Archive Pages Design$type=blogging

Lowrider, Sepeda Klasik Tetap Asik

Segerombolan pengemudi sepeda melintasi jalan melinggkar di bundaran Hotel Indonesia, asik membelokkan stang sepedanya ke kiri dan kanan bak berlenggak-lenggok di atas aspal. Sepeda berbentuk unik  dan berwarna-warni, mengalihkan pandangan setiap orang saat melintas.

Itulah mereka, para pecinta sepeda modifikasi  yang tergabung dalam Sweet Iron Lowrider Bike Club (S.I.L B.C). “Berawal dari sepeda klasik biasa yang kemudian dimodifikasi menjadi sepeda-sepeda lowrider dengan memadukan gaya klasik dan modern,” ujar Fazri Muharrom, salah satu anggota S.I.L B.C.

Istilah lowrider sendiri dipakai untuk jenis mobil ceper, yang berpirinsip memperkecil ground clearance (jarak antara bagian bawah mobil dengan aspal) sehingga membuat bentuk mobil menjadi pendek. Pada masa itu, mobil lowrider sangat digemari oleh anak-anak muda dari kalangan atas karena harganya yang mahal.


Pada tahun 1960an, anak muda dari kalangan menengah ke bawah yang tidak sanggup memilikinya, mencoba memodifikasi sepeda seperti mobil ceper dengan prinsip yang sama.  Badan sepeda dibuat menjadi rendah seperti prinsip mobil lowrider.


Modifikasi sepeda lowrider pun semakin berkembang dengan jari-jari ban yang dibuat rapat, springer yang bengkok seperti huruf L, stang yang tinggi (ape hanger) dan jok pisang (banana seat).
Sepeda lowrider memiliki berbagai macam jenis di antaranya Cruiser Clasic 20", cruiser, limo, Chopper, basman, dan trike, setiap jenisnya memiliki keunikan masing-masing. “Misalnya Jenis limo meniru bentuk mobil limosin yang panjang dan rendah,” jelas Dwi Situmorang, salah santu anggota S.I.L.B.C.

Dwi juga mengatakan, setiap anggota memodifikasi sendiri bentuk dan melukis badan sepedanya dengan teknik airbrush agar lebih menarik dan sesuai keinginan. Sehingga sepeda yang dimiliki berbeda-beda jenisnya, dan tidak akan ada yang menyamai sepeda mereka.

S.I.L.B.C  juga memiliki bengkel untuk memodifikasi sepeda anggotanya, terletak di beberapa daearah seperti Rempoa dan Jagakarsa, tambah Dwi

Fazri Muharrom juga menambahkan, para pengemudi lowrider ini biasa berkumpul dan gowes bareng saat Car Free Day (CFD) di senayan dan bundaran HI. Setiap minggunya sekitar 40 orang anggota komunitas ini bertemu dan memamerkan sepedanya.

Anggota komunitas Lowrider, Vauzan Hermansyah, memaparkan pengalamannya saat baru menggunakan sepeda Lowrider memang agak susah, namun jika sudah terbiasa mengendarianya sama dengan sepeda umumnya. Bagi Vauzan sepeda custom dapat menambah daya kekreatifitasan. “Buat gue Lowrider itu seni!,” ungkapnya dengan penuh keyakinan.

Bagi Afriansyah Bani, yang lebih akrab dipanggil Bony, pecinta sepeda lowrider. “Sepeda lowrider sangat menarik karana kelasik dan unik,” tuturnya. Ia juga mengatakan, setiap goweser yang  pakai lowrider punya suatu kebangaan tersendiri yang sulit diungkapkan. (Nida Ilyas)


COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Lowrider, Sepeda Klasik Tetap Asik
Lowrider, Sepeda Klasik Tetap Asik
http://4.bp.blogspot.com/-q0DmVpAQtRE/UPl5IHVBeHI/AAAAAAAAA9w/h5w16Elsj70/s400/lowrider.JPG
http://4.bp.blogspot.com/-q0DmVpAQtRE/UPl5IHVBeHI/AAAAAAAAA9w/h5w16Elsj70/s72-c/lowrider.JPG
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/07/lowrider-sepeda-klasik-tetap-asik.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/07/lowrider-sepeda-klasik-tetap-asik.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago