Archive Pages Design$type=blogging

Taiko Okinawa Refleksi Kebersamaan




Siang itu, sekelompok pemuda-pemudi tengah menari. Beberapa dari mereka menggenggam stick di kedua tangannya, sembari menari mereka juga menabuh gendang yang dililitkan diperutnya. Pada bagian tertentu mereka mengeluarkan teriakkan bersama-sama, sehingga membangkitkan semangat para menari.


Semangat tersebut bukan hanya dirasakan para penari, penonton sekitarnya tampak hanyut dalam menikmati alunan tari mereka. Para penari mengajak penonton untuk ikut bergabung bersama-sama, mengikuti gerakan tarian yang mudah ditiru.


Heti Novela, salah satu anggota kelompok Taiko Okinawa, menuturkan, tarian tersebut berasal dari Okinawa sebuah pulau terujung dari Jepang. Taiko berarti gendang dan Okinawa adalah asal daerah tarian tersebut. Tarian ini mengkombinasikan antara gerak tari dan suara tabuhan gendang. Jenis Taiko yang digunakan ada tiga macam, yaitu Odaiko (taiko kecil), Shimedaiko (taiko sedang), dan Paranko (taiko besar).


Taiko tersebut terbuat dari kulit kerbau air, yang hanya dapat ditemui di Jepang. “Pernah kita coba buat, tapi suaranya engga sama dan bentuknya tidak bulat seperti Taiko asli asal Jepang. Kalaupun bulat, bentuknya sebesar bedug, karena terlalu besar, tidak memungkinkan untuk dibawa-bawa seperti Taiko asal Jepang,” paparnya lagi, Minggu (1/7).


Selain itu, gerakan Taiko Okinawa ini memiliki nilai filosofis yang sangat tinggi. Seperti saat mengayunkan tangan diatas kepala, dengan memegang stick untuk memukul Taiko, ini memiliki arti penghormatan terhadap Budha. Sebagian besar tarian ini juga diadopsi dari gerakan-gerakan karate.


Pada saat tampil, mereka menggunakan Happi (rompi). Happi adalah rompi asal Jepang, yang telah dipadukan dengan corak khas Indonesia, yakni batik.


Seorang penonton, Widy Octavian mengatakan tarian yang diiringi musik Jepang dan teriakkan-teriakkan tersebut, membuat pengunjung Ennichisai pada Festival Seni dan Kuliner Jepang 2012 di Blok M mendekat ke arah penari, sehingga suasana di sekitar mini stage lebih ramai dan penonton merasa senang. (Dewi Maryam)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Taiko Okinawa Refleksi Kebersamaan
Taiko Okinawa Refleksi Kebersamaan
http://3.bp.blogspot.com/-apkaRKvjltU/UPawgEy7gzI/AAAAAAAAAiM/p1Qb8TYrohI/s400/Taiko+Okinawa.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-apkaRKvjltU/UPawgEy7gzI/AAAAAAAAAiM/p1Qb8TYrohI/s72-c/Taiko+Okinawa.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/07/taiko-okinawa-refleksi-kebersamaan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/07/taiko-okinawa-refleksi-kebersamaan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago