Archive Pages Design$type=blogging

Kenali Diri Sendiri Melalui Latihan Kepemimpinan


Untuk menunjukan betapa pentingnya jiwa kepemimpinan, Gipsy Volunteer, sebuah komunitas sosial kemanusiaan menggelar latihan kepemimpinan bertema “Leadership with a Difference” pada Minggu (7/10). Acara yang diadakan di aula lantai dua Masjid Fathullah itu menghadirkan tiga pelatih internasional, Yusnawati, Fazida A. Razak, dan Jasmin M. Simon. 

Dalam sambutan pembukaannya, Lisda Pangestu, ketua pelaksana pelatihan  mengatakan, sudah seharusnya setiap orang memiliki jiwa kepemimpinan, karena manusia adalah mahkluk sosial yang berinteraksi dengan orang lain. “Jika manusia memiliki jiwa kepemimpinan, dia akan mampu memilih mana yang baik dan yang tidak,” katanya.

Sebelum memasuki acara inti, Yusrawati, pelatih pertama membagi peserta menjadi tiga kelompok. Ia memerintahkan, bagi peserta yang merasa karakternya mirip dengan St. Bernard’s, salah satu jenis anjing yang dikenal baik, agar berkumpul di kelompok pertama.

Sedangakan, bagi mereka yang merasa karakternya mirip dengan sang raja hutan, singa, berada di kelompok kedua, dan kelompok ketiga diperuntukkan bagi peserta yang merasa karakternya mirip dengan rubah, binatang yang penuh pertimbangan.

Setelah peserta duduk di kelompok masing-masing, Yusra meminta mereka mengisi angket yang telah dibagikan sebelum acara dimulai. Angket tersebut berisikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan sikap yang akan peserta ambil ketika dihadapkan pada suatu kejadian.

Angket terdiri dari enam pertanyaan yang dibagi menjadi dua bagian. Tiga pertanyaan pertama berkaitan dengan sikap yang akan dipilih ketika peserta dalam keadaan nomal, dan tiga pertanyaan terakhir saat peserta dalam keadaan di bawah tekanan. Setiap pertanyaan memiliki tiga kolom jawaban yang harus di isi dengan angka yang bila dijumlah menjadi sepuluh.

Awalnya, peserta hanya diminta mengisi tiga pertanyaan pertama, dan menjumlahkan setiap kolomnya. Setelah itu, peserta yang memiliki jumlah terbanyak di kolom pertama diminta bergabung dengan kelompok St. Bernard’s.

Bagi mereka yang jumlah terbanyaknya berada di kolom kedua bergabung dengan kelompok singa. Sedangkan kelompok rubah yaitu untuk mereka yang memiliki score tertinggi di kolom tiga.

Setelah pengisian angket, sebagian besar peserta  pindah dari kelompok asalnya. Banyak peserta yang awalnya merasa berkarakter seperti singa berpindah ke kelompok St. Bernard’s atau rubah, dan sebaliknya. “Inilah karakter kalian yang sebenarnya,” tutur Yusra.

Kemudian, peserta diminta mengisi tiga pertanyaaan selanjutnya, dan menjumlahkannya lagi. Sama halnya dengan tiga pertanyaan pertama, peserta akan diminta pindah sesuai dengan jumlah skor terbesar yang mereka dapat pada setiap kolom. Dari hasilnya, ternyata banyak peserta yang berpindah kelompok. “Memang kadang karakter manusia bisa berubah jika sedang dibawah tekanan,” jelasnya.

Setelah angket selesai diisi, dan peserta berada di kelompok barunya, lalu mereka mendapatkan penjelasan maksud dari ketiga kelompok. Penjelasan tersebut disampaikan oleh pelatih kedua, Fazida A. Razak.

Pentingnya Komunikasi dalam Kepemimpinan

Fazida mengatakan, setiap manusia memiliki cara berkomunikasi yang berbeda-beda, baik itu gaya St. Bernard’s, gaya singa maupun gaya rubah. Menurutnya, tidak ada yang lebih baik dari ketiga gaya tersebut. Setiap gaya memiliki ciri khasnya masing-masing.

Ia menambahkan, cara berkomunikasi setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan. Menurutnya, kelebihan itu lah yang juga menjadi kekurangannya. “Misalnya orang yang bergaya rubah, biasanya adalah orang yang adil. Namun, keadilannya ini terkadang membuatnya tidak mempertimbangkan perasaan ketika membuat keputusan”.

Begitupun dengan orang yang memiliki gaya komunikasi singa. Mereka memang memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Namun, jika mereka terlalu berlebihan menanggapi kepercayaan dirinya, mereka akan menjadi sombong. “Sedangkan orang yang bergaya St. Bernard’s merupakan tipe yang mudah mempercayai orang lain. Oleh karena itu, mereka juga kadang mudah tertipu,” tambahnya.

Pelatih ketiga, Simon M. Jasmin juga menjelaskan, komunikasi adalah sesuatu yang sangat penting. Dengan komunikasi yang baik, kebiasan dalam organisasi dapat dihindari.  Menurutnya, agar komunikasi diterima baik oleh orang lain, seorang pemimpin harus mengerti kondisi dimana ia berkomunikasi.

Selain itu, ketika berkomunikasi, seorang pemimpin tidak boleh hanya mengandalkan komunikasi lisan. “Karena orang-orang hanya akan menerima tujuh persen saja kalau hanya dari perkataan,” tuturnya.

Oleh karena itu, komunikasi visual sangat dibutuhkan, misalnya ekspresi wajah. Di samping komunikasi visual, suara dan kepercayaan diri juga diperlukan seorang komunikator. Ia mengatakan, kedua hal itu dapat menjaga perhatian publik.

Debi Ratna Wati, salah satu peserta dari Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) mengaku senang telah mengikuti pelatihan tersebut, karena ia mendapat pengetahuan baru. “Kita jadi tahu seperti apa karakter kita sebenarnya.” Selain itu, menurutnya, panitia dan pembicara mengemas acara ini dengan baik. Sehingga, tidak menyebabkan peserta bosan. (Siti Ulfah Nurjanah)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Kenali Diri Sendiri Melalui Latihan Kepemimpinan
Kenali Diri Sendiri Melalui Latihan Kepemimpinan
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/10/kenali-diri-sendiri-melalui-latihan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/10/kenali-diri-sendiri-melalui-latihan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago