Archive Pages Design$type=blogging

Maraknya Kriminalitas, FISIP Berikan Pembekalan


UIN Jakarta, INSTITUT,  Kini, tindakan kriminalitas kian marak terjadi di kalangan masyarakat, tak terkecuali di lingkungan kampus. Oleh sebab itu, Kamis, (30/8) lalu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) memberikan materi kriminalitas dan kehidupan kota kepada para mahasiswa baru mereka.

Ketua BEM FISIP, Ardhy Dinata Sitepu mengatakan, materi ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada Mahasiswa Baru (Maba) sekaligus mencegah terjadinya tindakan kriminalitas.

Mengingat beberapa bulan lalu, ada salah satu mahasiswa FISIP yang menjadi korban pembunuhan. “Itulah sebabnya panitia mengusung tema “Kriminalitas dan Kehidupan Kota” sebagai bentuk antisipasi agar peristiwa tersebut tidak kembali terulang,” paparnya.

Ardhy berharap, materi ini bisa menjadi shock culture agar mahasiswa baru bisa cepat beradaptasi dengan kehidupan kota. Apalagi sebagian besar mahasiswa UIN Jakarta berasal dari luar daerah. Di FISIP sendiri, ada sekitar 30-40% mahasiswa baru yang berasal dari luar daerah.

Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Polisi Resort (Polres) Metro Jakarta Selatan (Jaksel), Dri Hastuti mengatakan, melalui  materi ini, ia berharap Maba mempunyai gambaran bagaimana tingkat kriminalitas di kota. Sehingga, dapat mencegah atau minimal melindungi diri mereka sendiri agar tidak menjadi korban dan pelaku kriminalitas.

Dalam acara tersebut, Dri menjelaskan beberapa gejala kriminalitas, bentuk kriminalitas, dan tempat umum yang rawan terjadi tindak kejahatan. Ia pun memberikan pencegahan dan tips-tips untuk menghindarinya.

Di tengah penjelasannya, Dri membahas tentang bentrokan yang kerap menimpa mahasiswa dan polisi. Menurutnya, polisi tidak pernah menghalang-halangi mahasiswa berdemo. “Mahasiswa bebas menyampaikan pendapat dan itu terjamin dalam undang-undang.  Tapi, polisi hanya mencegah agar tidak terjadi bentrokan atau sampai merusak fasilitas umum,” jelasnya.

Maba Jurusan Hubungan Internasional (HI), M. Teguh Waluyo Adi menilai, materi kriminalitas dan kehidupan kota ini sangat bagus. Itu juga ditunjang dengan kapabilitas polisi yang cukup mumpuni.

Teguh berharap, materi ini bisa tetap ada di OPAK selanjutnya. Terlebih bagi FISIP yang memang selalu bersinggungan dengan ilmu sosial dan politik. “Mudah-mudahan materi ini menjadi langkah awal bagi FISIP untuk mencegah dan memberantas keriminalitas khususnya di lingkup universitas,” tukasnya Kamis, (30/8).

Pada sesi tanya jawab, Maba jurusan HI, Tasya Safirah Ghassani menanyakan tentang polisi yang sering melanggar hukum. Padahal, mereka sebagai penegak hukum seharusnya bisa memberikan teladan yang baik kepada masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Dri menuturkan, polisi hanya sebagai pelaksana hukum, bukan pembuat hukum. “Jika ada polisi yang melanggar hukum, mereka akan ditindak tegas sesuai dengan proses hukum, seperti dimutasi, penurunan jabatan, bahkan, Pemecatan Dengan Tidak Hormat (PDTH),” tandasnya. (Awang, Anastasia)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Maraknya Kriminalitas, FISIP Berikan Pembekalan
Maraknya Kriminalitas, FISIP Berikan Pembekalan
https://2.bp.blogspot.com/-OstTQX4XUCc/UPf8Ldl4VCI/AAAAAAAAA3k/taMawxS3OTY/s400/akbp+dri+hastuti+sedang+memberikan+materi+tentang+kriminalitas+dan+kehidupan+kota+pada+acara+opak+fisip+di+lobi+gedung+fisip+kamis+30-8.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-OstTQX4XUCc/UPf8Ldl4VCI/AAAAAAAAA3k/taMawxS3OTY/s72-c/akbp+dri+hastuti+sedang+memberikan+materi+tentang+kriminalitas+dan+kehidupan+kota+pada+acara+opak+fisip+di+lobi+gedung+fisip+kamis+30-8.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/09/maraknya-kriminalitas-fisip-berikan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/09/maraknya-kriminalitas-fisip-berikan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago