Archive Pages Design$type=blogging

Biaya Kursus Bahasa Perancis Mahal


Sejumlah mahasiswa UIN keluhkan mahalnya biaya kursus Bahasa Perancis yang diselenggarakan Institut Francais Indonesia (IFI) di Gedung Pusat Budaya dan Bahasa UIN Jakarta. Mahalnya biaya tersebut mengakibatkan kursus Perancis ini tidak bisa dinikmati seluruh mahasiswa UIN
 Salah satunya Muhammad Sazali, Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora. Menurutnya, biaya kursus Bahasa Perancis ini belum cocok dengan kantong mahasiswa. Terlebih, saat biaya tersebut dikomparasikan dengan gratisnya biaya kursus bahasa asing lain yang ada di UIN.

Sazali menuturkan, biaya kursus yang mencapai angka minimal Rp2 juta hanya untuk satu level ini jelas memberatkan mahasiswa, terutama saat pembayarannya tidak dapat diangsur. “Sangat disayangkan, mengingat kursus Bahasa Turki  di UIN saja dapat dinikmati secara gratis, padahal level kursusnya berkelanjutan dan intensif,” tegasnya, Senin (17/9).

Sazali menambahkan, seharusnya Memorandum of Understanding (MoU) yang disepakati IFI, sebagai institusi di bawah Kedutaan Besar Perancis dapat meringankan mahasiswa. Dengan banyaknya mahasiswa UIN yang tertarik pada kursus ini, semestinya biaya kursus ini  digratiskan.

“Bila tidak dapat digratiskan, paling tidak biaya kursus ini bisa diminimalisir atau cara pembayarannya bisa diangsur.  Kalau dicicil kan tidak  terlalu memberatkan, “ tuturnya.

Menanggapi hal ini, Muhammad Zuhdi, Kepala Pusat Budaya dan Bahasa UIN Jakarta mengakui, Secara absolut, sejumlah kisaran harga itu ditetapkan sepenuhnya oleh IFI. “IFI yang menentukan tarif harga, kita menerima saja dan hanya dapat bernegosiasi mengenai harga khusus untuk mahasiswa,” jelasnya.

Zuhdi menjelaskan, pihaknya telah berusaha agar kursus ini dapat dinikmati secara gratis oleh seluruh mahasiswa UIN atau minimal biaya kursus dapat dicicil. Terlebih mengingat fasilitas gedung telah diberikan secara cuma-cuma oleh UIN. Namun menurut Zuhdi, IFI tetap enggan untuk  memenuhi permintaan itu lantaran pertimbangan upah pengajar dan sarana pengajaran  yang mahal.

Ia menambahkan, kompensasinya IFI akan menyelenggarakan berbagai kegiatan berkaitan dengan bidang akademik dan kebudayaan secara gratis di UIN. Seperti pengiriman researcher (peneliti) Perancis ke UIN, pertunjukan budaya, hingga kesempatan untuk mahasiswa UIN yang mengkuti kursus tersebut untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Perancis gratis. “Jadi kompensasinya dari kerjasama ini bukan dalam bentuk penggratisan biaya kursus untuk mahasiswa UIN,” tegasnya.

Mengenai biaya kursus yang dianggap mahal, Zuhdi menuturkan, itulah yang telah ditetapkan IFI. “Jadi bila ada permasalahan dan keberatan mengenai jadwal, biaya dan permohonan angsuran, silahkan kirim surat tertulis ke Pusat Bahasa. Sehingga, kami dapat mempertimbangkan dan membicarakannya dengan IFI,” tegasnya.

Hal senada disampaikan Syarah H. Andriani, Penanggung Jawab Administrasi IFI-Wijaya. Ia mengatakan, penetapan prosedur pembayaran dan jumlah biaya kursus Bahasa Perancis di UIN diambil melalui peraturan Kursus Bahasa Perancis IFI di tempat lain. Namun, dengan adanya MoU ini, IFI bersedia memberikan potongan biaya kursus sebesar 10% untuk mahasiswa UIN.

Syarah menambahkan, pada awalnya sejumlah biaya tersebut memang tidak dapat dibayar dengan cara angsuran. Tetapi saat ini, dengan mempertimbangkan permintaan pihak Pusat Bahasa, akhirnya IFI memutuskan untuk dapat memberikan keringanan berupa angsuran sebanyak dua kali untuk pembayaran kelas ekstensif. “Sampai saat ini, melalui berbagai pertimbangan, pembayaran kelas ektensif saja yang dapat dicicil,” tegasnya, Rabu (26/9).

Terkait pembatasan angsuran ini, Syarah menjelaskan, pihaknya tidak dapat menurunkan atau memberikan izin pembayaran angsuran untuk semua tipe kelas lantaran angka yang telah ditetapkan IFI ini diawasi langsung oleh IFI di Perancis. Oleh karena itu, bila penetapan peraturan keuangan dirubah secara signifikan, maka itu akan mempersulit birokrasi ke bagian keuangan IFI di Perancis.

Kursus gratis

Kursus Bahasa Perancis ini bukanlah kursus bahasa pertama yang ada di UIN. Sebelumnya ada kursus bahasa Persia yang diadakan empat tahun lalu atas kerjasama Pihak UIN dan Fakultas Ushuludin dengan Kedutaan Besar Iran. Namun, berbeda dengan kursus bahasa Perancis yang dikenakan sejumlah biaya, kursus bahasa Persia ini  tidak dipungut bayaran apapun.

M. Zuhdi Zaini, Iranian Corner Se-Indonesia, mengatakan, sebagai salah satu kegiatan di Iranian Corner, kursus bahasa ini disponsori langsung  Kedubes Iran untuk seluruh mahasiswa UIN Jakarta dalam rangka perkenalan dan pertukaran budaya.

Native speaker dan bahan ajar juga disediakan oleh Kedubes Iran, sehingga mahasiswa tidak perlu membayar. Sejumlah mahasiswa UIN pun sudah ada yang diberangkatkan ke Iran untuk mempelajari bahasa Persia secara langsung,” kata Zuhdi, Rabu (19/9).

Kursus Bahasa Turki juga menjalankan pola serupa. Diadakan sejak tahun 2009, kursus ini diselenggarakan atas kerjasama UIN dengan Fethullah Gulen Chair. Membawa misi untuk memajukan ilmu pengetahuan dan kebudayaan serta menyediakan sejumlah pengajar native berkualitas di kursus yang dibuka untuk seluruh mahasiswa UIN ini. (Adea Fitriana)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Biaya Kursus Bahasa Perancis Mahal
Biaya Kursus Bahasa Perancis Mahal
http://1.bp.blogspot.com/-aTME4vrAUp0/UPK83mmXJ4I/AAAAAAAAAF0/ab9W9XjTJ58/s1600/foto.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-aTME4vrAUp0/UPK83mmXJ4I/AAAAAAAAAF0/ab9W9XjTJ58/s72-c/foto.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/10/biaya-kursus-bahasa-perancis-mahal.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/10/biaya-kursus-bahasa-perancis-mahal.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago