Archive Pages Design$type=blogging

Jejak Jendelist Cerdaskan Anak Bangsa




Bergerak di bidang sosial yang fokus utamanya pada pendidikan anak, komunitas jendela menjadi wadah bagi sebagian anak untuk membuka wawasan demi melihat pengetahuan dunia yang tersirat dalam bacaan.

Bermula dari rasa solidaritas pada anak-anak di Yogyakarta, terutama pasca meletusnya Gunung Merapi, sekumpulan pemuda membentuk komunitas ini sebagai bentuk dari rasa peduli mereka terhadap masa depan anak-anak korban Merapi.

“Maret 2011 menjadi awal berdirinya komunitas ini, dan saat itu kami (Komunitas Jendela) juga mulai membangun  perpustakaan dan mengumpulkan bahan bacaan,” ujar Agus Setiawan koordinator Komunitas Jendela (25/9).

Agus Setiawan yang akrab di sapa Wawan juga menambahkan, komunitas ini mengumpulkan para donatur buku dari berbagai daerah, tidak hanya di Yogyakarta bahkan hampir di seluruh Indonesia.


komunitas ini memiliki Tagline “We are not just building a library, we are building a future”. Dari tagline tersebut komunitas ini menginginkan perkembangan mutu pendidikan pada anak Indonesia lewat buku.



Wawan menjelaskan Komunitas Jendela tidak hanya bergiat membangun perpustakaan, namun lebih kepada menyalurkan buku-buku untuk digunakan anak-anak Indonesia yang kurang mampu membeli sebuah buku.
Menurutnya, dengan membangun banyak perpustakaan belum tentu efektif apalagi jika buku-bukunya tidak digunakan secara baik. “Buku-buku yang dikumpulkan dari donatur akan didistribusikan untuk menambah bahan bacaan anak-anak,” tambahnya (25/9).


“Hingga saat ini Komunitas Jendela telah membagikan buku tidak hanya di Yogyakarta, tapi juga membagikannya keluar pulau Jawa, seperti Maluku dan kota-kota di Kalimantan,” ujar Wawan.


Wawan menambahkan, Komunitas Jendela juga mengadakan workshop di akhir minggu setiap bulannya.  16 September lalu, Jendelist (panggilan untuk relawan Komunitas Jendela) mengadakan agenda rutinnya di perpustakaan yang mereka bentuk, yang bertemakan ‘Kebudayaan Papua’. “Jendelist ingin mengenalkan berbagai macam kebudayaan yang ada di Indonesia,” tambahnya.


Dalam workshop tersebut Komunitas Jendela ingin memperkenalkan keragaman kebudayaan Papua yang mempesona nan eksotis pada anak Indonesia, tambah wawan. Tidak hanya mengenalkan kebudayaan Papua,  Jendelist dari luar kota juga mengenalkan kota asal mereka dengan anak-anak shelter Merapi. Tidak hanya memberi tahu tentang makanan khas dan letak geografis, Jendelist juga mengajarkan bahasa daerahnya.


Saat ini Komunitas Jendela kini telah berkembang ke kota Jakarta dan Jember. “Hal ini dilakukan demi meningkatkan keinginan membaca seluruh anak Indonesia, tidak hanya yang tinggal di sekitar Merapi,” tuturnya.


Ia juga menambahkan, saat ini Jendelist Jakarta sedang mengumpulkan relawan untuk mengembangkan komunitas ini. “Sekitar  satu bulan ini, Komunitas Jendela di Jakarta terbentuk,” ujar Wawan.


Salah satu Jendelist Jakarta, Prihatiningsih, menjelaskan Sabtu ini relawan Jendelist akan berkumpul di Monas, Jakarta Pusat untuk temu perdana relawan Komunitas Jendela Jakarta dan untuk membahas agenda Jendelist selanjutnya.


Ia berharap, komunitas ini dapat memajukan sistem pendidikan melalui buku. “Buku yang kami (Komunitas Jendela) kumpulkan beraneka ragam jenis bacaan sehingga memancing minat membaca bagi anak-anak. (Gita Nawangsari)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Jejak Jendelist Cerdaskan Anak Bangsa
Jejak Jendelist Cerdaskan Anak Bangsa
http://3.bp.blogspot.com/-RUBsrxpK5PY/UPT78jihiGI/AAAAAAAAALk/M5sJ4jlrYQk/s400/jendelist.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-RUBsrxpK5PY/UPT78jihiGI/AAAAAAAAALk/M5sJ4jlrYQk/s72-c/jendelist.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/10/jejak-jendelist-cerdaskan-anak-bangsa.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/10/jejak-jendelist-cerdaskan-anak-bangsa.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago