539U/UTc8UufaTEI/AAAAAAAAByE/x4mRdTDpTo0/s72-c/Pembukaan+Program+Kreatifitas+Mahasiswa+(PKM)+yang+diadakan+setiap+tahun+oleh+Direktoral+Jeldral+Pendidikan++Perguruan+Tinggi+(Dikti)+ke+XXIV.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2013/03/sempat-ditolak-kini-uin-bisa-ikut-pkm.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2013/03/sempat-ditolak-kini-uin-bisa-ikut-pkm.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago