Archive Pages Design$type=blogging

HI Internasional 2012 Dilebur dengan HI Reguler



Dikarenakan tahun ini jumlah mahasiswa Hubungan Internasional (HI) program Internasional yang memenuhi persyaratan tidak mencapai standar untuk membuka kelas internasional, Pembantu Rektor (Purek) 1 Bidang Akademik, Mohammad Matsna memutuskan untuk melebur HI Internasional dengan HI kelas reguler.

Matsna menjelaskan, sebenarnya salah satu persyaratan calon mahasiswa yang ingin masuk di kelas HI Internasional yaitu mempunyai hasil TOEFL minimal 500. Nyatanya, tahun ini dari 23 jumlah mahasiswa yang mendaftar ulang, hanya 5 mahasiswa yang memenuhi syarat tersebut. Padahal, standar pembentukan kelas internasional itu minimal berjumlah 20 mahasiswa. “Atau bila harus dipaksakan 15 mahasiswa,” tambahnya pada Kamis (28/9).

Ditahun-tahun sebelumnya, pihak akademik masih memberi kelonggaran untuk persyaratan itu. Tetapi, kebijakan tersebut justru menghambat proses pembuatan skripsi mahasiswa. “Mahasiswa HI Internasional diwajibkan menulis skripsi berbahasa Inggris dan baru beberapa saja yang mampu menyelesaikannya”, jelas Matsna.

Berkaca dari kejadian tersebut, akhirnya diputuskan untuk tahun ini dan seterusnya pihak akademik akan menegaskan tentang kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa HI Internasional. “Ya, nanti kalau memang tidak ada yang nilai TOEFLnya 500, lebih baik tidak dibuka saja,” tegasnya.

Matsna pun menuturkan, jurusan-jurusan lain yang berbasis internasional diberbagai fakultas tidak mensyaratkan TOEFL 500. “Karena kalau HI itu nantinya akan menjadi ahli-ahli internasional, jadi kemampuan berbahasa itu harus,” paparnya.

Menurutnya, ia juga sudah mewacanakan, untuk tahun-tahun yang akan datang, kelas internasional tidak akan dibuka melalui jalur-jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Namun, akan diseleksi ketika para mahasiswa memasuki semester 3. “Jadi ketika tingkat awal kuliah akan dilihat siapa-siapa saja yang mampu berbahasa Inggris, lalu tawarkan pada mereka,” jelasnya

Ia pula menjelaskan, pembayaran yang sudah dilakukan para mahasiswa, akan segera dikembalikan, setelah semua urusan administrasi pemindahan mahasiswa dari internasional ke regular selesai. “Tidak akan lama kok,” ucapnya.

Friane Aurora, selaku ketua jurusan (kajur) HI Internasional menyatakan, pihaknya setuju saja kalau memang sudah diputuskan seperti itu. “Ini kan untuk kebaikan semuanya juga,” ungkapnya Senin (24/9)

Sesaat setelah SK diberitahukan, pihaknya segera berkoordinasi dengan sekretaris jurusan (sekjur) HI reguler untuk membuka satu kelas lagi. Ia juga memberitahukan kepada semua dosen mengenai hal ini. “Sehingga kuliah anak-anak tidak tergadaikan,” ungkapnya. Jadi, kata Aurora, HI untuk tahun ini tidak ada yang internasional.

Juliansah Yusuf, salah satu mahasiswa semester 1 HI internasional yang dilebur menjadi HI regular menceritakan, ia dan teman-temannya diberitahukan hal ini sehari setelah Orientasi Pengenalan Akademik (OPAK). Kemudian, hari pertama kuliah, mereka belajar menggunakan sistem kelas Internasional.

Namun, keesokan harinya, ia dan teman-temannya dipisahkan ke berbagai kelas HI reguler. Berselang satu minggu, mereka kembali digabung dalam satu kelas. Tetapi, menggunakan sistem pembelajaran HI reguler.

Ia mengungkapkan, pada awalnya memang kecewa akan keputusan ini. “Sudah susah-susah kan masuk HI internasional,” ucapnya. Ia juga mengatakan, teman-temannya sempat memprotes langsung ke pihak rektorat. “Tapi ya mau bagaimana lagi, lagi pula secara garis besar pembelajaran di HI internasional dan HI reguler, sama saja,” tuturnya Senin (24/9). (Siti Ulfah Nurjanah)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: HI Internasional 2012 Dilebur dengan HI Reguler
HI Internasional 2012 Dilebur dengan HI Reguler
http://3.bp.blogspot.com/-kZ8xK9oAODc/UPPnFO6VneI/AAAAAAAAAJk/dwWTHt0lk7g/s400/Foto+Umar.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-kZ8xK9oAODc/UPPnFO6VneI/AAAAAAAAAJk/dwWTHt0lk7g/s72-c/Foto+Umar.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/08/hi-internasional-2012-dilebur-dengan-hi.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/08/hi-internasional-2012-dilebur-dengan-hi.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago