Archive Pages Design$type=blogging

Multi Interpretasi, Bukti Foto Berkualitas


Dentuman gong menggema di Aula Student Center (SC). Tepatnya, saat Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Komaruddin Hidayat membuka pameran susur foto siswa angkatan IX Komunitas Mahasiswa Fotografi (KMF) Kalacitra. Pameran ini merupakan akhir dari rangkaian pendidikan sekaligus pengukuhan sebagai anggota baru Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kalacitra. Senin, (17/12).
Dalam sambutannya, sesaat sebelum pembukaan, Komaruddin yang juga seorang cendekiawan muslim cukup mengapresiasi pameran foto ini. Pameran yang bertajuk Episodera ini mengingatkannya ketika menjadi wartawan.
Menurutnya, mahasiswa mempunyai peluang besar untuk meraih kesuksesan. Terlebih di universitas yang berlokasi tak jauh dari Ibu Kota Jakarta. “Karena, Jakarta menawarkan 1001 peluang sukses,” katanya.
Dalam sambutannya, ia menyinggung bagaimana unsur visualisasi foto bisa memberikan efek luar biasa terhadap daya ingat otak manusia. Dengan gambar, manusia akan mudah untuk mengingat suatu objek. “Otak itu berpikir dengan gambar dan gambar tidak akan hilang karena sejalan dengan otak,” jelasnya.
Selain itu, visualisasi foto juga menunjukan bagaimana pemikiran dan kejiwaan seseorang. Karena foto yang bagus adalah foto yang menimbulkan multi interpretasi atau menawarkan makna lebih dari seribu kata
Sesaat setelah sambutan, Komar juga menyempatkan untuk mengitari sembari melihat-lihat beberapa foto yang terpampang di setiap sudut ruang pameran. Ditemani beberapa siswa angkatan IX, ia terlihat cukup antusias dengan sesekali menanyakan proses dan mekanisme penyuntingan foto.
Turut hadir Lasti Kurnia, Fotografer Kompas. Menurutnya, lewat foto ia mengenal ragam peristiwa yang belum pernah ia alami dan membawanya berkomunikasi dengan orang-orang yang belum pernah ia kenal.
Lasti yang juga berperan sebagai pembimbing dalam pameran tersebut berharap, pameran yang berlangsung hingga (22/12) ini bisa dinikmati banyak orang terutama dari kalangan mahasiswa UIN Jakarta. “Pesan yang dimaksud pun bisa tersampaikan,” harapnya.
Terkait pemilihan tema Episodera, Muhammad Ali Wafa, ketua pameran tersebut menjelaskan tema ini merupakan kombinasi antara episode dan era yang berarti rentetan kehidupan Jakarta yang direkam dalam bentuk gambar.
Hal ini bermula ketika para senior KMF Kalacitra memberinya tema Jakarta Heterogen. Menurutnya, Jakarta merupakan miniatur Indonesia. Aneka ragam kebudayaan Indonesia bisa ditemui di Jakarta. “Meskipun angkatannya belum bisa menggambarkan Jakarta secara heterogen, tapi ia mencoba menggambarkan sesuatu yang berbeda dari Jakarta,” ungkapnya.

 (Awang Daelami)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Multi Interpretasi, Bukti Foto Berkualitas
Multi Interpretasi, Bukti Foto Berkualitas
http://3.bp.blogspot.com/-l0BP5xwaMeQ/UPF2XIB9mxI/AAAAAAAAACY/-OocSooko7w/s320/komeng+sambutan.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-l0BP5xwaMeQ/UPF2XIB9mxI/AAAAAAAAACY/-OocSooko7w/s72-c/komeng+sambutan.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/12/multi-interpretasi-bukti-foto.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/12/multi-interpretasi-bukti-foto.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago