Archive Pages Design$type=blogging

Sampah Berceceran, Dimanakah Kesadaran Mahasiswa?

Banyaknya sampah yang tercecer di sepanjang jalan  depan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) sampai perpustakaan utama dikarenakan minimnya tempat sampah yang ada. Tak hanya itu sampah yang menyumbat toilet, ruang kelas yang kotor, terlebih di kantin-kantin banyak gelas bekas kopi yang dibiarkan menggeletak dan puntung rokok yang sembarangan dibuang.

Sepatutnya mahasiswa telah menjalankan semboyan yang berbunyi buanglah sampah pada tempatnya, namun realitasnya mahasiswa masih perlu dikampanyekan kembali tentang semboyan yang telah didengangar bertahun-tahun itu.

Kebersihan kampus bukan hanya menjadi tanggungjawab petugas kebersihan yang ada, namun seluruh sivitas kampus mempunyai kewajiban untuk menjaga lingkungannya agar terbebas dari sampah-sampah yang berserakan.

Itulah yang diucapkan oleh petugas kebersihan student center, Ali Aziz. Menurutnya, mahasiswa masih sangat kurang kepeduliannya terhadap kebersihan. Disana-sini masih banyak sampah yang berantakan, tidak dibuang pada tempatnya.

Ia menambahkan, mahasiswa yang nongkrong baik hanya sekadar merokok atau minum kopi setidaknya dapat membuang sisanya di tempat yang telah disediakan. Masih banyak yang membuang puntung rokok sembarangan, “Habis ngerokok dan ngopi ditinggal begitu saja,” ujar Ali.

Perihal kesadaran, menurutnya semua sivitas kampus ada baiknya menciptakan lingkungan yang bersih dari diri masing-masing. “Jangan hanya mengandalkan petugas kebersihan, itu semua tidak akan beres kalau tidak ada kesadaran dari mereka,” tuturnya (29/6).

Senada dengan Ali, Koordinator kebersihan, Masil menuturkan memang masih sangat kurang kesadaran dari mahasiswa. Sampah-sampah kertas, botol plastik berceceran, kalaupun daun yang jatuh dari pohon itu merupakan sampah alami dari Allah bukan sengaja dibuang seperti sampah yang lain.

Begitu pun bagi Ade Afrizal, mahasiswa FITK mengatakan, mahasiswa sudah cerdas. Kemungkinan dalam pikiran mereka untuk apa ada petugas kebersihan kalau tugasnya bukan untuk membersihkan.

Perlu dipahami kembali, menurutnya sampah ada dan tercipta karena ulah mereka sendiri perlu adanya sosialisasi kembali untuk menumbuhkan rasa malu jika membuang sampah sembarangan, rasa apatis juga perlu dihilangkan, “Kalau dinilai kebersihannya mendapat nilai 65 lah,” tambah Ade (29/6).

Siti Robiah Hazan, Mahasiswa FITK menyampaikan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungannya memang masih kurang. Terkadang mereka hanya mengandalkan petugas kebersihan. Tambahnya, jika sehabis minum atau makan ada baiknya langsung dibuang ke tong sampah.

“Kalau mau bersih, tidak bisa mengandalkan atau menitik beratkan kepada satu pihak saja, jika bersama-sama mungkin dapat tercipta lingkungan yang lebih baik,” ujarnya (29/6) (Gita Nawangsari)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Sampah Berceceran, Dimanakah Kesadaran Mahasiswa?
Sampah Berceceran, Dimanakah Kesadaran Mahasiswa?
http://1.bp.blogspot.com/-w7yVdLO3hYU/UPT-Uhaa8fI/AAAAAAAAAMI/jZHzR-uH3Zc/s400/sampah.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-w7yVdLO3hYU/UPT-Uhaa8fI/AAAAAAAAAMI/jZHzR-uH3Zc/s72-c/sampah.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/07/sampah-berceceran-dimanakah-kesadaran.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/07/sampah-berceceran-dimanakah-kesadaran.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago