Archive Pages Design$type=blogging

Segudang Manfaat Tanaman Kontroversial; Ganja

Makhluk hidup yang diciptakan Tuhan pastinya saling membutuhkan satu sama lain. Begitu  pula dengan tumbuhan, pastinya memiliki manfaat serta fungsinya masing-masing, terutama  bagi manusia sebagai makhluk ciptaan-Nya yang paling sempurna. Salah satunya adalah  tanaman  Cannabis, yang  lebih  terkenal  dengan  sebutan  ganja.

Mendengar kata ganja, sebagian besar masyarakat memandang tanaman  hijau itu sebagai tanaman berbahaya. Bahkan, tidak sedikit yang memandang ganja sebagai tanaman haram  yang harus dijauhi, bahkan dimusnahkan, karena banyak memunculkan efek negatif  terhadap  para  penggunanya.

Keberadaan  tanaman  ganja  seharusnya  tidak  dilihat  dengan  sebelah  mata. Yang  terbesit  dalam  benak  sebagian  besar  masyarakat adalah tanaman ganja yang menimbulkan  dampak  negatif. Hal itu disebabkan oleh candu yang terkandung dalam ganja. Namun, tidak  selamanya ganja mengandung nilai negatif.

Masyarakat Indonesia perlu membuka mata untuk melihat efek tanaman ganja lebih lanjut. Tanaman ganja tidak termasuk dalam golongan narkotika, karena tidak menimbulkan  candu  bagi penggunanya. Walau undang-undang menyebutkan bahwa ganja adalah narkotika, pada  kenyataannya ganja terlihat berbeda dengan opium (getah) dan  narkotika  sintetis  dalam  ilmu  farmakologis.

Dalam buku Hikayat Pohon Ganja karya Dhira Narayana, Irwan Muhammad Syarif, dan  Ronal Carl Marentek, dijelaskan banyaknya pemanfaatan pohon ganja, terutama bagi umat  manusia. Salah satunya adalah fungsi sebagai kebutuhan pangan, serat untuk tekstil, tali-temali, minyak penerangan dan energi, hingga  obat-obatan  untuk  berbagai  jenis  penyakit, serta aktivitas-aktivitas lainnya yang menjadi faktor evolusioner yang mempererat simbiosis  antara ganja dan manusia.
 
Salah satu kutipan dalam buku tersebut, Rektor UIN Jakarta, Komaruddin Hidayat, menyebutkan, pohon ganja salah satu tumbuhan ajaib. Manfaat besar yang dianugerahkan Tuhan melalui tumbuhan itu seolah sirna begitu saja ketika segelintir manusia berusaha menafikan dengan cara menggolongkan tumbuhan ini sebagai narkotika.

Tumbuhan ganja memiliki serat yang tinggi salah satunya dapat manfaatkan sebagai salah satu keperluan dalam pembuatan benang, karena telah terbukti kain tenun pada mulanya di temukan terbuat dari bahan serat ganja di provinsi Yangshao Henan. Ditemukannya serat pohon ganja yang digunakan sebagai benang ternyata telah terbukti bahwa benang yang dipilin jauh lebih kuat.
 
Selain memiliki banyak manfaat untuk keperluan tekstil, ganja juga memiliki beragam manfaat untuk keperluan medis, seperti yang dijelaskan oleh salah satu anggota Lingkar Ganja Nusantara (LGN) Yoga Pahlevi, ia menuturkan satu tumbuhan ganja memiliki banyak manfaat, manfaat lainnya juga untuk refreshing. Tumbuhuhan ganja memiliki fungsi medis yang sangat banyak dibandingkan dengan jenis tumbuhan yang lainnya. Salah satunya bermanfaat mengatasi glaukoma, sembelit, kesulitan buang air kecil, radang sendi reumathoid arthritis, asma, depresi, tetanus, distonia, epilepsi, ostroporosis, kardiovaskular dan a strychnine. kegunaan lainnya ialah sebagai terapi menggunakan tumbuh-tumbuhan (phytotherapeutic) penyakit Lou Gehirg, kanker dan leukimia, migrain, herpes labialis, Post traumatic stress disorder, Tuberkulosis (TB),  multiple sclerosis, dan infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV). serta banyaknya keuntungan yang Indonesia dapatkan dari sebuah pohon ganja.

Ganja Sebagai Penyelamat Hutan
Selain manfaat ganja sebagai medis, ternyata pohon ganja juga bisa menyelamatkan dan meningkatkan perekonomian. Banyaknya penebangan hutan liar di Indonesia, bisa menyebabkan rawan bencana seperti tanah longsor, erosi, dan pemansan global.
 
Menanggapi  hal tersebut, salah satu anggota Legalisasi Ganja Nusantara (LGN), Mahessa Arinanda mengatakan, ganja sebagai penyelamat hutan di dunia. Menurutnya, 1 hektar pohon biasa, sama dengan 4 hektar pohon ganja, jika diproduksi menjadi sebuah kertas maka produksi kertas akan meningkat. Ganja sendiri dapat diproduksi empat sampai lima bulan, dibandingkan dengan kertas dari pohon biasa yang bertahun-tahun. “Bagi para ekonom ini menjadi keuntungan yang sangat besar,” jelasnya, Sabtu (23/6)

Keuntungan Legalilsasi Ganja bagi Indonesia
Dhira Narayana menuturkan, banyak yang bisa didapatkan Indonesia dari legalisasi ganja diantaranya, keuangan negara semakin meningkat, terbukanya lapangan pekerjaan, dan tingkat edukasi menjadi meningkat.

Senada dengan Dhira, Yoga Pahlevi mengatakan, keuntungan lainnya sebagai penyembuh penyakit cancer (kanker). “Jadi nggak usah ke luar negeri untuk pengobatannya,” jelasnya.

Di sisi lain Ahli Tanaman dari PT. Hutan Hijau Mas, Kalimantan Timur, Armayadi, menjelaskan ia tetap tidak menyetujui dengan di legalkannya ganja di Indonesia, karena banyak kerugiannya. “Seperti halnya rokok, meskipun banyak menyediakan lapangan pekerjaan dan pajak yang besar, tapi tetap saja rokok itu tidak baik untuk kesehatan,” ungkapnya ketika diwawancarai via telepon, Senin (9/7). 

Nurlaela

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Segudang Manfaat Tanaman Kontroversial; Ganja
Segudang Manfaat Tanaman Kontroversial; Ganja
https://1.bp.blogspot.com/-aJh4lhf_tQQ/UPv6qmOrqNI/AAAAAAAABOY/mbDiXA80uD8/s400/orang-orang+yang+tergabung+dalam+Lingkar+Ganja+Nusantara+bergabung+untuk+mendukung+legalisasi+ganja+(www.kaskus.com).jpg
https://1.bp.blogspot.com/-aJh4lhf_tQQ/UPv6qmOrqNI/AAAAAAAABOY/mbDiXA80uD8/s72-c/orang-orang+yang+tergabung+dalam+Lingkar+Ganja+Nusantara+bergabung+untuk+mendukung+legalisasi+ganja+(www.kaskus.com).jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/07/segudang-manfaat-tanaman-kontroversial.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/07/segudang-manfaat-tanaman-kontroversial.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago