Archive Pages Design$type=blogging

Kalacitra Gelar World Press Photo




Dewasa ini kegiatan fotografi kian diminati oleh masyarakat. Baik dari individu maupun kelompok. Hal itu disampaikan Fahmi Mubarok, ketua pelaksana seminar World Press Photo (WPP). Namun dalam hal ini, tingginya peminat fotografi tidak berbanding dengan tingginya tingkat pemahaman mereka tantang fotografi.

Hal tersebut, membuat Komunitas Mahasiswa Fotografi (KMF) Kalacitra menggelar seminar bertajuk WPP di Aula madya, Senin (17/9). Seminar yang diadakan untuk  memperingati hari jadi KMF Kalacitara ke-11 itu, menghadirkan Beawiharta, Fotografer Reuters dan Agung Rajasa, fotografer harian ANTARA, sebagai pembicara.

Seminar yang dimoderatori Didik Setiawan, ketua KMF Kalacitra, diawali oleh Beawiharta. Ia memaparkan berbagai  hasil foto yang dijuarai beberapa pemenang ajang fotografi internasional WPP. Bagi Bea, mengambil gambar melalui lensa kamera tidaklah mudah, “Apalagi untuk menjuarai suatu kompetisi yang diakui dunia,” paparnya

Ia menambahkan, seorang fotografer harus memiliki kecerdasan, agar foto yang dihasilkan berkualitas. menurutnya, syarat tersebut dinilai sangat penting, karena para juri WPP akan melihat foto yang memiliki cara berbeda dalam memvisualisasikan.

Bea menerangkan, untuk mendapatkan foto yang cerdas, seorang fotografer harus terus melatih kemampuannya. Ia menganalogikan seperti pemain sepak bola yang harus terus berlatih sebelum bertanding, agar bisa bermain dengan baik. sama halnya dengan fotografer, mereka harus terus melatih kemampuannya sebelum ‘bertanding’ untuk menghasilkan foto yang baik.

Sementara itu, Agung Rajasa, memberikan tips kepada peserta seminar, fotografer atau pewarta foto harus selalu hadir di setiap peristiwa, karena di sana banyak momen penting yang harus ditangkap, “Pewarta foto juga harus cepat tanggap dalam mereaksi dan menunggu momen, karena momen tidak bisa diulang kembali,” tegasnya.

Dalam hal ini, Bea pun setuju bahwa momen dalam sebuah peristiwa sangatlah penting. “Bahkan, seorang fotografer rela tidak makan hanya demi menunggu sebuah momen,” tuturnya sambil tersenyum di depan para peserta seminar WPP.

Agung menambahkan, saat proses mengambil gambar, jangan biarkan subjek yang akan difoto menyadari keberadaan pewarta foto. Pewarta foto harus menjaga jarak agar subjek foto bisa menyatu dengan lingkungan sekitar. “Itulah foto yang natural. Jadi, keberadaaan pewarta foto antara ada dan tiada,” ucapnya. 

Selain itu, menurut Bea ada tiga faktor yang bisa menghasilkan foto yang bagus. “Pertama, adalah teknis. Alat dan cara pemakaian menjadi salah satu faktor. Kedua, pengamatan yang baik, dan yang terakhir adalah diri kita sendiri yakni mengolah emosi dalam pengambilan gambar,” Jelasnya.

Seminar WPP disambut baik oleh para peserta, salah satunya, Baitsatul Hasanah. Pasalnya, ia baru pertama kali menghadiri seminar fotografi. “Seminar ini sangat bagus. Saya jadi banyak tahu tentang fotografi. Materi disampaikan oleh orang-orang yang memiliki kapabilitas dan pengalaman dibidangnya,” ujar mahasiswa Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDIKOM), Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). (Nur Azizah)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Kalacitra Gelar World Press Photo
Kalacitra Gelar World Press Photo
http://4.bp.blogspot.com/-bf85vkqCQBA/UPf_bS-HkmI/AAAAAAAAA4s/egDmqDI9mi4/s400/Agung+Rajasa+sedang+memberikan+materi+pada+seminar+World+Press+Photo,+Aula+Madya,+UIN+Jakarta,+Senin+(17-9).jpg
http://4.bp.blogspot.com/-bf85vkqCQBA/UPf_bS-HkmI/AAAAAAAAA4s/egDmqDI9mi4/s72-c/Agung+Rajasa+sedang+memberikan+materi+pada+seminar+World+Press+Photo,+Aula+Madya,+UIN+Jakarta,+Senin+(17-9).jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/09/kalacitra-gelar-world-press-photo.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/09/kalacitra-gelar-world-press-photo.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago