Archive Pages Design$type=blogging

Menelusuri Pemikiran B.J Habibie



Judul: Jejak Pemikiran B.J. Habibie: Peradaban Teknologi Untuk Kemandirian Bangsa
Penulis: Bacharuddin Jusuf Habibie
Penerbit: Mizan Pustaka
Isi: 350 halaman
Terbit: I, November 2010
ISBN: 978-979-433-605-2

“Bila kita berbicara tentang teknologi canggih, bukan teknologi canggih yang kita kejar. Salah kalau dikira bahwa saya sebagai seorang insinyur kebetulan ahli konstruksi pesawat terbang hanya cinta teknologi canggih.

Karena itu, apakah lantas hanya teknologi canggih yang ingin dikembangkan, dan hanya itu yang disasari untuk pembangunan bangsa? Itu tidak benar, yang saya sasari adalah proses nilai tambah”.

 Masa bakti Bacharuddin Jusuf Habibie di Indonesia memang telah berakhir, namun hingga kini figur dan pemikirannya masih dikenal oleh berbagai kalangan.Berbicara sosok yang mampu membuat Indonesia memiliki pesawat terbang sendiri ini, berbicara pula tentang pemikiran genius dan teknologi, seperti pada buku Jejak Pemikiran B.J. Habibie: Peradaban Teknologi Untuk Kemandirian Bangsa.

Buku ini merupakan representasi dari gagasan-gagasan Habibie selama menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek). Tak terbatas hanya pada pemikiran, Habibie juga mampu merealisasikannya sebagai pengabdian untuk bangsa.

Dalam buku ini dijelaskan, teknologi berperan penting dalam pembangunan suatu bangsa. Terlebih jika yang dibicarakan adalah pembangunan di bidang industri. Industri tanpa teknologi adalah omong kosong, dan teknologi tanpa industri ibarat menempatkan air di tempat berlubang.

Lebih jauh lagi, Habibie juga memaparkan pembangunan erat kaitannya dengan sistem perekonomian. Menurut hasil kajiannya, B.J Habibie melalui buku ini mengatakan bahwa perekonomian yang dikelola secara baik adalah perekonomian di mana nilai tambahnya selalu lebih tinggi daripada biaya tambah.

Untuk mewujudkan sistem perekonomian seperti itu, B.J Habibie mengutarakan, pengelolaan dibidang industri membutuhkan peran teknologi. Negara-negara yang terkenal karena industrinya berhasil membuktikan bahwa teknologilah yang membantu mereka.

Karenanya, dalam buku ini, B.J Habibie juga mengatakan, pengembangan ilmu pengetahuan untuk pembangunan guna mencapai sistem perekonomian yang berdaya saing internasional sangatlah diperlukan. Dengan adanya alat-alat berteknologi tinggi, industri yang menghasilkan produk-produk berkualitas secara efesienpun akan terwujud.

Tak hanya untuk alat-alat untuk industri, teknologi juga dapat diterapkan untuk pembangunan di bidang pertanian. Sehingga, ketika pembangunan industri  mulai berkembang, Indonesia tidak perlu kehilangan jati dirinya sebagai negara agraris.

Buku yang berisikan 350 halaman ini juga menerangkan, pengembangan teknologi tidaklah semata hanya untuk memperoleh nilai tambah dalam industri. Arti penting lainnya adalah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.Dengan perpaduan industri berdaya saing internasional, sistem perekonomian yang efesien dan SDM yang berkompetetif, pelan tapi pasti, menurut Habibie, Indonesia akan mampu menunjukan eksistensinya di kancah dunia.

Terdiri dari 19 bab, buku yang disunting oleh Andi Makmur Makka ini merujuk pada pidato, makalah, dan pengarahan lisan Habibie selama menjabat sebagai Menristek.

Meski begitu, pemaparan dalam buku ini tidak disampaikan dengan bahasa yang ringan. Adanya table dan gambar yang bertujuan untuk mempertajam penjelasan, justru terkadang membuat pembaca semakin bingung. Selain itu, penulisan kalimat yang tidak simple juga tidak jarang memaksa pembaca untuk membaca ulang agar dapat mengerti.

Memang telah banyak buku yang membahas mengenai B.J Habibie, namun dalam buku ini hanya menelisik pemikirannya selama menjabat selama menjabat sebagai menteri di zaman orde baru saja.

Adapun maksud terdalam kehadiran buku ini hanya penulis yang mengetahuinya. Apakah untuk menyindir pemerintahan saat ini akan betapa pentingnya teknologi untuk pembngunan. Atau, untuk mewariskan pemikiran Habibie untuk generasi selanjutnya. Namun, yang pasti buku ini dapat menambah khazanah bacaan untuk bangsa. (Siti Ulfah Nurjanah)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Menelusuri Pemikiran B.J Habibie
Menelusuri Pemikiran B.J Habibie
http://4.bp.blogspot.com/-y9PVghU6xFw/UPPhbdgGRII/AAAAAAAAAIE/flkZAYDN74c/s320/buku+b.j+habibie.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-y9PVghU6xFw/UPPhbdgGRII/AAAAAAAAAIE/flkZAYDN74c/s72-c/buku+b.j+habibie.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/08/menelusuri-pemikiran-bj-habibie.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/08/menelusuri-pemikiran-bj-habibie.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago