Archive Pages Design$type=blogging

Mengangkat Figur Mahmud Yunus


Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) pada Kamis (28/6) kemarin mengadakan seminar yang bertajuk “Pembaruan Pemikiran Pendidikan Mahmud Yunus”. Seminar tersebut diselenggarakan untuk mengapresiasi tokoh besar Mahmud Yunus yang merupakan dekan pertama FITK, juga sekaligus dalam rangka memeriahkan gebyar 55 tahun FITK.

Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan FITK, Muhbib Abdul Wahab, mengatakan di usia ke-55 tahun ini, sudah sepantasnya FITK mengenang dan memaknai tokoh-tokoh yang telah berjasa bagi FITK. Oleh karena itu, pada seminar tersebut diadakan launching penamaan ruang teater lantai 3 FITK menjadi Teater Prof. Dr. Mahmud Yunus.

Seminar itu menghadirkan lima pembicara yaitu Malik Fadjar (mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang), Maksum Mukhtar  (Rektor IAIN Syeh Nur Djati Cirebon), Armai Arief, Muhbib Abdul Wahab dan Didin Syarifuddin, ketiganya merupakan Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pada sambutannya, Dekan FITK, Rif’at Syauqi Nawawi mengatakan Mahmud Yunus merupakan salah satu tokoh yang paling produktif pada masanya. Ia berhasil menghasilkan 74 buah buku. “Jumlah yang besar bila mengingat keadaan komputerisasi yang belum secanggih sekarang,” ucapnya.

Pada seminar ini juga dijelaskan betapa besar kiprah dan pengaruh Mahmud Yunus pada pendidikan di Indonesia. “Kyai Zarkasih, pendiri Pondok Pesantren Gontor adalah salah satu murid beliau yang sukses menerapkan direct method pada pembelajaran bahasa Arab dan Inggris,” jelas Muhbib.

Muhbib juga menambahkan, Kamus Mahmud Yunus merupakan salah satu kamus yang paling banyak digunakan oleh para pelajar bahasa Arab. “Kamus Mahmud Yunus juga telah sukses mensarjanakan banyak mahasiswa.”

Persiapan pembuatan buku

Muhbib yang juga ketua panitia seminar tersebut juga mengatakan kalau tujuan utama dari seminar ini adalah untuk mempersiapan pembuatan buku yang bertema pemikiran pendidikan Islam menurut Mahmud Yunus. Menurutnya, makalah yang telah disampaikan oleh kelima pembicara akan diedit kembali sebagai benih awal dari buku tersebut.

Ia menjelaskan, selain kelima pembicara itu, pihaknya juga akan menghadirkan para ahli lainnya untuk merampungkan buku tersebut. “Misalnya ahli dari aspek tafsir atau pembelajaran bahasa Arab,” tambahnya.

Sehingga, ia mengharapkan, buku yang ditulis dari berbagai aspek ini akan menghasilkan bahan bacaan yang komprehensif tentang pemikiran Mahmud Yunus sehingga dapat diwariskan pada generasi selanjutnya.

Ia juga mengatakan, salah satu tujuan dari pembuatan buku ini adalah untuk mengenalkan tokoh besar Mahmud Yunus yang mempunyai kiprah dan pengaruh besar pada pendidikan Indonesia. “Karena boleh jadi banyak mahasiswa yang tidak tahu,” ucapnya (Siti Ulfah Nurjanah)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Mengangkat Figur Mahmud Yunus
Mengangkat Figur Mahmud Yunus
http://1.bp.blogspot.com/-RF-rkdN6RH4/UPPkjmGN0MI/AAAAAAAAAI0/ATsTZ5Binco/s400/Foto+Mahmud+Yunus.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-RF-rkdN6RH4/UPPkjmGN0MI/AAAAAAAAAI0/ATsTZ5Binco/s72-c/Foto+Mahmud+Yunus.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/07/mengangkat-figur-mahmud-yunus.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/07/mengangkat-figur-mahmud-yunus.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago