Archive Pages Design$type=blogging

Cinta Manusia dalam Seni Keramik



Banyak cara untuk mengungkapkan betapa pentingnya cinta kasih terhadap manusia. Salah seorang keramikus asal negeri sakura, Chitaru Kawasaki mengutarakannya melalui tanah liat yang dibuat menjadi seni keramik berbagai bentuk. Karya-karya tersebut kini terpajang rapi di Gedung C Galeri Nasional.

 Melalui karyanya, Kawasaki ingin menyampaikan, keberagaman manusia dapat disatukan dengan kasih sayang dan cinta. Guru Besar Emeritus Universitas Seika Kyoto itu mengutarakan, hampir semua karya yang ia hasilkan berkisar tentang cinta manusia. Gagasan Kawasaki ini terlihat dalam tanah liat yang dibentuk seperti jalinan temali dalam setiap karyanya.

Baginya, manusia adalah sesuatu yang harus dilestarikan. Kawasaki bercerita, kehidupan yang ada sekarang terjadi karena adanya jalinan kasih sayang yang baik antar sesama manusia. “Mengapa saya memilih hubungan sesama manusia, ya karena saya adalah manusia. Kalau saya alien, ya saya pilih hubungan antar alien,” tutur kakek berumur 74 tahun itu.

Tujuh puluh tahun sudah Kawasaki menyukai keramik. Kesukaannya tersebut berawal dari seringnya ia melihat keramik yang digunakan pada acara upacara minum teh di Jepang. Namun, ia belajar membuat karya dari keramik untuk pertama kalinya ketika duduk di kelas lima Sekolah Dasar (SD) dan mulai mendalaminya ketika berumur 23 tahun.

Karya yang ditampilkan dalam pameran yang terselenggara atas kerjasama Galeri Nasional Indonesia, Japan Foundation dan Bentara Budaya Jakarta (BBJ) ini berjumlah 37 buah. Untuk menghasilkan karya-karya tersebut, Kawasaki berkutat dengan sekitar satu ton tanah liat selama lebih dari dua tahun.

Ia mengakui, memang dibutuhkan kesabaran dan tenaga ekstra untuk menyelesaikan karya-karyanya. Namun, semua itu bukanlah apa-apa karena menurutnya, memunculkan ide hingga menjadi karya senilah yang sulit. Yang terpenting dalam membuat karya seni bukanlah mengenai seperti apa kerumitan karya tersebut atau berapa lamanya waktu yang dibutuhkan, tetapi tentang bagaimana mengekspresikan pikiran.

Edih Supardi dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), yang juga rekan Kawasaki menambahkan, karya seni itu berkaitan dengan kreativitas menciptakan sesuatu yang baru.

“Dan beliau (Kawasaki) ini sangat kretif, di usianya yang ke sekian, beliau masih mampu berkarya dengan sangat bagus,” ujarnya sambil tersenyum ramah. Selain itu, Edih juga menuturkan, benang merah dari pameran ini sebenarnya semakna dengan silaturahmi dalam dunia Islam.

Pameran yang bertema “Knot, Connection, and String Playing” tersebut diselenggarakan pada 28 September-12 Oktober. Banyaknya pengunjung yang datang membuktikan, pameran ini mendapat sambutan baik dari masyarakat Indonesia. “Dan Bapak merasa senang,” tutur Topan Tantado, asisten pribadi Kawasaki.

Antusisme para pengunjung pun terlihat ketika mereka menggeleng-gelengkan kepala sambil berdecak kagum seraya menunjuk-nunjuk karya seni keramik di depan mereka. “Keren ya, nggak nyangka juga kalau ini terbuat dari tanah liat,” ucap Eko Didik Sukowati, pengunjung asal Yogyakarta.

Menurutnya, liukan tanah liat yang dibentuk seperti jalinan temali di setiap karya dalam pameran juga menjadi nilai lebih. Di Indonesia, menurut Eko, liukan tanah liat tersebut biasanya tidak hadir dalam karya seni keramik, namun dalam hasil karya lainnya, seperti dalam pembuatan tikar.

Sebelum mengakhiri obrolan hangatnya dengan INSTITUT, Kawasaki pun menilai, seni keramik Indonesia memang belum setenar seni kontemporer lainnya. Namun, ia percaya, saat ini para keramikus Indonesia tengah belajar dan beberapa tahun mendatang, mereka akan mampu menghadirkan karya-karya. (Siti Ulfah Nurjanah)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Cinta Manusia dalam Seni Keramik
Cinta Manusia dalam Seni Keramik
http://1.bp.blogspot.com/-3NhEZyC8gDI/UPUcOM0Ia3I/AAAAAAAAAWc/4KHMBFoUbYc/s400/seorang+pengunjung+sedang+mengamati+seni+keramik+karya+chitaru+kawasaki+di+gedung+c+galeri+nasional+indonesia+kamis+410.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-3NhEZyC8gDI/UPUcOM0Ia3I/AAAAAAAAAWc/4KHMBFoUbYc/s72-c/seorang+pengunjung+sedang+mengamati+seni+keramik+karya+chitaru+kawasaki+di+gedung+c+galeri+nasional+indonesia+kamis+410.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/10/cinta-manusia-dalam-seni-keramik.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/10/cinta-manusia-dalam-seni-keramik.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago