Archive Pages Design$type=blogging

Gangnam Style Bius Semua Kalangan





Siapa yang tak mengenal Gangnam Style. Tarian ala menunggang kuda ini dipopulerkan oleh Park Jae Sang atau lebih dikenal Psy. Kehadiran penyanyi asal Korea tersebut seakan memiliki magnet dalam menggaet perhatian seluruh masyarakat dunia. Terbukti, sampai Minggu (30/9), viewer video yang diunggah ke situs youtube itu mencapai 330 juta.

Di Indonesia, Gangnam Style layaknya virus yang menjangkiti seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari anak kecil sampai nenek-nenek sekalipun tak sungkan mempraktikkan tarian menunggang kuda milik Psy. Anak berusia 1 tahun asal Madura yang belum diketahui namanya, dengan lincah berjoget Gangnam Style.

Refita Listiawati,  salah satu penikmat lagu Gangnam Style  mengaku virus tarian kuda tersebut cepat sekali berkembang dan tidak memandang usia. “Adik saya ikut merasakan demam Gangnam, padahal usianya masih kecil. Nggak tahu siapa yang mengajarkan, tiba-tiba sudah bisa joget,” paparnya. Tidak hanya itu, adiknya juga sering menyanyikan lagu Oppa Gangnam Style di rumahnya.

Perkembangan Gangnam Style di Indonesia yang tampak pesat ini dikarenakan seringnya media membicarakan tari ala kuda jingkrak milik Psy. Akibatnya, masyarakat semakin terbius untuk mempraktikkan tari Gangnam Style. Berbagai parodi serta tutorial Gangnam Style pun ikut bermunculan.

Selain itu, perkembangan Gangnam Style juga dapat dilihat dari banyaknya aksi menari bersama (flashmob) dalam satu bulan terakhir. Seperti yang digelar di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Minggu (9/9) lalu. Aksi ini diikuti hampir seribu orang yang terdiri dari berbagai usia. Minggu (30/9) kemarin, flashmob diadakan kembali di Semarang dan Balikpapan. Masing-masing juga diikuti sekitar seribu peserta.

Menurut Maulana Ubaidilah, mahasiswa Institut Kesenian Jakarta, fenomena Gangnam Style dapat berkembang pesat karena keunikan dari lirik, instrumen dan tariannya. Apalagi, masyarakat Indonesia  lebih suka dengan hal-hal yang ringan. “Sebenarnya kandungan dari lagu tersebut sangat bagus, menyindir kaum sosialita di daerah Gangnam. Tapi sayang, masyarakat kurang melihat itu,” jelasnya.

Ia menambahkan, masih ada faktor lain yang mempengaruhi perkembangan gaya Gangnam. Baginya, pesatnya perkembangan Gangnam Style di Indonesia turut dipengaruhi tren. “Mereka lebih tertarik dengan hal-hal yang menjadi pembicaraan dunia saat ini. Padahal, mereka nggak paham maknanya,” papar Maulana.

Namun, ia menyayangkan sikap masyarakat Indonesia yang berlebihan menanggapi virus Gangnam. “Masyarakat kita terlalu mudah menerima sesuatu hal yang baru. Jangan sampai budaya kita sendiri yang dilupakan,” tambahnya.

Sedangkan, Bambang Prihadi sebagai pegiat seni berpendapat, seni populer seperti itu tidak jauh beda dengan banyak produk sebelumnya yang booming dan banyak digemari masyarakat. Namun, tak lama kemudian hilang bak bumbungan asap. “Padahal, karya seni dan produk budaya pada umumnya mesti hadir dalam kenyataan hidup masyarakat. Kenyataan yang mesti dapat dibaca dengan hati, pikiran, dan jiwa,” tegasnya.

Hal seperti itulah yang tidak dimiliki pada masyarakat Indonesia. Mereka cenderung hanya sebagai pengikut dari gaya yang ada. “Ironisnya masyarakat dibuat buta dengan produk seni pop yang standar itu, sedangkan Indonesia mempunyai jauh lebih banyak seni yang menakjubkan,” ungkap Bambang Minggu, (30/9). (Nur Azizah)


COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Gangnam Style Bius Semua Kalangan
Gangnam Style Bius Semua Kalangan
http://1.bp.blogspot.com/-9Ud3Mt_8Mxo/UPfzrcgJ-tI/AAAAAAAAAzQ/kVo5hiV87no/s400/Sekitar+seribu+masyarakat+Jakarta++mengikuti+flashmob+Gangnam+Style+di+Bundaran+HI,+Minggu+(9-9).jpg
http://1.bp.blogspot.com/-9Ud3Mt_8Mxo/UPfzrcgJ-tI/AAAAAAAAAzQ/kVo5hiV87no/s72-c/Sekitar+seribu+masyarakat+Jakarta++mengikuti+flashmob+Gangnam+Style+di+Bundaran+HI,+Minggu+(9-9).jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/10/gangnam-style-bius-semua-kalangan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/10/gangnam-style-bius-semua-kalangan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago