Archive Pages Design$type=blogging

Mahasiswa UIN Jakarta Tolak RUU Kamnas


 UIN Jakarta, INSTITUT- Lingkar Studi-Aksi Demokrasi Indonesia (LS_ADI) menggelar aksi teatrikal dalam rangka tolak Rancangan Undang Undang Keamanan Nasional (RUU Kamnas) di depan gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK).  Aksi yang mereka gelar sekaligus untuk menyambut kedatangan Dewan Pakar Kamnas Bid. Sospol Kemhan RI dan Komjen Nanan Sukarna (Wakapolri) ke kampus UIN Jakarta. Selasa, (23/10).

Khotman Achdan Mubarok, salah satu anggota LS_ADI menuturkan, Menurutnya RUU ini berdampak pada komersialisasi pendidikan khususnya taraf mahasiswa.

“Ketika RUU ini disahkan mahasiswa tidak bisa lagi berdemokratisasi untuk memenuhi haknya. Selain itu, kekritisan mahasiswa pun akan dikekang karena dianggap mengancam, dari situ lalu muncul adanya penangkapan tanpa adanya pengadilan. Hal ini sama saja kita kembali pada masa Orde Baru,” ungkapnya, Rabu (24/10).

Baginya, hal tersebut bukan kebijakan yang objekif, padahal kebijakan yang layak dan benar itu penindakan hukum diterapkan kalau ancamannya sudah bersifat nyata.

Menurut Achdan, Dalam khasus ini bukan hanya mahasiswa yang dirugikan melainkan seluruh aspek masyarakat akan terkena dampak negatifnya. Mengingat bahwa RUU Kamnas pro terhadap investor asing dan kontra terhadap demokrasi yang pasti akan merugikan masyarakat.

Kekhawatiran Ahcdan dengan disahkannya RUU Kamnas bisa menjadi sebuah ancaman nyata bagi masyarakat, dikhawatirkan dua atau empat tahun ke depan mahasiswa sudah tidak bisa lagi menuangkan kreatifitas terutama dibidang seni atau bidang ekstra.

Ia mengharapkan pemerintah membatalkan dan segera mencabut RUU Kamnas agar tidak terjadi komersialisasi pendidikan seperti yang tertera dalam pasal 17 dan 54 RUU Kamnas akan berpotensi pada kembalinya militer dalam mencampuri sosial kemasyarakatan.

Kegiatan-kegiatan kritis masyarakat sipil yang dianggap negara mengancam keamanan nasional, maka secara leluasa negara dapat menggunakan elemen militer untuk meredam kegiatan tersebut. Kelompok aktivis mahasiswa, jurnalis, petani, dan buruh yang kritis tentu menjadi objek utama pasal ini, tambahnya.

“Dalam rangka menjaga proses demokratisasi di Indonesia yang pro terhadap supremasi sipil dan menjunjung tinggi nilai-nilai hak asasi manusia, maka RUU Kamnas harus ditolak,” tegas Ahcdan.

Senada dengan Achdan, Farhan Fuadi menuturkan,  jika disahkan RUU kamnas ini menjadi Undang Undang keamanan nasional maka sebagai contoh proses demokratisasi di kampus ini mulai direduksi atau dikurangi, kebebasan mahasiswa dibelenggu.

“Mahasiswa yang seharusnya menyuarakan kepentingan rakyat, tidak bisa dengan mudah menyalurkan aspirasinya. Sekecil apapun potensi lahirnya  kekuatan rakyat tidak akan muncul,” papar Farhan, Kamis (25/20).

Ia menambahkan, untuk suatu negara modern adanya Undang Undang keamanan nasional memang diperlukan, dilihat dari fungsinya yang isinya dimana melingkupi hak asasi manusia yang dilindungi undang undang. Lain halya dengan RUU Kamnas yang di dalamnya tidak tertera sama sekali.

“Adanya RUU intelejen, ormas, uud perguruan tinggi akan dipayungi semua oleh adanya ruu kamnas yang melindungi semua UUD yang disahkan. Maka dari itu tolak RUU Kamnas,” tegas Farhan. (Nurmalisa)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Mahasiswa UIN Jakarta Tolak RUU Kamnas
Mahasiswa UIN Jakarta Tolak RUU Kamnas
http://2.bp.blogspot.com/-IxAWtBeaBu0/UPf2ytNcMqI/AAAAAAAAA00/nS_CWhWxw6w/s400/RUU.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-IxAWtBeaBu0/UPf2ytNcMqI/AAAAAAAAA00/nS_CWhWxw6w/s72-c/RUU.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/11/mahasiswa-uin-jakarta-tolak-ruu-kamnas.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/11/mahasiswa-uin-jakarta-tolak-ruu-kamnas.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago