Archive Pages Design$type=blogging

Gaya Hidup Dongkrak Bisnis Online Shop


Gaya hidup masyarakat yang semakin gemar terhadap digital dan tingkat mobilitas yang tinggi rupanya menjadi alasan kebanyakan orang lebih memilih belanja online. Terbukti dengan semakin maraknya online shop yang terus mendatangkan minat pembeli.

Dosen Manajemen Marketing Ade Suherlan, mengatakan internet semakin mudah diakses, sehingga bisnis online shop menjadi daya tarik sendiri bagi pengusaha. Menurut Ade hal ini merupakan salah satu pemanfaatan teknologi yang baik karena tingkat pendidikan masyarakat juga meningkat.


Ade menjelaskan, dari segi pemasarannya online shop sangat efektif. Penjual tidak di sibukkan mencari pedagang kedua. Sedangkan pembeli dimudahkan secara waktu. Online shop pun menurutnya dapat membuka lapangan pekerjaan, “Pengembangan pengusaha yang bergerak dibidang online shop ini memang peluang dan bisa menyerap tenaga kerja,” paparnya.


Sedangkan Qonitah Al-Jundiah pemilik toko online Hello Marlene mengatakan, banyaknya orang yang memilih berjualan melalui internet dikarenakan berdagang di online shop lebih mudah, “Mungkin gampangan jualan online dari pada harus buka toko yang harus sewa tempat dan bayar setiap bulan,” akunya.


Qonitah mengaku penjualannya terbilang lancar, “Alhamdulillah konsumen banyak yang berminat, sebentar lagi mau launching sepatu,” katanya. Sama halnya dengan Qonitah, Lasuba Cikita Siregar pemilik produk hijab merek Percee, mengaku produknya disenangi konsumen. Melihat daya beli masyarakat yang baik ia berencana menambah jenis produknya.


Selain dianggap lebih mudah, online shop juga menawarkan harga yang kompetitif. Seperti yang diungkapkan Intan Purwatih dan Dinda Mul, mereka mengaku lebih senang belanja online karena lebih terjangkau, “Daripada harus ke mal, pengeluaran jadi lebih banyak untuk ongkos dan makan,” ujar Intan.


Sama halnya dengan Intan,  Dinda mengaku lebih mudah menemukan pakaian ukuran big size, ia juga mengaku malas untuk keluar pergi belanja, “Dibanding butik di mal, online shop lebih murah. Kebetulan saya juga sudah punya toko langganan. Belanja online bisa di kamar nggak perlu keluar rumah” tututrnya.


Meski demikian, online shop tentu memiliki kelemahan. Mulai dari transaksi yang terhambat atau barang yang tidak sesuai dengan gambar, bahkan penipuan toko online. Seperti yang pernah dialami Intan, ketika membeli satu barang, barang tersebut tidak sesuai harapan.


Menanggapi hal tersebut, Lasuba menjelaskan ada banyak kemungkinan, “Kadang-kadang layar monitor konsumen kualitasnya mungkin jelek, jadi warnanya suka berbeda dengan yang asli,” ujarnya.


Sedangkan menurut Qonitah, hal tersebut memang salah satu kelemahan online shop. “Penjual memang harus bisa menjaga resolusi gambarnya. Balik lagi ketanggung jawab besar penjualnya buat ganti kepercayaan ke konsumen.” tandasnya.


Menurut Lasuba dan Qonitah, konsumen harus banyak bertanya sebelum membeli barang. Selain itu, tips untuk belanja aman melihat dari kontak dan alamat yang bisa dihubungi. “Lihat kontaknya, kalau bukan penipu pasti bakal ngasih kontak yang lengkap bahkan e-mail dan alamat lengkap.” tutur Lasuba.


Sedangkan menurut Qonitah yang paling penting, lihat respon pembeli dan tampilan toko online tersebut, “Kalau niat jual, line out online shop nya biasanya ada labelnya. Kalau di twitter lihat followernya dan berapa banyak yang pernah belanja di situ melalui respon pembeli. Itu penting buat dipublikasikan,” jelasnya. (Karlia Zainul)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Gaya Hidup Dongkrak Bisnis Online Shop
Gaya Hidup Dongkrak Bisnis Online Shop
https://1.bp.blogspot.com/-_eggmIEFVEc/UPUQVxI4_7I/AAAAAAAAASY/dqYUqDKnNcg/s400/cekom.com.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_eggmIEFVEc/UPUQVxI4_7I/AAAAAAAAASY/dqYUqDKnNcg/s72-c/cekom.com.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/10/gaya-hidup-dongkrak-bisnis-online-shop.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/10/gaya-hidup-dongkrak-bisnis-online-shop.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago