Archive Pages Design$type=blogging

Tuhan Pun Berpuasa



Judul buku: Tuhan pun “Berpuasa”
Penulis: Emha Ainun Nadjib
Penerbit: Kompas, Juni 2012
Tebal buku: 236 Halaman
ISBN: 978-979-709-656-4
Harga: Rp 40.000


“Allah sendiri memberi contoh-contoh dahsyat dan luar biasa soal mengendalikan diri. Dengan amat setia Allah menerbitkan matahari tanpa peduli apakah kita pernah mensyukuri tebitnya matahari atau tidak,”(Emha Ainun Nadjib: hal 49).

Demikianlah salah satu interpretasi bentuk cinta Allah kepada umat-Nya menurut Cak Nun, sapaan karib Emha Ainun Nadjib. Dalam bukunya Tuhan pun “Berpuasa”, cinta-Nya kepada umat manusia itu  ditunjukkan dalam kegiatan “berpuasa”.

Dengan tidak bermaksud untuk menyerupakan dengan makhluk-Nya, Cak Nun hanya ingin menekankan betapa Allah secara langsung memberikan teladan kepada kita, esensi dari berpuasa sebagai rukun Islam ke-3, yakni menahan dan mengendalikan diri.

Lebih lanjut, ia menjelaskan beberapa makna dari berpuasa-Nya. Pertama, sikap Allah menunjukkan rasa cinta dan romantisme bukan kekuasaan atau hukum. Ini berarti Allah  tidak mengambil laba dari puasa manusia, melainkan Allah menekankan betapa menguntungkannya ibadah puasa bagi diri manusia itu sendiri.

Kedua, dengan ‘berpuasa’,  Allah menunjukkan bahwa Islam merupakan agama pembebasan atau penyelamatan. Puasa menjadi metode yang paling praktis, tapi mendasar bagi proses pembebasan dan penyelamatan manusia atas dirinya sendiri

Ketiga, Allah juga menunjukkan kepada manusia bahwa puasa merupakan sebuah kegiatan mengendalikan dan menahan diri dari segala hawa nafsu. Itu merupakan prinsip dasar untuk menjalankan hidup.

Allah sendiri “berpuasa”. kalau tidak, kita sudah dilenyapkan oleh-Nya hari ini, karena sangat banyak alasan rasional untuk itu.” (Emha Ainun Nadjib: 52)

Tuhan pun Berpuasa merupakan salah satu dari 43 Essay karya Cak Nun yang diterbitkan Kompas dalam bentuk buku. Secara keseluruhan, tulisan-tulisan dalam buku ini memang berbicara tentang nilai-nilai di balik ibadah puasa, mulai dari nilai spiritual, nilai-nilai sosial budaya, hingga nilai pengasahan dan pengembangan kualitas personal manusia.

Buku ini terdiri dari empat bab, yang mana di dalamnya terdapat banyak sub-sub bab. Bab pertama membahas tentang Asas Maslahat Muddarat. Bab kedua membahas tentang Takabur dan Uswatun Hasanah. Di dalam bab ketiga membahas mengenai Dunia Akhirat. Dan bab terakhir, bab empat membahas tentang Penyucian Rohani.

Ada sedikit kekurangan dari buku ini, ada beberapa penggalan kata yang sulit dimengerti karena banyak menggunakan bahasa Jawa karena tidak semua pembaca akan memahami maksudnya. Misalnya pada kalimat … agar dukdheng dan sektimandraguna, engkau dianjurkan berpuasa dulu. (hal 7). Sebaiknya diberi makna ataupun padanan katanya, agar dipahami semua pembaca dari berbagai suku.

Dengan membaca buku ini, diharapkan bisa memahami apa makna puasa yang sebenarnya di mata Sang pencipta. Bahwa puasa adalah sebuah kedisiplinan yang diperlukan oleh manusia dalam kehidupannya sehari-hari, baik ketika mengurusi masalah kecil di rumah tangganya maupun masalah besar dalam masyarakat, negara dan dunianya. (Nurmalisa)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Tuhan Pun Berpuasa
Tuhan Pun Berpuasa
http://3.bp.blogspot.com/-CxWMTkLGOYQ/UPf3jgzzOHI/AAAAAAAAA1c/WCxIfw9jeKU/s400/tuhan+pun+berpuasa+1.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-CxWMTkLGOYQ/UPf3jgzzOHI/AAAAAAAAA1c/WCxIfw9jeKU/s72-c/tuhan+pun+berpuasa+1.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/12/tuhan-pun-berpuasa.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/12/tuhan-pun-berpuasa.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago