Archive Pages Design$type=blogging

Kemitraan Lintas Agama dalam Penanggulangan Bencana


Pada 8 Desember 2011 lalu,  telah diadakan workshop bertema Kemitraan Lintas Agama Bagi Pembangunan Sosial dan Upaya Bantuan Kemanusiaan oleh Kelompok Lokal dan Agen Internasional di Indonesia. Workshop tersebut berlangsung di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta atas kerjasama dengan University of News South Wales (UNSW).


Workshop tersebut dihadiri oleh perwakilan dari berbagai lembaga-lembaga sosial keagamaan. Di dalamnya lebih banyak membahas upaya yang telah dilakukan lembaga-lembaga kemanusiaan yang dikelola oleh kelompok-kelompok sosial keagamaan dalam menanggulangi korban-korban bencana


Seperti yang kita tahu, letak geografis Indonesia memiliki banyak potensi bencana, khususnya bencana alam terbilang besar. Indonesia berada di kawasan yang rawan terkena gempa karena berada di antara pertemuan sejumlah lempeng tektonik besar dan aktif bergerak. Daerah rawan gempa mulai dari batas lempeng tektonik Australia dengan Asia, lempeng Asia dengan Pasifik dari timur hingga barat Sumatera sampai selatan Jawa, Nusa Tenggara, serta Banda.


26 Desember 2004 silam, gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Nanggroe Aceh Darussalam dan sebagian besar Sumatera Utara, telah menewaskan 131.028 dan 37.000 orang hilang. Namun, itu bukanlah kejadian yang terakhir, disusul dengan gempa di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kelaten, Ciamis dan Cilacap, Mentawai, Tasikmalaya, Padang, dan Sumatera.


Periodisasi terjadinya gempa mendominasi daerah-daerah yang berpenduduk padat, mulai dari Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Sehingga banyaknya jumlah korban sudah tidak bisa dihindari lagi. Selain gempa, kondisi Indonesia yang memiliki gunung-gunung berapi, dan dikelilingi oleh lautan, sehingga berbagai bencana alam mudah sekali terjadi.


Keadaan seperti ini membuat para korban membutuhkan relawan dengan jumlah yang banyak agar dapat memulihkan keadaan, setidaknya menenangkan korban untuk sementara. Sebagian besarnya mengalami gangguan psikologis, mereka yang kehilangan tempat tinggal, harta benda, sanak saudara, terlebih bila anggota keluarga yang menjadi korban tewas atau hilang.


Mengingat, bencana tidak pernah mengenal siapa yang akan ia temui sebagai lawan, maka langkah terbaik adalah dengan menolong siapa saja yang dapat ditolong sesegera mungkin tampa melihat dari mana asal usul korban, dari suku, maupun agamanya. Misalnya saja saat terjadi bencana di Merapi, korban bencana yang diungsikan ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), setelah dicek ternyata hampir 50% adalah Nasrani, maka relawan yang terlibat mengundang teman-teman yang dapat menangani permasalahan ibadah korban tersebut.


Diskusi tersebut menjadi lebih menarik, saat berbagai lembaga sosial keagamaan menceritakan pengalamannya di lokasi bencana. Misalnya saja saat Muhammadiyah melalui Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) menemui beberapa kendala, ketika suatu kali hendak mengadakan sholat fardhu yang dilaksanakan di lingkungan gereja. Keterbatasan tempat sebagai lokasi pengungsian yang akhirnya mengharuskan warga muslim untuk singgah ke lingkungan gereja untuk melakukan sholat berjama’ah, serta aktivitas keagamaan lainnya.


Tentunya dalam menghadapi situasi seperti ini, dihadapkan pada pilihan yang tidak mudah untuk mendirikan ibadah, di rumah ibadah yang berbeda keyakinan. Jika dilihat dari konteksnya, ini merupakan tantangan bagi umat dalam menyelesaikan masalah-masalah kemanusiaan yang dapat terjadi kapan saja.


Namun, berawal dari hal-hal seperti ini, akan menimbulkan rasa saling menghormati antar umat beragama dalam menjalankan kewajibannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Di mana agama bukan menjadi masalah baru dalam kondisi darurat, melainkan fungsi dari agama tersebut dapat dirasakan yaitu dalam hal memberikan kedamaian dan dapat menyelesaikan masalah umat tanpa memandang suku, ras, agama, maupun keyakinan.


Begitu juga dengan menerima bantuan dari agama lain, seringnya timbul isu-isu kristenisasi bagi penerima bantuan atau penerima bantuan mendapatkan doktrin untuk akhirnya berpindah agama. Hal-hal ini yang sering membuat rasa enggan memberikan atau menerima bantuan dari yang berbeda keyakinan.


Seharusnya, dalam mengkaji Islam tidak hanya seputar permasalahan yang normatif dan terpaku pada orientasi fiqh. Tetapi, dapat terkait kepada masalah-masalah umum yang sering timbul di tengah kalangan masyarakat luas, dan butuh akan pemahaman agama, terlebih pada hal kerukunan antar umat beragama, misalnya dalam bentuk dialog.


Di kalangan intelektual dialog-dialog seputar agama sering diadakan, bukan hanya itu mereka juga biasanya membuat organisasi antar agama. Pada kalangan ini, mereka sudah lebih paham dan mengerti akan hubungan antar agama, namun pada kalangan awam mereka lebih sering mendapatkan ceramah-ceramah yang memojokkan dan membicarakan keburukan agama lain.


Pentingnya memberi pemahaman sampai ke masyarakat tingkat bawah, agar tercapai kerukunan antar umat beragama. Hubungan yang dapat dibangun tidak hanya hubungan insan dengan Tuhannya, tetapi juga hubungan antar manusia dengan manusia lain yang tidak dibatasi dengan siapa ia dapat melakukan hubungan baik. Mengingat Indonesia memiliki Bhineka Tunggal Ika sebagai pedoman untuk mempersatukan perbedaan.


Dewi Maryam, Mahasiswi Semester 2, Fakultas Sains dan Tekhnologi, Jurusan Matematika, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Kemitraan Lintas Agama dalam Penanggulangan Bencana
Kemitraan Lintas Agama dalam Penanggulangan Bencana
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/08/kemitraan-lintas-agama-dalam.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/08/kemitraan-lintas-agama-dalam.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago