Archive Pages Design$type=blogging

Gas Elpiji dalam Seni Instalasi



Flying success karya seni rupa kelompok hitam manis yang dipamerkan dalam Festival Salihara ke-4 Serambi Salihara, (22/9)

Sejumlah tabung gas elpiji digantung di langit-langit Serambi Salihara dengan panjang tali yang berbeda-beda. Dengan sayap fiber bening yang dihiasi aneka gambar,  koloni tabung yang disebut flying success itu seperti melayang-layang di udara.

Pertunjukan instalasi seni rupa ini bagian dari rangkaian acara Festival Salihara ke-4. Untuk seni rupa, Direktur Festival Salihara Nirwan Dewanto mengungkapkan, pertunjukan baru diadakan sejak festival ke-3. Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, festival tahun ini menyuguhkan pertunjukan-pertunjukan lintas budaya.

Flying success merupakan hasil karya dari kelompok Hitam Manis, yang beranggotakan 5 pemuda mahasiswa ISI Yogyakarta. Karya tersebut menjadi kritikan bagi pemerintah karena harga elpiji yang terus melambung. “Kebutuhan bahan bakar gas tidak terkendali. Instalasi ini menggambarkan kejenakaan dan sindiran terhadap harga elpiji yang terus meningkat,” ujar I Robet Kan, salah satu personil Hitam Manis.

Menurut Robet, tabung-tabung gas tersebut menjadi simbol pertumbuhan kebutuhan manusia. Sedangkan, sayapnya merupakan harapan untuk memulai hal yang baik.Baginya, elpiji menjadi problematika masyarakat yang tak kunjung henti. Sedangkan kebutuhan masyarakat akan elpiji terus merangkak naik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Semoga ada perubahan, semoga semua masyarakat bisa menikmatinya” harap Robet, Sabtu (22/9).

Entah apakah harga gas elpiji akan terus melambungkan naik, atau akan turun di titik yang diinginkan masyarakat. Menurut Lestari Budi Utami, salah satu pengunjung pameran, jika sekilas melihat, ia tak dapat mengetahui makna yang tersirat dalam karya instalasi itu.

Namun, mereka mengakui karya kelompok hitam manis sangat kreatif, “Bagus karena salah satu media untuk masyarakat memberi kritik-kritik untuk  pemerintah. Menurut saya, komunitas-komunitas seperti ini harus memperkaya karya-karyanya,” ujar Lestari.

Hal yang sama diungkapakan Mimi Silvia. Baginya, cara mengkritisi pemerintah seperti ini lebih dapat diterima dan bermanfaat. “ Ini sesuatu yang unik, daripada mahasiswa aksi mulu, aksinya pun nggak dapat apa-apa, cuma bikin macet. Mending seperti ini, ada seninya yang bisa dinikmati orang,” katanya.
Nirwan mengungkapkan, semua pertunjukan merupakan bagian dari lintas budaya. “ Kita memiliki pertunjukan yang eksperimental dan juga komunikatif. Hal itu penting karena penonton menginginkan sesuatu yang lebih,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, setiap tahunnya para pengunjung selalu tampak antusias. Mereka terus berdatangan, baik dari luar negeri maupun dalam negeri, termasuk undangan dari kalangan selebritis tanah air. Semakin larut malam, Serambi Salihara  makin bising karenanya.

Sorak-sorai pun terdengar ketika Kunokini, salah satu grup band pembuka pameran membawakan beberapa lagu andalan mereka. Para pengunjung terlihat bergoyang mengikuti vokalis dan terus menyanyikan lagu dalam lirik bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, dan daerah lainnya. Grup band yang konsen pada etnik-eksperimental ini mengandalkan bunyi aneka perkusi dari Nusantara dan dunia.

Festival internasional dua tahunan ini melibatkan sekitar 13 grup seniman dari berbagai negara. Tahun ini, negara yang terlibat di antaranya Indonesia, Australia, Belanda, Kanada, dan Spanyol. Festival ini akan berlangsung selama satu bulan, mulai dari 22 September hingga 24 Oktober 2012.(Karlia zainul)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Gas Elpiji dalam Seni Instalasi
Gas Elpiji dalam Seni Instalasi
http://2.bp.blogspot.com/-PuVDwV-venw/UPURiONQmKI/AAAAAAAAAS8/EuTXEcTdVb4/s400/flying+success++karya+seni+rupa+kelompok+hitam+manis+yang+dipamerkan+dalam+festival+salihara+ke-4++serambi+salihara+22.9.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-PuVDwV-venw/UPURiONQmKI/AAAAAAAAAS8/EuTXEcTdVb4/s72-c/flying+success++karya+seni+rupa+kelompok+hitam+manis+yang+dipamerkan+dalam+festival+salihara+ke-4++serambi+salihara+22.9.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/09/gas-elpiji-dalam-seni-instalasi.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/09/gas-elpiji-dalam-seni-instalasi.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago