Archive Pages Design$type=blogging

Pemikiran Sjafrudin Tuntut Keadilan Sosial




Keadilan sosial di Indonesia merupakan prinsip yang harus dijiwai dalam kebijakan pembangunan ekonomi. Ia sesungguhnya gerbang bagi penginterpretasian kembali ajaran Islam.

Hal tersebut diungkapkan oleh pemateri yang juga penulis disertasi tentang pemikiran Sjafruddin, Pipip Ahmad Rifa’i Hasan dalam seminar bertema “Keadilan Sosial dalam Pemikiran Islam Sjafruddin Prawiranegara” yang diadakan oleh Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Rabu (12/12).

Ada beberapa poin yang dikemukakan Pipip mengenai Sjafruddin Prawiranegara. “Sjafruddin adalah seorang nasionalis yang memiliki pemikiran yang radikal dalam Islam dan memegang teguh prinsip keadilan sosial,” ujarnya.

Lebih lanjut Pipip menjelaskan, keadilan sosial menjadi hal terpenting dalam kebijakan ekonomi yang dibuat oleh Gubernur pertama Bank Indonesia, Sjafruddin. Baginya, Sjafruddin mementingkan keadilan sosial karena melihat berbagai perbedaan yang ada di masyarakat Indonesia, seperti perbedaan agama, etnik, dan kesenjangan sosial. “Keadilan sosial dapat menjadi dasar persatuan dan kemakmuran bagi bangsa,” ujarnya.

Selain itu, keadilan sosial menurut Sjafruddin merupakan prioritas yang dapat menjamin pembangunan ekonomi sehingga menumbuhkan masyarakat yang berorientasi pada spiritualitas dan moral.
“Pembangunan ekonomi harus dimulai dengan penyucian jiwa,” ujar Pipip. Ia menambahkan, pandangan manusia tentang keduniawian dapat diubah dengan menekankan aspek terhadap pembangunan moral.

Pemikiran Sjafruddin menggambarkan pembangunan ekonomi harus sejalan dengan sistem politik yang demokratis melalui pengawasan dan kerjasama antara pilar demokrasi—eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Selanjutnya, pemikiran Sjafruddin mengutamakan pembangunan pendidikan. Baginya, masalah kemiskinan dan kesenjangan sosial dapat diatasi oleh pendidikan yang benar. “Sjafruddin menginginkan kemiskinan dapat teratasi dalam periode satu generasi,” jelasnya.

Ia menjelaskan, pemikiran Islam Sjafruddin secara eksplisit menekankan pada pembaharuan Islam dilakukan dengan mengamalkan prinsip keadilan sosial. “Kalau dirasa ajaran Islam tidak adil, maka harus diubah,” ujarnya.

Terkait dengan acara tersebut, Jajan Jaharudin, moderator dalam acara itu mengatakan, seminar ini diadakan untuk membuka pandangan para sarjana muslim yang masih sangat terbatas dengan pemikiran Islam dari nasionalis. “Betapa ketidaktahuan kita terhadap pemikiran anak bangsa sendiri,” tegasnya.

Selain itu, Jajan menambahkan, seminar ini diadakan secara rutin setiap dua bulan sekali yang bertujuan untuk mendiskusikan hasil dari riset mengenai kajian keislaman dan keindonesiaan dari berbagai perspektif ilmu.

Salah satu peserta diskusi, Mulawarman, Mahasiswa Pascasarjana UIN Jakarta, mengatakan mengenai pemikiran Islam dari nasionalis merupakan informasi yang sangat baru baginya. “Sebelumnya saya tidak tahu pemikiran Islam Sjafruddin,” ujarnya. (Gita Nawangsari)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Pemikiran Sjafrudin Tuntut Keadilan Sosial
Pemikiran Sjafrudin Tuntut Keadilan Sosial
http://4.bp.blogspot.com/-4XAVxfn1T5c/UPUKfctrNUI/AAAAAAAAAQU/AdhgswCR-bQ/s400/sjafruddin.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-4XAVxfn1T5c/UPUKfctrNUI/AAAAAAAAAQU/AdhgswCR-bQ/s72-c/sjafruddin.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/12/pemikiran-sjafrudin-tuntut-keadilan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/12/pemikiran-sjafrudin-tuntut-keadilan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago