Archive Pages Design$type=blogging

Maksimalkan Produksi Pangan Indonesia!




Produksi pangan di Indonesia masih banyak mengandalkan produksi dari luar negeri. Akibatnya, produksi pangan buatan lokal menjadi kurang diperhatikan, sehingga produk pangan luar negeri menjadi incaran bagi masyarakat Indonesia.

Dalam hal ini, upaya pemerintah untuk meningkatkan keuangan negara dapat dimulai melalui produksi pangan, namun hal tersebut belum dilakukan secara maksimal. Produksi pangan dapat terpenuhi apabila pemerintah dapat menyejahterakan penghasilan petani.

Hal itu diungkapkan dalam seminar yang bertema “Peranan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Finansi Ekonomi Desa” oleh Direktur Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Edi Muhtadi. Seminar tersebut bertempat di Fakultas Ekonomi Universitas Budi Luhur Jakarta, Sabtu (6/10).
Menanggapi hal itu, mahasiswa Fakultas Ekonomi, Devi Kristianti menjelaskan, sesungguhnya Indonesia memiliki potensi sumber daya manusia dan alam yang melimpah sehingga dapat meningkatkan keuangan negara.

Namun, menurut Edi, jika melihat mekanisme pasar di Indonesia—produksi hasil pertanian saat ini—masih banyak produksi luar negeri yang memenuhi pasar Indonesia, termasuk beras yang masih di impor dari Thailand.

Ia menambahkan, kemudahan produksi luar negeri yang masuk ke Indonesia, menjadi salah satu pemicunya. Seharusnya, pemerintah dapat melindungi dan menyejahterakan produk petani dengan mengekspor barang produksinya untuk diurusi negara. “Konsumsi pangan dunia dipenuhi oleh Asia Tenggara,”  tambahnya.

Kendati demikian, meski produksi Indonesia tidak diekspor, masih banyak masyarakat Indonesia membutuhkan hasil pertanian dalam negeri. Dalam hal ini, Indonesia memiliki tanah yang subur dan sumber daya manusia yang mampu mengurusinya sehingga, dapat memenuhi pasar dalam negeri.

Ia menuturkan, pemerintah dapat mengelola transaksi petani antar daerah dengan mengontrol harga pokok. Pihak mereka juga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi petani desa dengan membayar hasil produksinya melalui pemotongan anggaran daerah yang diberikan setiap tahunnya.

Bagi Edi, perlu diadakan kesepakatan bersama untuk mencapai keberhasilan, seperti petani disejahterakan dari hasil penjualannya dan sebagai timbal baliknya petani dapat meningkatkan mutu hasil pertaniannya.

Tak hanya itu, pemerintah dapat membuat perjanjian kepada perusahaan pembeli. Seperti, dengan membayar hasil produksi petani melalui jaminan pengembalian jika hasil produksi tidak sesuai. “Dengan begitu Indonesia tidak akan mengalami krisis keuangan,” imbuhnya.

Ia mengatakan, jika produksi pertanian Indonesia berkembang di dalam negeri, hal itu dapat mempengaruhi produksi lain, seperti produksi industri, produksi ternak, dan konsumen tersebut yang dapat membentuk lingkaran perekonomian.

Dalam hal ini, terdapat kerangka Anggaran Pengeluaran Belanja Negara (APBN) yang berisikan tentang kebijakan transfer daerah. Dalam hal ini, daerah dapat melakukan pekerjaannya sendiri, sehingga pemerintah membagikan sebagian penghasilannya kepada daerah dalam bentuk macam-macam dana bantuan, dana otonomi, dan infrastruktur. (Gita Nawangsari)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Maksimalkan Produksi Pangan Indonesia!
Maksimalkan Produksi Pangan Indonesia!
http://2.bp.blogspot.com/-Ca75tddBVY4/UPUHYjeGWhI/AAAAAAAAAPE/1m5wA9duz3E/s320/produksi+pangan.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-Ca75tddBVY4/UPUHYjeGWhI/AAAAAAAAAPE/1m5wA9duz3E/s72-c/produksi+pangan.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/10/maksimalkan-produksi-pangan-indonesia.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/10/maksimalkan-produksi-pangan-indonesia.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago