Archive Pages Design$type=blogging

Liburan Mendidik Ala UKM


Para calon anggota muda UKM Arkadia tengah mengikuti pelatihan dasar di Gunung Salak,.

Musim liburan tentu menjadi momen yang dinanti setiap orang, tak terkecuali mahasiswa. Biasanya, mahasiswa menghabiskan liburan dengan mengunjungi berbagai tempat wisata. Namun, lain halnya dengan mahasiswa yang bergelut di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Beberapa calon anggota UKM justru menjadikan masa pendidikan dasar sebagai alternatif liburan.

Tak banyak yang tahu, di tengah hingar bingar musim liburan, beberapa mahasiswa UKM malah disibukkan dengan rangkaian kegiatan pendidikan bagi anggota baru. Tentu, hal tersebut terbilang kontras dengan mahasiswa kebanyakan yang kerap menghabiskan liburan hanya untuk  memenuhi fantasi belaka.  

Salah satunya, UKM Arkadia. Mereka memanfaatkan liburan dengan menggelar pendidikan dasar (Diksar) di Gunung Salak. Tentu, mereka di sana bukan untuk berlibur. Melainkan, menjalani pendidikan dasar sebagai tahap menjadi anggota muda. Salah satunya, Kustiana. Ia mengatakan,  liburan kali ini terasa lebih berarti dan seru dibanding sebelumnya. Terlebih, ketika ia mengikuti pendidikan di UKM yang bercorak adventure itu.

Menurutnya, banyak nilai positif yang bisa dipetik lewat pendidikan ini. Selain mendapat teman baru, ia juga dididik bagaimana menjadi pribadi dewasa dan bertanggung jawab, terutama dalam melestarikan alam. “Pastinya, belajar di musim liburan memiliki atmosfer berbeda dibanding  hanya berfoya-foya,” katanya, Jumat (15/2).

Hal serupa juga dialami Intan Syahputri, mahasiswi yang aktif di Korps Suka Rela (KSR) ini menghabiskan liburan dengan mengikuti kegiatan UKM tersebut. Di antaranya, Kesehatan dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (KPPBM), juga menjadi anggota Tim Kesehatan (TimKes) di beberapa tempat di Jakarta.

Musim liburan kali ini, mahasisiwi yang akrab dipanggil Puput ini  menghabiskan masa libur dengan berbagai kesibukan di UKM. Meski demikian,  ia tetap  bersemangat untuk belajar dan menabur kepedulian terhadap sesama. Padahal, sebelum mengikuti UKM, ia tergolong mahasiswi rumahan.

Kini, Puput merasa mendapatkan banyak pengalaman setelah mengikuti UKM. “Selain bisa mengunjungi beberapa tempat di ibu kota, musim liburan juga terasa lebih bermanfaat,” katanya. (Awang Daelami)













COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Liburan Mendidik Ala UKM
Liburan Mendidik Ala UKM
http://3.bp.blogspot.com/-eS2ZMG9UzzA/USuDaT-HkNI/AAAAAAAABwE/d0iIOa7J2h0/s320/Para+calon+anggota+muda+UKM+Arkadia+tengah+mengikuti+pendidikan+dasar+(diksar)+di+Gunung+Salak..JPG
http://3.bp.blogspot.com/-eS2ZMG9UzzA/USuDaT-HkNI/AAAAAAAABwE/d0iIOa7J2h0/s72-c/Para+calon+anggota+muda+UKM+Arkadia+tengah+mengikuti+pendidikan+dasar+(diksar)+di+Gunung+Salak..JPG
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2013/02/liburan-mendidik-ala-ukm.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2013/02/liburan-mendidik-ala-ukm.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago