Archive Pages Design$type=blogging

Penipu yang Tertipu



Argia tersenyum sinis saat sang ratu akan memberikannya perhiasan. Dasar serakah, tidak hanya itu dia pun memaksa Sri Ratu untuk memberikannya daftar nama pengikut setianya. Dengan gontai dan tanpa apa pun, Ratu pergi meninggalkan tempat peristirahatan yang ketat itu melalui bantuan Argia.

Dentuman granat dan suara bising tembakan menyeruak dan hancurkan keheningan malam.  Beberapa orang bertubuh tegap lengkap dengan senapan laras panjang berlarian sambil meneriakan, “Tangkap, tangkap, tangkap pengikut setia Sri Ratu....”

Setelah kejadian berdarah itu keadaan kota menjadi tegang, tentara-tentara  berjaga di setiap sentimeter jalanan kota. Sekelompok orang mencoba meninggalkan negara yang dilanda perang itu, mereka berusaha menyelamatkan diri masing-masing. Namun, pemeriksaan dilakukan dimanapun, setiap mobil atau truk yang melintas diberhentikan.

Di antara para pelari itu ada Argia, seorang gadis panggilan. Secara tak sengaja, Argia menemukan Ratu yang menyamar. Bersama Raim, kekasihnya, yang juga salah satu petugas pemeriksa, Argia menyusun muslihat untuk memeras Ratu.

Tetapi  usaha Argia dan Raim tak sesuai rencana.  Saat  mereka berkolusi untuk memeras Ratu dengan cara meloloskannya terlebih dahulu, Argia diberikan cincin kerajaan. Argia girang bukan kepalang.  Namun, cincin itulah yang menyeretnya memainkan peran sebagai Ratu. Nyawanya pun terancam.

Sementara Raim yang dinaungi ketakutan mendalam, hanya menjaga nyawanya sendiri. Dengan dalih tak mengenal Argia, dia pergi meninggalkannya yang sedang dikerumuni warga dan tentara yang sangat murka kepada Sri Ratu.

Begitulah, para aktor revolusi memasang taring-taring mereka pada setiap kesempatan. Mesing-masing berambisi memenangkan perangnya sendiri dan mencari tempat terbaik untuk diduduki. Argia tidak menyadari permainannya sebagai Ratu sedang membawanya pada lubang kematian. Ia terlanjur terpesona dalam kenikmatan. Akhirnya, desingan tembakan mengiringi kepergian Argia di balik pintu.

Studio Teater Salihara menjadi saksi pemutaran teater yang berjudul The Queen and The Rebels karya Ugo Betti yang dibawakan oleh Saturday Acting Club (SAC) pada 2-3 Oktober lalu. SAC adalah komunitas pecinta seni peran asal Yogyakarta.

Maria Kristina, salah satu penonton megatakan, The Queen and The Rebels merupakan tontonan yang asik saat hati sedang tidak karuan. Tidak hanya itu, pesan yang tersirat pada pertunjkan itu pun sangat kena meski pada awal cerita susah untuk dipahami. “Tapi pas klimak ceritanya lama banget, jadi bete,” ujarnya.

Sutradara SAC, Rukman Rosadi mengatakan, tema revolusi dalam naskah ini seperti sebuah peti wayang yang dibuka untuk memunculkan karakter-karakter yang harus memainkan peperangan yang rumit. “Berbagai macam pikiran dan emosi tidak selalu muncul dalam wajah yang sesungguhnya,” tuturnya.

Hasil dari drama ini, kata Rukman, adalah sikap tidak memercayai siapapun, apa pun yang berbeda, atau pun kesetiaan anda kepada siapa saja. Itu pikiran yang suram di tengah wajah-wajah bertopeng kebenaran. “Kematangan perjalanan seorang aktor menjadi tolak ukur utama untuk mengejawentahkan peran dalam sublim dan mendetail,” ucapnya. (Sayid Muarief)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Penipu yang Tertipu
Penipu yang Tertipu
http://1.bp.blogspot.com/-rg8ErhaXzuk/UPZ3yenHLGI/AAAAAAAAAck/cmyRuHYK1GM/s400/7.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-rg8ErhaXzuk/UPZ3yenHLGI/AAAAAAAAAck/cmyRuHYK1GM/s72-c/7.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/10/penipu-yang-tertipu.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/10/penipu-yang-tertipu.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago