Archive Pages Design$type=blogging

Mengenal Umar Bin Khattab Melalui Film





UIN Jakarta, INSTITUT- Dalam rangka mengapresiasi film yang bertajuk “Omar: Umar Bin Khattab, Tauladan Pemimpin Umat”, Center For Islamic Economics Studies (COINS) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) dan Komunitas Pecinta Kebudayaan Islam Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) bekerjasama dengan MNC TVmenggelar nonton bareng dan diskusi bedah film pada Kamis (2/8).

Acara yang diadakan di Ruang Teater Lantai 4 itu diawali sambutan dari Direktur Program dan Produksi MNC TV, Endah Hari Utari dan Dekan FAH, Abdul Wahid Hasyim. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemutaran salah satu episode Film “Omar”. Episode tersebut menayangkan kisah dramatis saat Umar Bin Khattab memilih menjadi seorang muslim.

Lebih jauh lagi, episode itu juga menayangkan cerita ketika Umar Bin Khattab berdakwah menyebarkan Agama Islam paska menjadi muslim. Penayangan episode tersebut mampu membuat beberapa penonton bedah film menangis karena terharu. “Episode ini juga merupakan salah satu episode dengan rating tertinggi,” jelasUtari.

Sesudah pemutaran film, acara dilanjutkan dengan diskusi mengenai film dan tokoh Umar Bin Khattab sendiri. Diskusi yang dimoderatori Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaaan FSH, JM Muslimin menampilkan Endah Hari Utari sebagai pembicara pertamanya.

Utari yang juga mengagumi film “Omar” ,mengatakan film ini merupakan hasil garapan scientific Islam dunia yang menghabiskan biaya produksi hampir mencapai 200 miliyar dan melibatkan ratusan aktor. Tidak hanya itu, pembuatan film juga diawasi langsung oleh ulama-ulama besar dunia. “Subhanallah, ada orang muslim yang sangat serius membuat film tentang keteladanan Umar Bin Khattab,kita merasa ini harus diapresiasi dengan baik,” ungkapnya.

Ia juga menginginkan Film “Omar” dapat menjadi tontonan yang bisa menjadi tuntunan. Kepemimpinan Umar Bin Khattab yang sudah tidak diragukan lagi diharapkan mampu menginspirasi para penonton film ini. “Khusunnya untuk para generasi muda,” tambahnya.

Pembicara selanjutnya Thoriq Fikri Al Katsiri atau lebih dikenal dengan sebutan Syeh Thariq yang juga merupakan narrator pada awal dan akhir Film “Omar” mengatakan, seseorang yang mendengar kisah Umar Bin Khattab pasti akan tersentuh. “Apalagi, kalau kisahnya difilmkan,” tambah pria yang mengaku pernah menangis saat menonton Film ini.

Bertindak sebagai pembicara ketiga, Pakar Sejarah Islam, Abdul Wahid Hasyim mengutarakan kebahagiannya akan hadirnya film yang bertajuk ketokohan Islam seperti Film”Omar”.

Ia juga memaparkan, Umar Bin Khattab merupakan salah satu tokoh yang keislamannya pernah didoakan oleh Rasulullah SAW. Saat itu Rasulullah SAW menilai kekuatan dan potensi yang dimiliki Umar Bin Khattab akan mampu menambah kemuliaan Islam.

Prediksi Rasulullah terbukti benar saat Umar Bin Khattab menjadi khalifah. Pada saat itu, Islam mengalami perkembangan yang luar biasa. “Maka wajar kalau Harun nasution mengatakan, pada masa Umar lah terjadi ekspansi global pertama,” tambahnya.

Ia juga mengatakan, selain bergelar khalifah yang tidak hanya berperan sebagai pemimpin pemerintahan dan pemimpin keagamaan, Umar Bin Khattab, seperti juga sahabat Rasulullah lainnya memiliki gelar Radhiallahu ‘anhu. Umar Bin Khattab pun, dikenal sebagai Amirul Mukminin atau pemimpin perang yang hebat, tambah Wahid.

Pembicara terakhir,  Marissa Haque, sineas sekaligus politikus berpendapat, film “Omar” selain telah memenuhi semua lininya dengan keislaman yang baik, juga terlihat baik jika ditinjau dari sisi sinematografi. “Jangan salah, film ini menggunakan pendekatan Hollywood loh,” tutur Ica yang mengaku penggemar Umar Bin Khattab.

Acara yang ditutup dengan buka bersama, diapresiasi dengan baik oleh Elvi Sumarni, salah satu peserta acara Bedah Film Omar dari FAH. Menurutnya, kisah keteladanan dan sejarah akan lebih melekat di benak umat jika difilmkan, seperti pada Film “Omar”. “Terus juga cocok sekali ditayangkan di BulanRamadhan,” ucapnya. (Siti Ulfah Nurjanah)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Mengenal Umar Bin Khattab Melalui Film
Mengenal Umar Bin Khattab Melalui Film
http://3.bp.blogspot.com/-kZ8xK9oAODc/UPPnFO6VneI/AAAAAAAAAJk/dwWTHt0lk7g/s400/Foto+Umar.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-kZ8xK9oAODc/UPPnFO6VneI/AAAAAAAAAJk/dwWTHt0lk7g/s72-c/Foto+Umar.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/08/mengenal-umar-bin-khattab-melalui-film_14.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/08/mengenal-umar-bin-khattab-melalui-film_14.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago