Archive Pages Design$type=blogging

Unjuk Rasa Menolak WTA

Konferensi World Tobacco Asia (WTA) yang kedua di Indonesia (19/9) mendapatkan penolakan keras dari berbagai lapisan masyarakat, terutama mahasiswa. Melalui aksi demonstrasi yang diadakan di JCC, Senayan, demonstran menuntut agar WTA dibubarkan dan tidak lagi diadakan di Indonesia.

Massa yang tergabung dalam demonstrasi berasal dari UIN Jakarta, Universitas Indonesia (UI), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), dan UHAMKA. Selain perguruan tinggi, LSM seperti Masyarakat Anti World Tobacco Asia (MATA), Forum Warga Kota (FAKTA), Pusat Sumber Daya Hukum dan Pengendalian Tembakau Indonesia juga turut serta dalam aksi tersebut.

“Terselenggaranya WTA di Indonesia merupakan pelecehan bagi bangsa, karena dalam website WTA (lihat: www.worldtobacco.co.uk/asia/) menyebutkan, Indonesia merupakan pasar yang potensial,” kata Tubagus Haryo, kordinator dari MATA saat ditemui di JCC.

Senada dengan Tubagus, koordinator aksi UIN Jakarta Muhammad Fahat berkomentar, pasaran industri rokok dalam WTA adalah remaja dan anak-anak. “Remaja dan anak-anak berpotensial karena masih mudah terpengaruh untuk merokok. Sekaligus menguntungkan jika remaja itu merokok hingga usia lanjut. Rokok rasa buah yang dipromosikan WTA merupakan bentuk ‘ajakan’ merokok untuk anak,” jelas Fahat. (20/9).

Hadirnya WTA di Indonesia menurut Indri Andriani, Kondinator dari UMJ. Karena Indoensia  belum memiliki regulasi yang mengatur mengenai pengendalian tembakau. “Negara tidak mempunyai undang-undang yang melindungi masyarakatnya dari asap rokok,”ujarnya.

Sebenarnya, pada 2010 demo  ini pernah digelar, namun tuntutan untuk meniadakan WTA tidak digubris. “Kami (demonstran) berhasil membuat perjanjian dengan pihak penyelenggara agar  WTA tidak diadakan lagi di Indonesia. Namun tahun ini WTA diadakan  lagi,” ungkapnya.

Kali ini, demonstran melakukan 2 aksi, pertama kami berdemonstrasi di depan gerbang JCC. Aksi kedua kami masuk kedalam ruangan diadakannya WTA untuk menekan pihak penyelenggara agar segera membubarkan WTA.”

Ia menambahkan. poin besar dari aksi demonstrasi ini adalah mendesak pemerintah untuk menandatagani RUU anti tembakau. Dalam aksi selanjutnya sekitar bulan November atau Oktober, kita menginginkan regulasi perundangan pengendalian tembakau yang belum disetujui untuk segera disahkan.” Tegasnya.

Ikut-ikutan

Berbeda dengan mahasiswa yang menuntut agar WTA dibubarkan, para ibu-ibu dari FAKTA justru tidak mengetahui apa yang mereka aspirasikan dalam demonstrasi. Salah satu contohnya, Suprapti yang berasal dari kelurahan Kebon Pala, Jakarta Timur mengatakan, “Saya nggak ngerti, hanya ada SMS dari orang FAKTA untuk ikut, jadi saya mengikuti saja.” cetusnya. (19/9).

Sama halnya dengan Suprapti, Tati Nuriah yang juga berasal dari kelurahan Kebon Pala mengatakan, “Saya mengikuti demonstrasi ini hanya ikut-ikut saja. Jadi, saya ketinggalan mulu untuk mengikuti pergerakan massa.” jelasnya. (Adi Nugroho)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Unjuk Rasa Menolak WTA
Unjuk Rasa Menolak WTA
http://3.bp.blogspot.com/-3gHJh5y0IaA/UPftg46AQWI/AAAAAAAAAws/CKhF85JRlj0/s400/aksi+wta.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-3gHJh5y0IaA/UPftg46AQWI/AAAAAAAAAws/CKhF85JRlj0/s72-c/aksi+wta.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/10/unjuk-rasa-menolak-wta.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/10/unjuk-rasa-menolak-wta.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago