Archive Pages Design$type=blogging

Dahlan Iskan: Saatnya Generasi Muda Berbisnis

Dahlan Iskan (memegang mic) sedang memberikan motivasi pada calon pengusaha muda dalam kuliah umum bertema Membangun Kewirausahaan Mahasiswa Munuju Kemandirian Bangsa di Auditorium Harun Nasution, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Senin (18/3).


Mengenakan pakaian kebiasaanya, yakni kemeja putih dan balutan celana panjang hitam, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan berdiri di atas panggung. “Sekarang waktunya untuk Anda generasi muda!” katanya di Auditorium Harun Nasution, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pada kuliah umum Membangun Kewirausahaan Mahasiswa Munuju Kemandirian Bangsa, Senin (18/3). 

Menurutnya, sekarang adalah saat yang tepat bagi generasi muda untuk mulai mencoba menjadi pengusaha. Jika saat ini usia mahasiswa 19 hingga 20 tahun, maka diperkirakan 10 tahun kemudian, mereka dapat mulai merasakan kesuksesan dengan berbisnis. Pada usia itulah seseorang berada dalam pengalaman yang matang dan dalam kondisi kesehatan yang prima.

Selain usia, menurut Dahlan iklim ekonomi pun menjadi alasan lain. Ia memprediksi, 10 tahun mendatang iklim ekonomi di Indonesia akan sangat maju. “10 tahun lagi, paling kecil pendapatan per kapita Indonesia sebesar US$ 10.000,” ucapnya dengan nada optimis.
Untuk meraih kesuksesan pada usia tersebut, mahasiswa perlu mempersiapkan diri dengan baik, seperti kuliah sembari memulai usaha.  “Mulailah dari hal terkecil dahulu dan mulai bisnis dari sekarang, selagi masih muda,” ajaknya di hadapan seluruh peserta.

Dahlan menambahkan, bila bingung ingin berbisnis apa, maka seseorang bisa memulai bisnis dari yang mudah, seperti bisnis jual telepon genggam, pulsa, pakaian, jilbab, dan lainnya. “Dengan melaksanakan hal kecil semacam itu, beberapa tahun ke depan akan memperoleh pengalaman yang  banyak dan siap menjadi pengusaha yang matang,” ucapnya.

Menurut Dahlan, ada satu hal lagi yang sangat penting yang harus dimiliki calon pengusaha, yakni kemauan. “Modal uang nggak penting,” ucap mantan Pejabat Eksekutif Tertinggi Jawa POS dengan penuh semangat. Oleh karena itu, kaum muda Indonesia harus memiliki tekad yang kuat dan tidak mudah menyerah untuk memulai usaha.

Keinginan Dahlan memotivasi mahasiswa UIN Jakarta agar lebih banyak pengusaha membuahkan hasil. Beberapa mahasiswa berhasil terpengaruh untuk menjadi pengusaha. Misalnya saja, Rahmadhani yang terpincut untuk terjun di dunia bisnis.

Setelah mendengar motivasi tentang kewirausahaan, membuat Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi, Jurusan Agribisnis ini berniat untuk segera memulai bisnis. “Karena berbisnis bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan bermanfaat bagi orang lain,” ujar Rama. (Nur Azizah)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Dahlan Iskan: Saatnya Generasi Muda Berbisnis
Dahlan Iskan: Saatnya Generasi Muda Berbisnis
https://4.bp.blogspot.com/-GgFQi-tTd38/UUhuGSsVfUI/AAAAAAAABzc/6j9OqTmVoNU/s400/IMG_6909.JPG
https://4.bp.blogspot.com/-GgFQi-tTd38/UUhuGSsVfUI/AAAAAAAABzc/6j9OqTmVoNU/s72-c/IMG_6909.JPG
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2013/03/dahlan-iskan-waktunya-generasi-muda.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2013/03/dahlan-iskan-waktunya-generasi-muda.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago