Archive Pages Design$type=blogging

Muhasabah, Antisipasi Tindak Asusila


UIN Jakarta, INSTITUT- Sebagai bentuk antisipasi tindak asusila, Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) mengadakan kegiatan muhasabah dalam agenda OPAK. Acara tersebut sudah berlangsung selama 5 tahun berturut-turut, kini diadakan lagi di masjid Student Center (SC) UIN Jakarta. Acara tersebut dihadiri Dekan FSH beserta jajarannya pada Jumat (31/8).

Moh. Tohir, ketua pelaksana OPAK FSH mengatakan, kegiatan muhasabah berawal dari kegelisahan dekan terhadap mahasiswanya. “Mahasiswa FSH tidak cukup hanya diberikan OPAK saja, karena terdapat kejadian tindak asusila yang sampai tercium di media nasional. Dan kenyataannya banyak mahasiswa FSH yang melakukannya,” jelasnya.

Acara yang diadakan pada malam hari ini bertujuan memberi bekal kepada mahasiswa agar mereka mempunyai muatan-muatan spiritual. Dalam muhasabah tersebut mahasiswa diberi nuansa atau masukan spiritual. Dari 11 fakultas, hanya FSH yang mempunyai acara muhasabah, “mungkin fakultas lain memiliki tapi format acaranya berbeda,” ucapnya.

Tohir menambahkan, muhasabah ialah menghitung atau merefleksikan diri sendiri, apa yang telah kita perbuat dan berapa amal dan dosa kita. Menurutnya, kegiatan muhasabah diadakan sebagai bentuk antisipasi dengan memberikan pembekalan spiritual.

Dalam muhasabah tersebut, juga terdapat acara penyaringan membaca Al-Qur’an. Penyaringan tersebut dilakukan untuk mengetahui mahasiswa FSH siapa yang sudah bisa membaca, belum atau bahkan sudah ahli dalam membaca Al-Qur’an.

Selain itu Tohir menjelaskan, kegiatan muhasabah dan penyaringan baca Al-Qur’an juga digabungkan dalam OPAK. Menurutnya, agar tidak mengganggu waktu mahasiswa pada saat perkuliahan karena mahasiswa FSH melaksanakan kuliah hingga Sabtu.

Salah satu Maba FSH jurusan Perbandingan Hukum (PH), Mawaddah mengatakan, dirinya belum menyiapkan mental untuk acara muhasabah, karena pemberitahuan dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF) hanya disuruh membawa Al-Qur’an, peralatan mandi dan peralatan salat tanpa mengetahui acara yang akan dilakukan dalam kegiatan muhasabah.

“Acara muhasabah ini merupakan bagian dari pembelajaran, jadi saya tidak mempermasalahkan acara yang diadakan hingga malam hari ini. Karena kita juga dilatih untuk terbiasa bagun pada malam harinya, dan saya juga sudah dapat izin dari orang tua untuk bermalam di kampus,” katanya.

Mawaddah menambahkan, dengan diadakannya muhasabah dirinya merasa senang karena menurutnya  FSH saja yang menyelesaikan OPAK lebih awal dibanding fakultas lain. “Jadi nggak apa-apa kalo digabung sama kegiatan OPAK, walaupun bermalam di kampus asal selesai cepat. Jadi saya bisa beristirahat dirumah,” tambahnya.

Berbeda dengan Miladiah, Maba FSH jurusan PH ini tidak membawa peralatan yang sudah ditentukan dari BEM FSH. “Saya tidak membawa perlengkapan untuk mandi dan Al-Qur’an, tetapi untuk izin orang tua sendiri saya sudah diperbolehkan,” ucapnya. (Sri Wahyuni, Adi Nugroho)




COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Muhasabah, Antisipasi Tindak Asusila
Muhasabah, Antisipasi Tindak Asusila
http://1.bp.blogspot.com/-qnpi2xPxSn0/UPfG1J2gKEI/AAAAAAAAArE/vqDnY6t-58o/s320/muhasabah.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-qnpi2xPxSn0/UPfG1J2gKEI/AAAAAAAAArE/vqDnY6t-58o/s72-c/muhasabah.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/09/muhasabah-antisipasi-tindak-asusila_1.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/09/muhasabah-antisipasi-tindak-asusila_1.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago