Archive Pages Design$type=blogging

Layanan Internet PU Buruk


UIN Jakarta, INSTITUT– Layanan internet di Perpustakaan Utama (PU) UIN  Jakarta semakin memburuk. Sudah satu bulan warung internet (warnet) yang terdapat di PU tutup karena kerusakan yang terjadi pada server dan jaringan internetnya.  Hal ini diperparah dengan akses layanan internet (wifi) yang sering mengalami “trouble”.

Hal ini dibenarkan oleh ketua PU, Nur Yudi, yang menyaksikan sendiri akses internet tidak berjalan maksimal, Jumat, (2/11). Ia mengatakan, kuota wifi yang disediakan PU hanya diperuntukan seratus orang. Namun, karena listrik PU yang sering mati membuat kapasitas akses internet berkuarang dan sering mengalami “trouble”.

Yudi menambahkan, pihak PU telah meminta bantuan ke Pusat Komunikasi (Puskom) UIN untuk memperbaiki gangguan jaringan internet, tapi belum ada tanggapan apapun dari Puskom.

Ia sangat berharap agar mahasiswa juga dapat mengakses internet via jaringan UIN tidak hanya di komputer yang disediakan PU saja tetapi juga di laptopnya masing-masing, pasalnya selama ini PU hanya menggunakanhotspot biasa untuk memenuhi kebutuhan internet mahasiswa.

Agung Prabowo, mahasiswa akuntansi Fakutas Ekonomi dan Bisnis (FEB) juga mengeluhkan akses wifi yang tersedia sering  bermasalah. Baginya, warnet bisa menjadi opsi lain jika ingin menggunakan layanan internet. Namun, warnet  juga sudah ditutup sejak sebulan yang lalu. Lanjutnya, warnet PU adalah fasilitas yang bermanfaat bagi mahasiswa dan harus dipertahankan.

Senada dengan Agung, Meiylisa Agustina, mahasiswi fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDKOM) menuturkan, keberadaan warnet sangat membantu saat wifi di atas tidak dapat diandalkan terutama saat mengerjakan tugas.

Petugas layanan internet PU, Priyo Supriyadi memaparkan, alasan ditutupnya warnet selama ini dikarenakanserver utama rusak dan jaringan internet PU sedang memburuk.

Ia menjelaskan, kerusakan server di warnet memang belum dibenahi karena ada wacana pergantian fungsi warnet menjadi ruang multimedia. Tetapi hal itu belum terlaksana karena masih menunggu perintah dari pimpinan PU.

Berbeda dengan Priyo, Yudi mengatakan alasan ditutupnya warnet itu bukan hanya masalah jaringan saja, melainkan biaya pengeuaran warnet yang jauh lebih besar dari pada pendapatannya. Menurutnya, warnet bukan opsi yang tepat dalam menangani masalah wifi.

“Pemakai warnet kan memang tidak banyak, karena mahasiswa juga sudah membawa laptop,” ucapnya. Selain itu, Yudi membenarkan, adanya wacana pengalihfungsian warnet menjadi ruang multimedia.Tetapi wacana ini masih cukup jauh karena layanan internet yang ada saat ini belum memadahi.

Yudi menegaskan “Yang namanya perpustakaan kan tempat mahasiswa mengerjakan tugas, riset dan lainnya, jika akses internet lemot saja sudah menyedihkan apalagi kalau tidak ada.” Ia juga mengharapkan dukungan dari pihak rektorat untuk pembenahan fasilitas internet di PU. (Nida Ilyas)
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Layanan Internet PU Buruk
Layanan Internet PU Buruk
https://2.bp.blogspot.com/-vRM5mRxpjGI/UPt_481trWI/AAAAAAAABGY/WLqqPDbFgXc/s400/internet+pu.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-vRM5mRxpjGI/UPt_481trWI/AAAAAAAABGY/WLqqPDbFgXc/s72-c/internet+pu.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/11/layanan-internet-pu-buruk.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/11/layanan-internet-pu-buruk.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago