Archive Pages Design$type=blogging

Waktu Pelaksanaan OPAK kurang, FISIP tambah durasi


Gedung FISIP UIN Jakarta
Melalui hasil rapat pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) pada Selasa (24/7), memutuskan adakan tambahan waktu satu hari pada saat Orientasi Pengenalan Akademik (OPAK) FISIP 2012 mendatang. Ini dilakukan demi memenuhi permintaan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP yang menuntut diseleggarakannya kegiatan berorientasi kemahasiswaan di luar orientasi akademik yang ditetapkan pihak Universitas.

Hal ini dikemukakan Pembantu Dekan (Pudek) Bidang Kemahasiswaan FISIP, Ahmad Abrori. Ia  mengatakan, awalnya BEM menuntut pelaksanaan OPAK selama empat  hari dengan dua hari masa orientasi resmi yang dijadwalkan universitas, yaitu 29-30 Agustus dan selebihnya untuk kegiatan kemahasiswaan. Namun hal tersebut tidak dapat terpenuhi lantaran di hari ketiga pelaksanaan OPAK, fakultas memutuskan untuk mengadakan tes penempatan (placement test).

Melalui hasil putusan rapat, setiap fakultas telah ditetapkan untuk menjalani OPAK selama dua hari. Untuk memenuhi ketetapan itu, Abrori menyatakan untuk tetap melaksanakan orientasi resmi selama 2 hari. “Dengan mengoptimalkan dana yang ada, hari keempat tanggal 1 September, diadakan kegiatan non-orientasi BEM,” ujarnya

Tuntutan tersebut lahir dari kekecewaan BEM FISIP beserta struktur kepanitian OPAK FISIP lantaran konsep OPAK berdurasi empat hari yang telah dirancang sejak dua bulan lalu terancam gagal dijalankan. Hal ini terjadi sebab konsep tersebut berbenturan dengan ketetapan pihak universitas atas durasi OPAK selama dua hari yang baru ditetapkan pada Rapat Persiapan OPAK, Jum’at (13/7).

Muhammad Rafsanjani, Ketua Pelaksana OPAK FISIP 2012 menuturkan, dua bulan lalu Abrori menginstruksikan BEM agar membentuk panitia OPAK. Meski belum ada rujukan resmi dari hasil keputusan rapat persiapan OPAK di pusat, konsep matang selama empat hari pun telah dipersiapkan. Namun, hal ini justru merugikan panitia yang telah bekerja keras menggarap konsep acara lantaran belum adanya dasar resmi mengenai teknis pelaksanaan OPAK.

“Kami perjuangkan ini karena semua acara yang kami rancang telah terkonsep untuk memberi apa yang dibutuhkan mahasiswa, terutama yang tidak didapat mahasiswa melalui proses akademik di kampus. Jika konsep ini terhapuskan tentu sangat merugikan mahasiswa dan juga panitia, utamanya di sisi material, waktu, serta performa panitia,” tegasnya.

Menanggapi hal itu, Abrori mengungkapkan persiapan kepanitiaan OPAK sebelum adanya rapat terpusat, merupakan langkah agar acara tersebut dapat terlaksana dengan matang. Namun, ketika peraturan OPAK bergulir dan konsep acara justru berbenturan dengan kesepakatan pusat, pihak fakultas mempertimbangkan kerja BEM dan segenap panitia yang telah mengkonsep acara dengan baik.

“Dengan sejumlah pertimbangan itulah, pada akhirnya pihak fakultas berkenan untuk mengalokasikan waktu untuk kegiatan BEM pada hari keempat,” tuturnya.

Saat dikonfirmasi pendapatnya mengenai pelaksanaan OPAK berdurasi lebih, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Sudarnoto Abdul Hakim mengatakan, setiap fakultas diperbolehkan untuk menambah durasi masa perkenalan dan orientasi di luar durasi formal yang telah ditetapkan kampus, tetapi tidak akan ada penambahan pasokan dana untuk untuk itu.

Terkait tuntutan mahasiswa yang disebabkan inkorelasi durasi teknis acara, ia menjelaskan, sebaiknya perencanaan konsep OPAK di fakultas ini harus mengacu kepada keputusan rapat pusat agar tidak terjadi benturan antara keputusan rapat dengan konsep acara yang telah dipersiapkan.

Dengan putusnya ketetapan ini, Rafsan mengaku sedikit terpuaskan lantaran konsep yang panitia buat tidak menjadi sia-sia. Meskipun begitu kepanitian tetap melakukan perombakan susunan acara sebab harus merujuk susunan yang telah ditetapkan fakultas. “Saat ini kami sedang menunggu rampungnya rundown acara fakultas, agar bisa kami gunakan sebagai acuan perumusan susunan acara,” tandasnya. (Adea Fitriana)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Waktu Pelaksanaan OPAK kurang, FISIP tambah durasi
Waktu Pelaksanaan OPAK kurang, FISIP tambah durasi
http://3.bp.blogspot.com/-dy-nJ4YoJzU/UPLA9iTFy2I/AAAAAAAAAGk/3vPmC7cMrpk/s320/gedung+fisip+uin+jakarta.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-dy-nJ4YoJzU/UPLA9iTFy2I/AAAAAAAAAGk/3vPmC7cMrpk/s72-c/gedung+fisip+uin+jakarta.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/08/waktu-pelaksanaan-opak-kurang-fisip.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/08/waktu-pelaksanaan-opak-kurang-fisip.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago