Archive Pages Design$type=blogging

Mahasiswa Berikan P3K, Kenapa Tidak?


Acara pelatihan pertolongan pertama yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) UIN Jakarta, bertemakan “Bongkar Kebiasaan Lama, Cari Tahu Triknya, Pasti Bisa Nolong.” Acara yang diadakan pada tanggal 28-29 September di Aula Madya lantai 1, bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian kepada mahasiswa.

Isni Karimah, Ketua Pelaksana, mengatakan, “Tujuan acara dari pelatihan pertolongan pertama agar peserta dapat memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan, tidak menunggu para medis. Selain itu, menumbuhkan kepedulian kepada peserta untuk menolong sesamanya. Jadi, ketika ada bencana atupun kecelakaan peserta tergerak untuk segera membantu kepada sesamanya,” ujarnya (29/9).

Isni menjelaskan, “Pada hari pertama tanggap darurat bencana khususnya bencana kebakaran. Materi yang dijelaskan mengenai penyebab kebakaran, dan cara menangani kebakaran. Selain materi, simulasi mengenai kebakaran dan penyebabnya juga diajarkan, sehingga peserta juga bisa mengaplikasikan materidan simulasi yang didapat.” ujar. (29/

Hari kedua meteri berisi mengenai pertolongan pertama kepada mahasiswa. Namun, dalam materi kedua ini lebih kepada patah tulang, pendarahan, Bantuan Hidup Dasar (BHD), dan evakuasi. Diadakannya acara ini juga untuk memperkenalkan UKM KSR kepada para mahasiswa UIN, dan diharapkan para mahasiswa tertarik untuk ikut bergabung menjadi angota KSR UIN Jakarta.

Acara ini juga sebagai prasyarat para Anggota Muda (AMD) KSR menuju anggota penuh, Walaupun persiapan hanya 3 minggu, Isni merasa puas dengan acara yang diselenggarakan, “Dengan persiapan yang sebentar, peserta yang datang dirasa cukup banyak sekitar 65 orang,”

Peserta yang datang tidak hanya berasal dari UIN Jakarta, namun, Universitas Pamulang (UNPAM), Palang Merah Remaja (PMR) Siswa SMAN 20, SMAN 25 Jakarta, dan PMR SMAN 4 Tangerang Selatan.

Ahmad Aldarda salah satu peserta dari Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan (FITK), Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah (PGMI) semester 1, merasa banyak yang di dapat dari cara ini. Di antaranya mengatasi patah tulang, keseleo, dan cara mengatasi kebakaran.

“Jadi ketika ada orang yang mengalami hal tersebut saya bisa membantunya, setidaknya saya bisa memberikan pertolongan pertama dan mengurangi resiko sakit yang lebih parah, sebelum para medis datang mengobati,”

Menurutnya, acara ini sangat bermanfaat dan juga syarat dengan pengetahuan. Dengan mengikuti pelatihan ini ia sangat tertarik untuk masuk menjadi anggota KSR, karena memang sebelumnya Ahmad juga pernah menjadi KSR Jakarta

“Dari keseluruhan acara yang telah dilaksanakan yang paling menarik adalah hari kedua karena kami para peserta mendapatkan praktik langsung, dibanding hari pertama yang kebanyakan hanya teori dan praktiknya sedikit.”

Senada dengan Ahmad, Egi Diana peserta yang berasal dari Fakultas Dakwah, Jurusan Komisi Penyiaran Islam Semester 3, mengatakan hari kedua yang memang paling seru dibandingkan hari pertama, karena dalam pelaksanaan hari pertama praktik yang diberikan lebih sebentar dibandingkan hari

Selain mahasiswa, peserta yang berasal dari SMAN 4 Tangerang Selatan, Diah Rachmawati Putri merasa acara ini sangat bermanfaat untuk dirinya, terlebih ia ketua Palang Merah Remaja (PMR) di sekolahnya. Dengan ilmu yang didapat, kedepannya ia bisa mengaplikasikannya dan berbagi ilmu kepada teman-teman PMR di

“Ternyata membopong orang itu ada caranya, selama ini saya hanya asal membopong saja. Selain cara mengangani korban, saya juga lebih mengetahui cara penggunaan alat-alat pertolongan pertama secara maksimal seperti pemakaian kain kassa, perban, dan berbagai macam tandu.”

Diah menambahkan, Pihak sekolah sangat jarang dalam memberikan pelatihan kepada para kami (PMR). Selama ini PMR yang ada hanya untuk membahas struktur organisasi dan membahas teknis pertolongan pertama. (Adi Nugroho)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Mahasiswa Berikan P3K, Kenapa Tidak?
Mahasiswa Berikan P3K, Kenapa Tidak?
http://1.bp.blogspot.com/-jNR115oJuf8/UPe1jsF1G8I/AAAAAAAAAoE/AsdVq3ERomI/s400/DSC07600.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-jNR115oJuf8/UPe1jsF1G8I/AAAAAAAAAoE/AsdVq3ERomI/s72-c/DSC07600.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/10/mahasiswa-berikan-p3k-kenapa-tidak.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/10/mahasiswa-berikan-p3k-kenapa-tidak.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago