Archive Pages Design$type=blogging

Mengajari Anak Melalui Dongeng




Mengajari Anak Melalui Dongeng
Assalamualaikum, kau lupa bersyukur,
bersyukur? kenapa aku harus bersyukur?
setiap insan manusia yang dibangunkan pagi hari oleh Allah harus bersyukur.
iya ya, aku harus bersyukur. Alhamdulillah.

Itulah sedikit cuplikan kisah dongeng yang dipertontonkan Awam Prakoso pada INSTITUT, Minggu (8/7). Ia merupakan salah satu pendongeng di Kampung Dongeng. Kampung Dongeng adalah komunitas para pendongeng yang berkeinginan untuk mengembalikan dunia dongeng agar dikenal anak .

Menurut Awam, saat ini budaya mendongeng sudah memudar. Anak-anak jarang sekali mendapatkan cerita-cerita dongeng. Para orangtua pun sudah jarang mendongengkan kisah-kisah sebagai pengantar tidur.

Berangkat dari keprihatinannya akan hal tersebut, Awam mulai memprakarsai hadirnya Kampung Dongeng. Ia berharap, Kampung Dongeng mampu menjadi markas dongeng bagi anak-anak. Ia juga bercita-cita agar Kampung Dongeng ada di setiap wilayah seluruh  Indonesia.

Tidak semua jenis cerita dapat dikisahkan oleh pendongeng di Kampung Dongeng. Mereka menghindari kisah-kisah yang imaginatif, seperti cerita Timun Emas atau Cinderella. Menurut Awam, cerita yang bersifat imaginatif tidak mendidik bagi anak.

Ia berpendapat, dongeng-dongeng legenda cukup menjadi kekayaan literatur dari perpustakaan saja.  Dongeng-dongeng untuk anak mestinya mampu membangun karakter anak. “ Dongeng dongeng legenda memang perlu dilestarikan, tapi cukup sekolah saja yang menceritakannya,” paparnya.

Dalam setiap pertunjukannya, komunitas yang diresmikan pada 18 Mei 2009 ini lebih memilih mengisahkan cerita yang mengarah pada kehidupan nyata anak. “Seperti mengajarkan kejujuran atau kisah penuh moral lainnya,” ungkap Awam. “Menyampaikan pesan terhadap anak dengan cara mendongeng akan lebih mudah dipahami,” tambahnya.

Awam mencita-citakan, kampung dongeng berdiri pada setiap kampung di seluruh  wilayah Indonesia. Saat ini, Kampung Dongeng sudah ada di berbagai daerah di Jabodetabek dan luar Jawa, seperti Samarinda dan Sulawesi.

Kegiatan Kampung Dongeng, selain mendogeng juga sering mengadakan pelatihan dan seminar diberbagai daerah, bagi para pendongeng yang baru belajar atau untuk para pendongeng yang ingin  memperdalam kemampuannya.

Tanggal 6-8 Juli lalu, Kampung Dongeng mengadakan pendidikan kilat (diklat) bagi para pendongeng. Pelatihan kali ini merupakan pelatiahan kelima yang dilakukan Kampung Dongeng di Pamulang, Tangerang. Peserta kali ini terdiri dari berbagai usia dan berbagai kota, seperti Olivia Sekarningrum (7) dari Jakarta dan Anna Musdalifah (35) dari Bandung.

Usai diklat, Awam mengharapakan para pendongeng dapat membuka Kampung Dongeng di daerah mereka maing-masing. Sehingga, gerakan mendongeng dapat dikenal  lebih luas lagi oleh masyarakat. (Karlia Zainul)



COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Mengajari Anak Melalui Dongeng
Mengajari Anak Melalui Dongeng
http://2.bp.blogspot.com/-xpluY9jtZhg/UPUN5vZuGPI/AAAAAAAAARc/V_X_pVvKAF4/s400/awam+prakoso+sedang+mengajadi+para+peserta+diklat+yang+ke+5+di+pamulang-tangerangsenin+8.7+1.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-xpluY9jtZhg/UPUN5vZuGPI/AAAAAAAAARc/V_X_pVvKAF4/s72-c/awam+prakoso+sedang+mengajadi+para+peserta+diklat+yang+ke+5+di+pamulang-tangerangsenin+8.7+1.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/07/mengajari-anak-melalui-dongeng.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/07/mengajari-anak-melalui-dongeng.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago