Archive Pages Design$type=blogging

Lingustik dan Kritik Sastra Strukturalisme


Judul          : Saussure untuk Sastra Sebuah Metode Kritik Sastra Struktural
Penulis      : Rh. Widada
Penerbit    : Jalasutra Anggota IKAPI
Softcover  :  106 halaman
Bahasa     : Indonesia
ISBN         : 979602-8252-20-1

Sebagai bapak linguistik modern sumbangan besar Ferdinand de Saussure bagi linguistik adalah, kemampuan untuk memberikan batasan mengenai objek linguistik. Melalui pendekatan yang efektif, sehingga memperoleh pengetahuan mengenai bahasa, dan merumuskan prinsip-prinsip mengenai bahasa dengan tepat.

Sehingga model penjelasan Saussure terhadap bahasa nyatanya dapat dipergunakan untuk melihat gejala-gejala dan fakta sosial yang terjadi di sekitar masyarakat. Karena diantara banyak berbagai sistem tanda, bahasa merupakan sistem tanda yang paling penting dan mendasar.

Perkembangan pemikiran metode penelitian sastra cenderung lambat karena masalah mendasar seperti kelemahan dalam merumuskan pengertian sastra. Padahal kemampuan merumuskan pengertian sastra sebagai objek kajian ilmu yang mencangkup segala aspek bagian dari kesastraan sangat berpengaruh dalam perkembangan sastra.

Dimana sebuah sastra struktural merupakan sebuah upaya membangun sebuah metode dalam kritik sastra struktural di tengah keadaan berbelitnya sebuah teori. Dengan mengambil langsung teori linguistik Saussure memperlihatkan keistimewaan pemikiran struktural yang memang telah memberikan sumbangan besar dalam metode penafsiran kebudayaan terutama dalam bidang metode kritik sastra.

Pada hakikatnya strukturalisme mengansumsikan dunia natural maupun kultural selalu hadir di hadapan manusia sebagai suatu bangunan makna-makna. Jadi, makna-makna itu tersedia bagi manusia sebagai sumber struktur-struktur yang tertata menjadi orientasi gerak manusia yang menghasilkan makna menurut struktur yang ada.

Buku yang sangat penting terutama bagi kalangan akademisi di bidang Kesusastraan Indonesia yang berisikan tantang bagaimana cara melakukan kritik sastra struktural dengan baik dan dapat dipertanggung jawabkan. Dimana bagi kalangan mahasiswa buku ini sangat penting untuk membuat tugas akhir skripsi.

Didalam buku ini ingin meluruskan pemahaman yang memang sudah melenceng terlampau jauh. Strukturalisme sebagai pemikiran yang kabur, menjadi sulit untuk dipahami, dan jadilah sebuah pemikiran yang banyak dipahami dan disalahpahami. Kerancuan permasalahan pahan strukturalisme diantaranya :

Kesalahan dalam membuat atau mengkritik sastra yang mengakui sebagai aliran strukturalisme, kebanyakan hanya menangkap ide-ide yang paling umum dari aliran ini. Kemudian menerapkannya tanpa penalaran yang jelas menunjukkan ciri khas dari aliran struktural sendiri, tanpa mempertanggung jawabkan alasan yang cukup jelas mengapa mengaitkan struktural dengan karya sastra individual.

Yang lebih memprihatinkan lagi kritik sastra struktural dianggap hanya berputar-putar pada masalah unsur instristik pada sebuah karya. Kritik sturktural dipahami hanya meninjau karya sastra untuk dan di dalam karya sastra itu sendiri, yang menemui kebuntuan dalam melakukan sebuah analisis karya menggunakan struktural.

Tetapi di dalam buku ini menjelaskan secara detail mengenai prinsip-prinsip Saussure. Salah satunya, mengenai langue sebagai fakta sosial, yang memerlukan suatu perintisan secara lebih jelas, mendalam dan bertanggung jawab untuk membuat pendekatan dalam pandangan strukturalisme.

Dengan mengambil inspirasi dari lingustik Saussure akan menemukan fondasi teoritik yang kuat, untuk menjadikan sebuah metode pada aliran strukturalisme yang dianutnya. Berangkat dari asumsi-asumsi struktural, seperti adanya makna utama atau rujukan dari sebuah dunia, heirarki, dan tentu saja jalinan yang menyatukan semua itu.

Sebuah penjelasan dan penalaran secara struktural adalah sebuah pembukaan lahan yang memungkinkan teori juga kajian postsrtuktural mendekonstruksikan suatu hal dengan baik. Tentu saja, harus ada sebuah konstruksi terlebih dahulu sebelum adanya dekontruksi. Maka, metode kritik sastra struktural masih tetap dapat memberikan manfaat yang besar dalam kajian sastra. (Adi Nugroho)


COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Lingustik dan Kritik Sastra Strukturalisme
Lingustik dan Kritik Sastra Strukturalisme
http://2.bp.blogspot.com/-e0hLHfB8FVs/UPe-o_7ukVI/AAAAAAAAAqk/o48U5rYhE0M/s400/pedagogis.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-e0hLHfB8FVs/UPe-o_7ukVI/AAAAAAAAAqk/o48U5rYhE0M/s72-c/pedagogis.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/08/lingustik-dan-kritik-sastra.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/08/lingustik-dan-kritik-sastra.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago