Archive Pages Design$type=blogging

PSM Lestarikan Lagu Daerah


Pertunjukan konser bertajuk "Propizio Recital Affiatamento" diadakan oleh UKM PSM UIN Jakarta di Aula Student Center, Jumat (22/3)

Pergelaran konser yang berisi alunan musik dan lagu-lagu daerah nampaknya tak banyak lagi diminati kalangan mahasiswa. Banyak yang lebih menyukai musik dan lagu populer dibandingkan tradisional. Agaknya, pendapat ini bertentangan dengan pertunjukan yang diadakan oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM) UIN Jakarta, Jum’at (22/3).

Jum’at malam lalu, PSM UIN Jakarta menggelar acara yang bertajuk "Propizio Recital Affiatamento", di Aula Student Center, UIN Jakarta. Riuh teriakan dan tepuk tangan terdengar menyambut indahnya lantunan lagu yang dibawakan oleh para anggota muda PSM UIN Jakarta.

Malam itu, penonton seakan diajak mengelilingi Indonesia. Berputar. Melestarikan kembali lagu tradisional yang tergerus zaman. Dengan lagu Yamko Rambe Yamko, penonton diajak menuju tanah Papua, kemudian menelusuri pulau Jawa dengan lagu berjudul Anoman Obong. Lagu Anoman Obong sendiri menceritakan tentang tokoh pewayangan Hanoman si kethek putih.

Lebih dari lima lagu tradisional dibawakan dalam konser ini. Hal tersebut tidak mengurangi kemeriahan konser yang digelar sebagai agenda pengukuhan bagi anggota muda PSM UIN Jakarta.

Sunyi Aula Student Center tak lagi dijumpai seperti biasanya malam itu. Lebih dari 100 penonton datang untuk menyaksikan pertunjukan. Orangtua dari 53 anggota muda PSM UIN Jakarta pun tak ketinggalan untuk menonton acara tersebut.

Ketua PSM UIN Jakarta, Dimas Yediya Satria Adiguna mengatakan, pertunjukan kali ini sebagai wujud pengaplikasian materi yang telah anggota muda dapatkan selama enam bulan terakhir. “Recital menjadi masa akhir pengkaderan anggota muda,” katanya.

Menurut Dimas, pertunjukan yang bertema “Fanning the Sparks of Hope” yang berarti menebar secerca harapan, layaknya anggota muda PSM UIN Jakarta untuk terus maju dan berkembang lebih baik lagi. 

Suasana semakin meriah ketika dipenghujung acara. Anggota muda dan pengurus PSM UIN Jakarta tampil bersama di satu panggung. Mereka membawakan lagu terakhir yang berjudul “Paradise” yang diciptakan oleh grup musik asal London, Coldplay.

Penonton terhanyut oleh alunan piano dan suara merdu para anggota. Salah satu penonton yang menikmati keindahan suara mereka adalah Bela Handayanti. Menurutnya, penampilan anggota muda PSM UIN Jakarta bagus dan menarik. “Semoga PSM bisa menang di lomba di Vietnam,” katanya. (Gita Nawang)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: PSM Lestarikan Lagu Daerah
PSM Lestarikan Lagu Daerah
http://3.bp.blogspot.com/-lGMLWJxsAQw/UU7_vVV7XxI/AAAAAAAAB1s/ugIjaXQYtZM/s400/psm.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-lGMLWJxsAQw/UU7_vVV7XxI/AAAAAAAAB1s/ugIjaXQYtZM/s72-c/psm.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2013/03/psm-lestarikan-lagu-daerah.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2013/03/psm-lestarikan-lagu-daerah.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago