Archive Pages Design$type=blogging

Sosok Wanita di Balik Imperium Majapahit


Gayatri Rajapatni : Perempuan di Balik Kejayaan Majapahit
Penulis : Earl Dark
Penerbit : Ombak
ISBN : 978-602-7544-00-0
Tebal Buku  : 192 Halaman
Harga  : Rp49.000











“Adalah watak Rajapatni Gayatri yang agung sehingga mereka menjelma pemimpin besar sedunia, yang tiada tandingannya. Putri, menantu, dan cucunya menjadi raja dan ratu. Dialah yang menjadikan mereka penguasa dan mengawasi semua tindak-tanduk mereka.”

Begitulah sosok Gayatri Rajapatni, putri bungsu raja Singhasari digambarkan dalam kitab “Nagarakrtagama” karangan Prapanca—Pendeta Buddhis di era Majapahit. Gayatri, sosok wanita penuh kharisma yang membangun kerajaan Majapahit dari balik layar. Ternyata di balik sumpah Patih Gajah Mada untuk mempersatukan Nusantara, Gayatrilah yang memiliki otoritas untuk menyetujui segala tindakan Gajah Mada.

Begitu juga bagi Tribhuwanatunggadewi, ratu Majapahit, sosok Gayatri, ibunya jugalah yang mengajarinya banyak hal tentang urusan ketatanegaraan. Juga bagi Hayam Wuruk, cucu Gayatri, seorang raja yang membawa Majapahit pada masa kejayaannya.

Semua keberhasilan mereka tidak lepas dari campur tangan Gayatri. Berawal darinya generasi raja-raja dan ratu ternama di tanah Jawa lahir.

Sosok wanita berparas jelita inilah yang bersembunyi di balik imperium Majapahit yang terbentang luas di Nusantara. Gayatri dicintai oleh rakyatnya karena berintelektual  tinggi, berakal budi luhur, dan berjiwa penyayang.

Sejak awal Gayatri memiliki ketertarikan pada pekerjaan sang ayah, yang dibuat sibuk mengurusi kerajaan. Melihat ketertarikan putrinya, Raja Krtanagara akhirnya mengajarkan Gayatri ilmu pemerintahan, ritual keagamaan, dan strategi perang.

Antusias Gayatri saat belajar membuat sang ayah menyadari bakat kepemimpinan dalam dirinya. Kemudian, Raja Krtanagara pun sering mengajak Gayatri berdiskusi tengang kebijakan-kebijakan kerajaan yang akan dilakukan. Gayatri pun semakin terasah kempuannya dalam berstrategi.

Hingga kemudian, perselisihan antara Singhasari dengan Kediri memuncak yang menyebabkan ayah Gayatri terbunuh dalam penyerbuan yang dilakukan oleh kerajaan Kediri. Keegian ayahnya, membuat Gayatri tidak lagi memiliki guru yang selalu memberinya nasihat.

Namun sebelum ayahnya meninggal, ia sempat menitipkan nasihat terakhir pada Gayatri supaya menggunaka pegetahuannya tidak hanya untuk tujuan praktis tetapi juga untuk mengejar kearifan. Cita-cita terbesar ayahya mempersatukan Jawa pun tetap ia jaga.

Selain mengungkap sisi keintelektualan Gayatri, buku ini juga menceritakan kisah cinta Gayatri dengan Raden Wijaya, pendiri kerajaan Majapahit. Gayatri juga dianggap sebagai perintis kerajan Majapahit, karena jasa-jasanya.

Di akhir hayatnya, anak dan cucunya menyiapkan sebuah upacara sraddha. Upacara yang diselanggarakan selama tujuh hari, menggundang seluruh rakyat Majapahit untuk menyiapkan sesaji, juga para bangsawan, dan petinggi kerajaan lainnya.

Berbagai peti-peti saji yang megah dibuat, dan patung dewa-dewi berukurang besar dipajang. Selama tujuh hari seluruh undangan menyerahkan sesajinya, untuk mengghargai jasa Gayatri.

Ia leluhur Dinasti Majapahit yang mengabdi seumur hidup untuk kerajaan, mengabdikan dirinya untuk pendidikan dan pembelajaran sebagai cara terbaik untuk mencapai kebijaksanaan tertinggi.

Upacara sraddha yang diadakan pada tahun 1350 dan 1362 menunjukukkan betapa berpengaruhnya Gayatri di Majapahit. Namun, kenyataan tersebut tidak banyak diceritakan dalam buku sejarah konvensional.

Kisah heroik Gayatri luput, dan tidak ada yang menggubrisnya. Sampai akhirnya, Earl Drake yang melakukan penelitian untuk menemukan jejak sang ratu dari imperium terbesar di nusantara.

Dalam buku ini, kisah Gayatri mewujudkan cita-cita ayahnya diceritakan seperti novel roman sejarah. Alur  maju dalam cerita yang dibuat Drake, membuat pembaca mudah memahami kronologi sejarahnya. Mungkin memang sulit membuat penggalan-penggalan sejarah menjadi satu alur cerita yang ditulis seperti roman.

Walaupun dibuat seperti novel roman sejarah dan diceritakan secara detil, ada beberapa bagian seperti percakapan antar tokoh yang justru membaut pembaca ragu. Karena bagian-bagian tersebut seperti memunculkan sisi fiktif dari cerita yang sebenarnya nyata.

Selain itu, buku ini juga diperkaya dengan data-data sejarah yang cukup lengkap, muali dari kitab-kitab, prasasti, kidung-kidung Jawa, catatan perjalanan, dan penelitian sejarawan lain. Gambar-gambar patung, peta kerajaan, dan silsilah kerajaan juga diikutsertakan Drake untuk memperlengkap buku ini. (Nida Ilyas)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Sosok Wanita di Balik Imperium Majapahit
Sosok Wanita di Balik Imperium Majapahit
https://1.bp.blogspot.com/-gWFCoxm0BjE/UPuhdNkxITI/AAAAAAAABK4/Z_iyOVhwDuA/s400/gayatri.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-gWFCoxm0BjE/UPuhdNkxITI/AAAAAAAABK4/Z_iyOVhwDuA/s72-c/gayatri.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/12/sosok-wanita-di-balik-imperium-majapahit.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/12/sosok-wanita-di-balik-imperium-majapahit.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago