Archive Pages Design$type=blogging

Pembunuh Mahasiswi UIN Jakarta Divonis Mati


Muhamad Soleh alias Oleng (30), terdakwa kasus pembunuhan Izzun Nahdliyah (24) mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  (Fisip) angkatan 2006 UIN Jakarta, menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Kota Tangerang, Selasa (11/12). Sidang kali ini merupakan sidang pembelaan atau pledoi terkait tuntutan jaksa yang memvonis mati Oleng dan menghukum seumur hidup kelima temannya.
Pada sidang Selasa lalu, Jaksa Penuntut Umum Lukman Hakim menuntut Oleng dengan hukuman mati karena terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dan Pasal 285 tentang pemerkosaan.

Namun, pada sidang kali ini Oleng menyanggah tuntutan jaksa, ia mengaku tidak melakukan pemerkosaan. "Saya bersumpah tidak memperkosa Izzun, tetapi saya memang membunuhnya. Berkas Acara Pemeriksaan (BAP) dan tuntutan mati tidak saya terima,” kata Oleng dengan nada tinggi.

Oleng juga mengatakan, pembunuhan yang dilakukannya terjadi secara spontan, bukan pembunuhan yang direncanakan seperti tuntutan jaksa. Ia juga menuntut agar kelima temannya dibebaskan, karena tuntutan jaksa tidak sesuai dengan bukti yang ada.

Kelima terpidana lainnya yang dituntut hukuman seumur hidup, Sandra Susanto, Jasrip , Oreg bin Sabar, Endang bin Rasta, dan Noriv Juandi, juga mengajukan pembelaan terkait tuntutan jaksa. Mereka mengaku BAP yang mereka tandatangani adalah hasil paksaan polisi, “Saya distreples, dipukulin, dilakban, kalau tidak mau menandatangani BAP-nya,” ujar Jasrip.

Kuasa Hukum Oleng, Ferdinan Montorori mengatakan, tuntutan jaksa sangat keliru karena tidak ada bukti yang menguatkan. “Tidak ada yang memeriksa apakah sperma yang ada adalah sperma Oleng dan kawan-kawannya,” kata Ferdinan.

Dalam sidang tersebut juga hadir Front Pembela Islam (FPI), kedatangan mereka untuk menuntut tindakan Oleng yang pada sidang sebelumnya menginjak Al-Quran. “Tindakannya telah menghina agama Islam, dan harus diselesaikan ke jalur hukum,” ujar Uwan Sekertaris Jendral FPI kabupaten Tangerang. Selain itu, FPI juga ingin mengetahui kronologinya seperti apa sehingga terdakwa menginjak Al-Quran.

Uwan juga mengatakan, apa yang dilakukan terdakwa melanggar UU Nomor 1 Tahun 1965 tentang penistaan agama dengan ancaman 5 tahun. "Yang pasti kami tidak akan membiarkan siapa pun seenaknya menginjak Al-Quran. Ini tidak bisa didiamkan. Bila sudah mengetahui kronologinya kami akan segera menentukan langkah," katanya.

Menanggapi hal itu, Ferdinan mengatakan, tindakan Oleng menginjak Al-Quran karena dia merasa suaranya tidak didengarkan. “Ia tidak berniat menghina Islam, ia juga sudah meminta maaf,” kata Ferdinan.

Badrus Sholeh kakak kandung Izzun Nahdliyah, merasa heran dengan pernyataan Oleng yang mengaku membunuh Izzun dengan spontan. “Kalau spontan kenapa kondisi jenazah korban sangat mengenaskan,” ujar dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) UIN Jakarta itu.

Ia juga mengatakan akan menyerahkan sepenuhnya kasus ini ke pihak hukum, “Kami dari pihak keluarga berharap hukuman yang diberikan sesuai dengan perlakuan mereka,” ujarnya.

Izzun Nahdliyah ditemukan pada Sabtu 7 April 2012 lalu di area persawahan Desa Ciangir, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang. Jenazh korban ditemukan dengan kondisi setengah telanjang, badannya koyak akibat senjata tajam. Terdapat luka sayat pada leher dan sejumlah tusukan pisau di sekujur badannya. (Sayid Muarief)
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Pembunuh Mahasiswi UIN Jakarta Divonis Mati
Pembunuh Mahasiswi UIN Jakarta Divonis Mati
https://3.bp.blogspot.com/-mZiYSTRTdKY/UPZyDUlTDDI/AAAAAAAAAa4/EL1Qke4k6Kk/s400/13.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-mZiYSTRTdKY/UPZyDUlTDDI/AAAAAAAAAa4/EL1Qke4k6Kk/s72-c/13.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/12/pembunuh-mahasiswi-uin-jakarta-divonis_15.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/12/pembunuh-mahasiswi-uin-jakarta-divonis_15.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago