Archive Pages Design$type=blogging

Gerakan Politik dan Ideologi Serikat Buruh



Judul  : Watak Politik Gerakan Serikat Buruh Indonesia

Penulis  : Iskandar Tedjasukmana

Penerbit  : Trade Union Right Center (TURC)

Isi  : 220 halaman; 145 mm x 220 mm

Terbit  : Cetakan pertama, 2008

ISBN  : 978-979-25-4074-1

Dewasa ini, kondisi buruh Indonesia sangat memprihatinkan. Upah yang mereka peroleh belum sepadan dengan kerja keras mereka. Ditambah tuntutan ekonomi yang semakin tinggi, upah yang mereka peroleh belum dapat mencukupi kebutuhan hidup mereka. Kesejahteraan buruh Indonesia masih rendah, apalagi dengan diterapkannya konsep out sourcing di perusahaan-perusahaan.

Untuk melawan kesewenang-wenangan tersebut, buruh harus aktif memperjuangkan perlawanan terhadapnya. Karena itu, pembentukan forum aktivis serikat buruh. Dibutuhkan untuk mendorong agenda perubahan kaum buruh, dan memperjuangkan kepentingan kolektif buruh yang banyak diabaikan.

Gerakan buruh pertama yang dikenal di Indonesia dibentuk pada 1894 oleh para guru sekolah dasar dan menengah Belanda, asosiasi ini bernama Nederlandsch Indish Onderwijersz Genootschap (NIOG). Tapi, keanggotaannya belum melibatkan orang-orang Indonesia.

Serikat buruh yang murni berisi orang Indonesia muncul pada 1905, dengan didirikannya Staats Spoorwegen Bond (Serikat Personel Kereta Api Negara) yang beranggotakan pegawai Belanda dan Indonesia. Lalu diikuti oleh Vereeniging van Spoor- en Tramweg Personeel in Nederlandsch Indie (VSTP) pada 14 November 1908. Setelah kehadiran VTSP, barulah muncul serikat buruh lainnya.

Dalam buku ini dijelaskan beberapa penyebab keterlambatan munculnya serikat buruh : tersebar luasnya buta huruf, tingkat pendidikan yang rendah di kalangan buruh, kelangkaan buruh terampil dan kekurangan pemimpin yang berkemampuan. Kekalahan perlawanan rakyat pada tahun 1926/1927 berimbas pada serikat buruh, Belanda melarang pembentukan serikat buruh yang dalam metode kerja dan propagandanya menggunakan azas mirip komunis sosialis.

Ditambah dengan periode jepang, hampir seluruh serikat buruh mati suri. Serikat buruh yang bertentangan dengan kebijakan jepang ditindas. Tahun 1950-an, ada empat serikat buruh tingkat nasional yang memiliki pengaruh luas terhadap masyarakat. Diantaranya, Sentral Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (SOBSI), Konsentrasi Serikat Buruh Kerakyatan Indonesia (KBKI), Serikat Buruh Islam Indonesia (SBII) dan Kongres Buruh Seluruh Indonesia (KBSI).

Keempat serikat buruh ini anggotanya mencapai jutaan orang pekerja di Indonesia. Dalam buku ini, kita akan mendapat gambaran gairah dan dinamika berorganisasi masyarakat di periode kemerdekaan. Hal ini diperlihatkan dengan data  yang rinci. Dari sekitar 5 hingga 6 juta pekerja upah di perusahaan nasional dan swasta, kurang lebih 4 juta buruh yang terorganisir dalam organisasi yang berideologi berbeda.

Serikat buruh pada masa itu memiliki kecenderungan ideologi yang berbeda. Ideologi yang berpengaruh adalah Nasionalisme, Islam dan Sosialisme. Dalam buku ini, pembaca akan mendapatkan gambaran bahwa konsep-konsep ideologi tersebut telah menentukan watak dan arah perjuangan serikat buruh.

Di era kolonial dan kemerdekaan, serikat buruh bukan hanya menuntut kenaikan upah, tapi juga terlibat aktif dalam gerakan nasionalisme. Gerakan serikat buruh berintegrasi dengan gerakan politis nasionalis dengan cara para pemimpin politik menjadi pemimpin serikat buruh. Mendirikan suatu negeri berdaulat dan menumbangkan imperialisme Belanda adalah tujuan politiknya.

Mereka mendirikan organisasi perjuangan, memobilisasi batalyon kaum buruh yang tugasnya mengahancurkan obyek vital Belanda. Dalam banyak hal, Iskandar menerangkan bahwa gerakan serikat buruh Indonesia merupakan suatu citra dari revolusii. Struktur serikat buruh dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah berfungsi sebagai alat revolusi.

Dalam buku ini, Iskandar juga menelusuri pengaruh Marxisme dan Leninisme dalam serikat buruh. Pemikiran tersebut dituangkan dalam konsepsi kesadaran kelas dan teori perjuangan kelas, serikat buruh sebagai organisasi kelas, serikat buruh sebagai sekolah sosialisme, konsepsi organisasi massa dan konsepsi sentralisme demokratik.


Menurut Iskandar, teori kelas dan perjuangan kelas telah diterima mayoritas gerakan perburuhan di Indonesia. Dampaknya menjadikan serikat buruh di Indonesia semakin militan dan agresif, dan secara langsung atau tidak langsung telah mengikatkan diri pada tujuan dan cita-cita sosialis.

Buku ini juga menjelaskan hubungan serikat buruh dan partai politik. Di Indonesia, partai-partai politik menjadikan banyak serikat buruh sebagai cabang/tambahan demi tujuan politisnya. Partai menggunakan serikat-serikat buruh sebagai organisasi-front (barisan depan) untuk membantu partai-partai itu dalam kampanye-kampanye politik mereka. Sedangkan, kepentingan kaum buruh kurang diperhatikan. Konsep serikat buruh sebagai sekolah sosialisme dan organisasi massa adalah untuk melayani tujuan ini.

Sudah saatnya partai dan pemimpin politik berusaha memahami kedudukan dan tujuan sesungguhnya suatu gerakan serikat buruh. Partai politik jangan melibatkan serikat buruh dalam masalah politik mereka sehari-hari. (Anastasia Tovita)


COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Gerakan Politik dan Ideologi Serikat Buruh
Gerakan Politik dan Ideologi Serikat Buruh
https://3.bp.blogspot.com/-5WkRDRYKjPo/UPgCS5vgf7I/AAAAAAAAA5s/4oc1uEzg9PA/s400/foto+anas.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-5WkRDRYKjPo/UPgCS5vgf7I/AAAAAAAAA5s/4oc1uEzg9PA/s72-c/foto+anas.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/08/gerakan-politik-dan-ideologi-serikat_11.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/08/gerakan-politik-dan-ideologi-serikat_11.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago