Archive Pages Design$type=blogging

Jejak Perjuangan Pers Mahasiswa



Judul:Menapak Jejak Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia
Penulis: Moh. Fathoni, dkk
Penerbit: PT Komodo Books
Isi: 230 halaman
Terbit: 2012
ISBN: 978-602-9137-22-4

Bila melihat semangat perjuangan dalam melawan rezim pada masa Orde Baru (Orba) tentunya tidak akan luput dari para pegiat pers mahasiswa Indonesia. Meski perlawanan mahasiswa dilakukan dengan berbagai bentuk aksi, namun organisasi pers mahasiswa berada di garda terdepan  membawa tulisan-tulisan kritis sepanjang jalan konsolidasi demokrasi.



Keberadaan pers mahasiswa tentunya tidak selalu disambut baik, bahkan macam-macam  skenario pelunakan pers mahasiswa pun dilakukan pemerintah Orba dengan alasan mengancam stabilitas. Mulai dari dibentuknya Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), pembekuan dewan mahasiswa, kebijakan NKK/BKK, serta banyak aturan dan perundang-undangan yang dikeluarkan pemerintah.



Di dalam buku Menapak Jejak Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia, sejarah pers mahasiswa tergambar jelas. Sejarah mencatat sebuah organisasi pers mahasiswa bernama Ikatan Pers Mahasiswa Indonesia (IPMI), yang sebelumnya menyatakan sikap independen pada tahun 1965. Pada akhirnya IPMI setahun kemudian melebur juga setahun kemudian melawan otoritarianisme Demokrasi Terpimpin dengan menjadi Biro Penerangan Kasatuan Aksi Mahasiswa Indonesia.



Orba yang berubah haluan membuat IPMI kembali untuk bersikap independen, kemudian disusul dengan kebijakan pemerintah IPMI back to campus. Agaknya hal tersebut tidak membuat kedudukan IPMI semakin baik, bahkan hingga akhirnya IPMI mulai ditinggalkan anggotannya dengan alasan tidak mampu menentukan independensi. 



IPMI tetap berusaha untuk bertahan, nyatanya pemerintah Orba selalu berupaya menggagalkan setiap kongres nasional.  Pertemuan aktivis pers sering terhambat dengan alasan perizinan serta aktivitas mahasiswa yang dibatasi dengan masa studi. Pun dengan diterapkannya Surat Izin Terbit (SIT) dan Surat Tanda Terbit (STT) yang menjadi senjata ampuh mereka dalam menghentikan penerbitan pers mahasiswa. Itu semua akhirnya  memaksa mahasiswa mesti cepat melakukan regenerasi. 



Kesewenang-wenangan yang dialami pers mahasiswa terus terjadi. Di antaranya pemberitaan Majalah Imbas terbitan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Salatiga, tentang penyimpangan dana di kampus yang dibredel oleh rektoratnya. Disusul dengan pembredelan tujuh media yang terbit di kampus tersebut oleh Pembantu Rektor III. Serta kasus-kasus yang serupa dialami pers mahasiswa lain di berbagai daerah.



Pada 15 Oktober 1992 diputuskan sebuah wadah baru pers mahasiswa bernama Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI), dengan rumusan umum untuk menciptakan penerbitan mahasiswa sebagai sarana pembentuk pendapat umum dikalangan mahasiswa ke arah kreativitas kritis dan dinamis.


Kisah perjalanan panjang pers mahasiswa selalu menarik untuk dibicarakan, bukan hanya yang terjadi pada masa Orba, pergolakan-pergolakan juga sebenarnya sudah mulai timbul  sebelumnya. Menghadirkan masa lalu, bukan perkara mudah jika dilihat dari jauhnya jarak zaman.


Buku dengan tebal 230 halaman, telah terbit sebagai alternatif untuk menghadirkan dimensi di masa lalu dengan membuka realita fase-fase perjalanan pers mahasiswa. Sehingga para pegiat pers di masa sekarang dapat merenungkan kembali bahwa catatan ini belum usai. Generasi berikutnya akan mencatat pers mahasiswa tidak akan padam. 



Penulisan buku ini bukan hanya berasal dari pribadi Moh. Fathoni, tetapi juga atas kerjasama PPMI membuat muatan sejarah dan jati diri pers mahasiswa sangat terasa kental. Walaupun  alurnya maju mundur, namun esensi dari buku ini dapat mudah diserap dengan baik. (Dewi Maryam)



COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Jejak Perjuangan Pers Mahasiswa
Jejak Perjuangan Pers Mahasiswa
http://3.bp.blogspot.com/-hLg8fUzGkkU/UPaqwiPfnNI/AAAAAAAAAgk/1W4LwjG3Pb0/s400/Jejak+Perjuangan+Pers+Mahasiswa.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-hLg8fUzGkkU/UPaqwiPfnNI/AAAAAAAAAgk/1W4LwjG3Pb0/s72-c/Jejak+Perjuangan+Pers+Mahasiswa.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/10/jejak-perjuangan-pers-mahasiswa.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/10/jejak-perjuangan-pers-mahasiswa.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago