Archive Pages Design$type=blogging

Ithaf al-Dhaki: Damaikan Dua Kutub yang Berdegup



Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) menyelenggarakan launching dan bedah buku berjudul Ithaf al-Dhaki, dengan tema “Tafsir Wahdatul Wujud bagi Muslim Nusantara Jaya.” Selasa (18/9).

Acara itu diadakan dalam rangka memperkenalkan buku yang berintelektual muslim dunia  Timur Tengah dengan intelektual muslim nusantara. Bedah buku ini bertempat di Aula Student Center (SC).

Acara yang berlangsung sejak pukul 09.00-12.00 Wib, menghadirkan tiga pembicara, yaitu Oman Fathurrahman, penulis, dan dua narasumber, Azyumardi Azra direktur sekolah pasca sarjana UIN, dan Husain Muhammad  sebagai pegiat Islam progresif.

Buku ini merupakan hasil karya dari seorang sufi besar Syekh Ibrahim al-Kurani (1616-1690). Dalam penyampaiannya, Syekh al-Kurani menyebutkan beberapa sumber yang menyatakan  bahwa setiap ayat Al-Qur’an mengandung makna lahir, batin, had, dan mathla.

Dalam buku ini, Oman menyampaikan isi buku karya syeikh al-Kurani, seperti al-Kurani yang mendamaikan dua kutub ekstrim pemikiran dan masalah keagamaan: tubuh versus ruh, eksetorisme versus ekoterisme, atau dalam bahasa pesantren antara Syari’ah versus Haqiqat, Fiqh versus Tasawuf, Ahl al-Hadits versus Ahl al-Ra’y.

Kini dengan karyanya, Oman sudah berhasil menghadirkan buku manuskrip dengan format yang menarik untuk dibaca. Kehadiran buku ini pun menjadi semakin penting dalam konteks keberagaman masyarakat muslim khususnya Indonesia yang tengah diliputi berbagai konflik.

Oman menambahkan, nilai-nilai yang diangkat dari buku ini adalah nilai pluralisme beragama. Ia pun menyarankan kepada khalayak, ketika membaca buku Ithaf al-Dhaki, harus secara menyeluruh agar pesan yang diberikan sampai kepada pembaca.


Husain menuturkan, dalam hal ini ia sangat mengapresiasi karya serta usaha Oman yang begitu tekun mencari sejumlah manuskrip. Dalam karyanya, Oman pun berusaha menyidik, menerjemahkan, lalu mempersembahkan bukunya kepada khalayak.

Menurut Husain, buku ini telah lama dirindukan negeri ini. Baginya, buku ini memberikan sumbangan yang sangat berharga bagi pembentukkan tradisi keilmuan dan keberagamaan Islam di Nusantara.

Ervan Nurtawab, salah satu peserta bedah buku mengatakan, karya Oman patut dihargai dan diapresiasi, karena buku yang berjudul Ithaf al-Dhaki,  termasuk buku yang berisi bahwa muslim Asia Tenggara mempunyai hubungan keagamaan yang kuat dengan muslim di Timur Tengah. “Buku Ithaf al-Dhaki ini memberikan nilai yang mengangkat aspek toleransi, yaitu bertoleran kepada khalayak yang tidak paham akan keberagamaan.” Papar salah satu peserta.

Oman menghimbau agar mahasiswa semakin sadar bahwa buku ini menjelaskan tentang filologi yang penting sebagai sebuah metode untuk mengkaji aspek-aspek ilmu yang telah ada.  Ia pun menegaskan, banyak orang yang tidak menyukai keilmuan filologi membuatnya merasa termotivasi untuk memberikan sesuatu yang berbeda. “Saya berharap mahasiswa bisa terbuka matanya bahwa kita bisa memberikan kontribusi penting melalui filologi,” ujarnya, Selasa (18/9).(Nurmalisa)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Ithaf al-Dhaki: Damaikan Dua Kutub yang Berdegup
Ithaf al-Dhaki: Damaikan Dua Kutub yang Berdegup
http://2.bp.blogspot.com/-sQ_LU2LqurU/UPfqL0FYoII/AAAAAAAAAvU/Fwwdkb1Fe4s/s400/ithaf.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-sQ_LU2LqurU/UPfqL0FYoII/AAAAAAAAAvU/Fwwdkb1Fe4s/s72-c/ithaf.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/09/ithaf-al-dhaki-damaikan-dua-kutub-yang.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/09/ithaf-al-dhaki-damaikan-dua-kutub-yang.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago