Archive Pages Design$type=blogging

Menuju Indonesia Tanpa Diskriminasi


“Hitam kulit keriting rambut aku Papua
Hitam kulit keriting rambut aku Papua
Biar nanti langit terbelah aku Papua
(Hitam putih keriting lurus aku Indonesia)
(Hitam putih sipit belo aku Indonesia)
(Biar nanti langit terbelah aku Indonesia)” 

Itulah  sepenggal kidung yang diubah dari lirik aslinya oleh penyanyi berkulit hitam, Edo Kondologit. Lirik tersebut menggambarkan perbedaan fisik masyarakat Indonesia yang beragam pada setiap daerahnya, namun tetap dapat bersatu.

Perbedaan ras, warna kulit, budaya, dan agama tidak menjadikan Indonesia terpecah belah. Perbedaan tersebut menjadi keberagaman yang berarti bagi keistimewaan tanah air Indonesia.

Untuk itu,  acara yang diadakan oleh yayasan Denny JA bekerjasama dengan Civil Society ini dalam rangka menyampaikan gerakan anti-diskriminsi dengan menampilkan keberagaman budaya Indonesia dari berbagai suku.

Selain menyanyikan kidung yang berjudul Aku Papua, Edo Kondologit juga menyanyikan sebuah lagu yang berjudul Di Bawah Tiang Bendera dan Pancasila. Semangat yang berapi-api dari Edo merambat ke penonton. Walau terik matahari pagi menusuk kulit, mereka tetap bergandeng tangan menyambut keberagaman.

Tidak hanya itu, selain penampilan Edo Kondologit acara tersebut juga menampilkan tarian daerah, alat musik daerah, serta flash mob peringatan hari sumpah pemuda.

Novriantoni Kahar, Direktur Yayasan Denny JA menjelaskan, peringatan Sumpah Pemuda dimaknai juga sebagai Hari Indonesia Tanpa Diskriminasi. Peringatan Sumpah Pemuda disamakan sebagai hari di mana putra-putri Indonesia yang berbeda menjadi satu kesatuan sebagai bangsa Indonesia.

Novriantoni menambahkan, Indonesia Tanpa Diskriminasi muncul ketika melihat berbagai kasus antara putra-putri Indonesia yang banyak melakukan tindakan kekerasan, diskriminasi terhadap kaum minoritas, dan intoleransi (terhadap agama).

Ia menambahkan, gerakan Satu Indonesia, Indonesia Tanpa Diskriminasi dilakukan secara maraton untuk mendapatkan hasil yang baik demi meminimalisir terjadinya kekerasan di Indonesia. Indonesia Tanpa Diskriminasi akan diperingati setiap tahunnya dan menjadi hari nasional.

Hal ini dikarenakan Hari Indonesia Tanpa Diskriminasi menjadi acuan bagi bangsa untuk melihat seberapa jauh perkembangan Indonesia Tanpa Diskriminasi disematkan pada diri masyarakat Indonesia. “Tidak ada tawuran pelajar dan kekerasan lainnya,” ujarnya. Minggu (28/10).

Acara tersebut diadakan agar anak Indonesia dapat mengenal keberagaman kebudayaan Indonesia dan tidak merasa malu untuk mempersembahkannya di depan khalayak. “Kebudayaan Indonesia akan berkembang di kancah nasional maupun internasional,”

Maya Tamara, pengisi acara Satu Indonesia, Indonesia Tanpa Diskriminasi mengaku senang dengan diadakannya acara tersebut karena dapat mengenalkan Tari Saman asal Aceh. Ia juga dapat berpartisipasi untuk menyatukan Indonesia dalam keberagaman. (Nurmalisa)
 

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Menuju Indonesia Tanpa Diskriminasi
Menuju Indonesia Tanpa Diskriminasi
http://1.bp.blogspot.com/-1uoAvMOhrOE/UPfke1gJQRI/AAAAAAAAAuE/h3S2mEjR-0E/s400/foto+metropolis+icha.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-1uoAvMOhrOE/UPfke1gJQRI/AAAAAAAAAuE/h3S2mEjR-0E/s72-c/foto+metropolis+icha.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/11/menuju-indonesia-tanpa-diskriminasi.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/11/menuju-indonesia-tanpa-diskriminasi.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago