Archive Pages Design$type=blogging

Kilau Emas Fira Basuki di Balik Noda




Jakarta, INSTITUT - Para ibu seringkali memarahi anaknya jika sang anak main kotor-kotoran. Tentu, para ibu khawatir anaknya sakit. Padahal, kalau dicermati betul, noda yang tercipta dari anak-anak yang bermain kotoran sesungguhnya menyimpan makna penting.

Kebermakanaan noda coba disuguhkan perempuan cantik bernama Fira Basuki, melalui buku  berisi 42 kisah inspirasi jiwa yang ditulisnya selama 3 bulan. Fira ingin memperlihatkan bahwa noda adalah sesuatu yang wajar dialami dirinya berdasarkan keseharian yang dijalani yang bisa membuat anak-anak melakukan berbagai postif, luar biasa, dan menakjubkan.

“Kisah-kisah dalam Cerita di Balik Noda ini seolah menyadarkan kita betapa anak-anak adalah sumber kebijaksanaan hidup yang tak pernah kering jika kita mau melihatnya dengan cinta. Kenakalan mereka adalah kilau emas, dan kepolosan mereka adalah mentari pagi yang menghangatkan jiwa,” ujar Fira (31/1) di Cafe Kembang Goela, Plaza Central, Jakarta.

Dari 42 cerita inspirasi jiwa ini, 38 di antaranya terilhami oleh cerita Ibu Indonesia. Fira juga menambahkan empat kisah terinspirasi dari pengalaman pribadinya. Buku karya Fira yang ke-27 ini diluncurkan untuk menjadi salah satu medium bagi para ibu dalam memahami dan menyadari bahwa anak-anak dapat melakukan hal postif, meskipun saat melakukannya pakaian mereka menjadi kotor.

Sependapat dengan Fira, psikolog keluarga, Sani B. Hermawan juga merasakan pentingnya membiarkan anak mengeksplorasi dunianya dengan leluasa. Saat anak menjelajahi lingkungan sekitarnya, noda adalah salah satu hal yang tak bisa dihindari. Noda bisa berasal dari cat, pasir, tanah, maupun lumpur sekalipun.

“Kita sebagai ibu memiliki peranan penting untuk melihat apa yang anak coba lakukan, dan pelajaran apa yang mereka dapatkan,” ucap Sani.

Dengan diberi kebebasan bereksplorasi di lingkungan dan alam, dapat membantu pembentukan nilai-nilai karakter pada anak, menumbuhkan rasa percaya diri dan pada akhirnya membantu mereka mencapai tahap perkembangan mental dan fisiknya seorang anak secara optimal.

Sebagai penulis, Fira percaya buku ini dapat menginspirasi pembacanya, tak hanya para ibu, tapi juga calon ibu, calon ayah, calon istri, bahkan calon suami. “Dalam buku ini juga mengisahkan tentang rasa hormat kakak kepada adik, jadi bisa dibaca segala tingkat sosial seseorang,” paparnya.

Fira yang belum lama ditinggal pergi sang suami untuk selama-lamanya ini juga menyisipkan cerita tentang bapak dari dua anaknya. Kenangan tentang peran suaminya dalam komunikasi rumah tangga mereka tertuang dalam cerita berjudul “Sarung Ayah”. (Ema Fitriyani)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Kilau Emas Fira Basuki di Balik Noda
Kilau Emas Fira Basuki di Balik Noda
https://2.bp.blogspot.com/-mLCGFX3g7Z8/UQvAr1XagVI/AAAAAAAABig/RUKL6uBXg7U/s400/1+foto+oleh+april.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-mLCGFX3g7Z8/UQvAr1XagVI/AAAAAAAABig/RUKL6uBXg7U/s72-c/1+foto+oleh+april.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2013/02/kilau-emas-fira-basuki-di-balik-noda.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2013/02/kilau-emas-fira-basuki-di-balik-noda.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago