Archive Pages Design$type=blogging

Satpol PP Gusur Lahan Legal

Depok, INSTITUT- Penggusuran rumah di Jalan Baru Lio RT 07 RW 19, Pancoran Mas, Depok  berlangsung ricuh. Sekitar 300 petugas gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL PP) dan petugas kepolisian mengeksekusi penggusuran pukul 09.30 WIB, Rabu (7/11).

Warga sekitar dan beberapa mahasiswa mencoba mempertahankan rumah tersebut, namun petugas gabungan membubarkan blokade warga dan mahasiswa.  Eksekusi penggusuran dilakukan secara paksa dengan mengeluarkan seluruh barang dari dalam rumah. Lima buah truk digunakan untuk mengangkut barang dan dua buah buldozer digunakan untuk meruntuhkan bangunan rumah.

Bambang Rizki, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta yang rumahnya ikut digusur merasa eksekusi penggusuran seharusnya ada surat peringatan (SP) satu dan SP dua sebelum dilayangkannya surat eksekusi. “Tau-tau rumah saya mau digusur besok,” ujarnya (6/11).

Ia merasa uang ganti rugi yang ditawarkan oleh Pekerjaan Umum (PU) tidak sebanding dengan harga yang seharusnya. Harga tanah di daerah itu berkisar sekitar Rp3-5 juta per meter, sedangkan yang ditawarkan hanya Rp650 ribu.

Pihak Bambang sudah mengajukan banding ke PU dan meminta transparasi jumlah kucuran dana dari pusat untuk ganti rugi penggusuran, karena dana dari masterplan keluar sejak tahun 2011. “Harusnya kan ada tim apresial atau tim tujuh, tapi sampai sekarang tidak diketahui siapa tim tujuh tersebut, itukan sudah menyalahi prosedur,”  tegasnya.

Padahal menurut Bambang, tanah yang dimiliki jelas legal, karena dilengkapi dengan surat dan sertifikat tanah yang sesuai  peraturan pemerintah yang berlaku. Tidak hanya itu, kehidupan warga juga bergantung oleh kediaman  yang lokasinya strategis untuk mencari mata pencaharian. “Mereka bisa berjualan, usaha kos-kosan dan yang lainnya,” katanya.

Bambang menambahkan, penggusuran lahan tersebut berdalih pelebaran jalan yang digunakan untuk kepentingan umum. Namun setelah ditelisik, jalan tersebut akan digunakan untuk pusat jual beli dan sebagainya. “Ini dipelopori Perseroan Terbatas (PT) Andika, PT-nya Aburizal Bakrie,” ungkapnya.

Selain itu Tabronih (Ayah Bambang Rizki), pemilik rumah menjelaskan, ia hanya ingin uang ganti rugi sebanding dengan tanah dan bangunan yang digusur,  tapi keinginan tersebut tidak dipenuhi dengan pemerintah kota. “Saya itu sebenarnya menangis dalam hati,” keluhnya.

Tabronih meminta ganti rugi sebesar Rp3-5 juta per meter, namun tidak ditanggapi. Malah tanah ini hanya dihargai Rp600 ribu per meter. Padahal  menurutnya, rumah ini tidak hanya untuk tempat  tinggal bersama keluarga, tetapi sebagai mata pencahariannya. “Usaha kos-kosan delapan pintu untuk biaya kuliah dan sekolah anak-anak saya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, ketika rumah ini hendak digusur, ia belum menandatangani surat penggusuran, namun SATPOL PP dan Polisi memaksa mereka untuk mengosongkan rumah tersebut. Ia juga menambahkan sampai sekarang rumah ini digusur ia pun belum mendapatkan uang ganti rugi barang sepeser.

Ia berharap Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail dapat bersikap tidak semena-mena menggusur lahan warga tanpa turun langsung ke lokasi untuk melihat kondisi mereka. “Harusnya Nur Mahmudi Ismail mau turun ke lokasi, seperi Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo,” ujarnya.

Terkait maslah penggusuran secara paksa, Kepala  Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja,     mengatakan, pihaknya telah lama memberikan pemberitahuan pengosongan rumah. “Tapi mereka masih bertahan, tidak seperti tetangganya yang sudah menerima persetujuan,” tambahnya. (Gita Nawangsari)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Satpol PP Gusur Lahan Legal
Satpol PP Gusur Lahan Legal
http://3.bp.blogspot.com/--lHXELrjZy8/UPT8VE1aDjI/AAAAAAAAALs/X8zi93-Cd08/s400/penggusuran.jpg
http://3.bp.blogspot.com/--lHXELrjZy8/UPT8VE1aDjI/AAAAAAAAALs/X8zi93-Cd08/s72-c/penggusuran.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/11/satpol-pp-gusur-lahan-legal.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/11/satpol-pp-gusur-lahan-legal.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago