Archive Pages Design$type=blogging

Eksotisme Pacu Jawi dalam Fotografi

Percikan lumpur nan eksotis pada pagelaran pacu jawi tergambar indah di setiap hasil bidikan kamera. Adu balap segerombol sapi yang disebut jawi dalam bahasa Minang dalam melintasi sawah yang basah dan berlumpur membuat efek di dalam setiap foto yang tercipta. Inilah yang ditampilkan dalam pameran fotografi Pacu Jawi, permainan adu kecepatan jawi khas anak nagari di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Dengan menampilan kesederhanaan dan kemeriahan khas permainan anak desa, lebih dari 52 foto karya sejumlah fotografer ini ditampilkan di Gedung Bentara Budaya, Palmerah, Jakarta Selatan. Pameran foto bertajuk “Pacu Jawi, Kuliner dan Pesona Wisata” ini resmi digelar pada Kamis (20/9) oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (BUDPARPORA) Kabupaten Tanah Datar.

Pameran yang berlangsung hingga 24 September ini menjadi salah satu sarana pengenalan pariwisata di Kabupaten Tanah datar, khususnya tradisi pacu jawi. Permainan yang telah menjadi tradisi sejak ratusan tahun silam ini memang sangat lekat dengan kabupaten tersebut. Tidak hanya menampilkan kemeriahan pacuan sapi di tengah sawah, kegiatan pacu jawi juga dibarengi oleh keriuhan pawai dan juga kesibukan saat mendandani sapi sebelum berpacu.

“Kabupaten kami tidak memiliki tambang dan sektor-sektor lainnya. Untuk itu, sudah sepatutnya kita membanggakan dan melestarikan sektor pariwisata di Kabupaten Tanah Datar ini,” tutur Marwan, Kepala Dinas BUDPARPORA yang juga menjadi Ketua Pelaksana pameran ini.

Marwan menjelaskan, tradisi pacu jawi di Kabupaten Tanah Datar ini unik dan pantas dipamerkan.  Menurutnya, pacu jawi berbeda dari kegiatan karapan sapi di daerah lain. Salah satunya, dalam pacuan jawi, sapi-sapi tidak dikendalikan melalui tali kekang pada lehernya. Namun, sang joki mengendalikan sapi-sapinya dengan cara mengigit buntutnya.

Ia menambahkan, pacu jawi juga memiliki keunikan lantaran memiliki nilai filosofis yang mendalam. Menjadi yang tercepat bukanlah satu-satunya penentu kemenangan dalam lomba pacuan sapi ini. Namun, salah satu syaratnya ialah sepasang sapi yang berpacu bersama itu harus berjalan lurus untuk mencapai garis finish. Inilah yang terkadang membuat perayaan ini sangat dinanti oleh warga Tanah Datar.

Seringkali, sapi-sapi ini justru membelok dan menabrak satu sama lain. Namun menurut Marwan, karena keunikan itulah, pacu jawi berhasil mengundang perhatian lebih dari 300 fotografer lokal dan mancanegara berlomba untuk mendapatkan gambar terbaiknya di setiap pagelaran tradisi ini dilaksanakann. “Kini kami telah menyeleksi sejumlah foto terbaiknya untuk dipamerkan pada pagelaran foto Pacu Jawi ini,” tambah Marwan.

Tidak hanya menampilkan keindahan karya fotografi seputar kegiatan pacu jawi, acara pameran ini juga menyuguhkan sejumlah kerajinan tangan dan produk kuliner khas Tanah Datar. Sejumlah masyarakat Minang kelahiran Tanah Datar pun hadir memenuhi setiap sudut di tempat acara ini berlangsung. “Selain misi pariwisata, kami juga menjadikan momen ini sebagai ajang silaturahmi orang-orang berdarah Tanah Datar, baik perantau maupun non-perantau,” tandas Marwan.

Suci Aprilia, wanita berdarah Tanah Datar yang menjadi pengunjung pameran mengungkapkan kekagumannya. Ia menuturkan, kolaborasi budaya dan fotografi ini sangat apik dalam memperkenalkan pariwisata Tanah Datar. “Pacu jawi ini unik dan tidak dapat dilihat setiap hari. Untuk itu, saya sangat tertarik untuk datang pada acara pameran ini. Selain itu, momen ini juga menjadi kesempatan untuk bertemu dengan sesama keturunan Tanah Datar,”tuturnya.    (Adea Fitriana)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Eksotisme Pacu Jawi dalam Fotografi
Eksotisme Pacu Jawi dalam Fotografi
http://1.bp.blogspot.com/-FqN3qZcQ7nk/UPKtdgRt7BI/AAAAAAAAADg/n4o4qqtRwCY/s320/pacu+jawi.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-FqN3qZcQ7nk/UPKtdgRt7BI/AAAAAAAAADg/n4o4qqtRwCY/s72-c/pacu+jawi.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/09/eksotisme-pacu-jawi-dalam-fotografi.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/09/eksotisme-pacu-jawi-dalam-fotografi.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago