Archive Pages Design$type=blogging

Kurangnya Kepedulian Masyarakat Jakarta Pada Lingkungan Hijau


rina kusuma education outreach officer yayasan kehati tengah menjelaskan pentingnya keanekaragaman hayati untuk lingkungan hijau selasa (24/7)


Jakarta, INSTITUT- Banyaknya orang yang berpendidikan dan para intelektual nyatanya belum mampu mengubah Jakarta menjadi kota hijau yang berkonsep city in the garden. Justru, kian hari wilayah hijau di Jakarta kian berkurang.


Hal itu diungkap Hendra Aquan, salah satu anggota Komunitas Transformasi HIjau (Trashi) pada seminar “The Preservation of Green Open Space in Urban Areas and the Role of Youth” yang berlangsung di @amerika, Pasific Place, Jakarta Pusat, Selasa (24/7).


“Kini orang-orang jika mendengar kata Jakarta, yang terpikirkan mereka hanyalah macet, polusi, banjir atau banyaknya mall,” ujarnya. Ia pun mengatakan, saat ini lingkungan hijau belum menjadi fokus utama pada pembangunan di kota-kota besar, termasuk Jakarta.


Pembicara lainnya, Rina Kusuma dari Education and Outreach Officer Yayasan KEHATI juga menjelaskan, sebenarnya populasi manusia yang semakin meningkat merupakan salah satu ancaman terberat bagi keanekaragaman hayati.


“Manusia dengan segala gaya hidupnya, menimbulkan adanya limbah, polusi, dan lainnya. Belum lagi pembukaan lahan untuk tempat tinggal,” tuturnnya Selasa (24/7)
Menurutnya, persoalan yang paling mendasar dari adanya keanekaragaman hayati di kota besar adalah kepedulian manusia. “Hanya sedikit sekali orang yang mengetahui pentingnya keanekaagaman hayati juga dampak dan pengaruhnya secara personal,” paparnya.


Nirwono Yoga selaku Landscape Architect mengungkapkan, kesadaran masyarakat tentang lingkungan hijau memang masih sangat kurang. “Buktinya aja, sekarang di daerah Fatmawati ada ratusan  pohon ditebang, tidak ada yang protes, berbeda saat ada kenaikan BBM. Artinya, tingkat kepekaan masyarakat pada lingkungan hijau masih rendah,” ujarnya Selasa (24/7)


Menurutnya, masalah lingkungan hijau menjadi tanggung jawab bersama. Semua pihak harus berkontribusi sesuai dengan bidangnya. Ia juga menambahkan, pemerintah seharusnya lebih serius menangani masalah lingkungan. Misalnya, lebih ketat lagi dalam pemberian hukuman kepada masyarakat yang menebang pohon didepan rumahnya.


Hukuman itu memang sudah ada, katanya, hanya saja masih lemah. Hukuman yang terdapat saat ini hanya sebatas penggantian 10 pohon untuk 1 pohon yang ditebang. “Tapi yang tidak saya setuju itu, digantinya sama pohon yang kecil-kecil. Padahal untuk pohon besar,  membutuhkan waktu 20 sampai 25 tahun,” jelas Yoga.


Dampak Kurangnya Lahan Hijau


Menurut Hendra, akibat berkurangnya lahan hijau, Jakarta juga akan banyak kehilangan warganya. Contohnya kucing bakau atau anjing air yang telah punah. “Kami menyebutnya sebagai warga, karena memang mereka juga berhak hidup di Jakarta. Dua species tersebut, hanya sedikit dari hewan unik yang telah punah di Jakarta,” ucapnya.


Ia mengatakan, menurut hasil suatu survey, pada tahun 1937 di Batavia, yang kini menjadi Jakarta terdapat 256 species hewan. Ketika survey lain dilakukan antara tahun 2010-2011, di Jakarta hanya terdapat 135 species hewan. “Kemana yang lainnya, that’s be a question,” tambahnya.


Selain itu, Rina mengatakan, ketika masyarakat membuka lahan baru di suatu tempat dengan menebang pohon, tidak hanya habitat hewan yang lenyap. Sebenarnya, tata kehidupan masyarakat juga ikut menghilang. (Siti Ulfah Nurjanah)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Kurangnya Kepedulian Masyarakat Jakarta Pada Lingkungan Hijau
Kurangnya Kepedulian Masyarakat Jakarta Pada Lingkungan Hijau
http://1.bp.blogspot.com/-fP2lqadoZEY/UPa2Ns6tdkI/AAAAAAAAAj0/jXb6GThyz6Q/s400/rina+kusuma+education++outreach+officer+yayasan+kehati+tengah+menjelaskan+pentingnya+keanekaragaman+hayati+untuk+lingkungan++hijau+selasa+247.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-fP2lqadoZEY/UPa2Ns6tdkI/AAAAAAAAAj0/jXb6GThyz6Q/s72-c/rina+kusuma+education++outreach+officer+yayasan+kehati+tengah+menjelaskan+pentingnya+keanekaragaman+hayati+untuk+lingkungan++hijau+selasa+247.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2012/07/kurangnya-kepedulian-masyarakat-jakarta.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2012/07/kurangnya-kepedulian-masyarakat-jakarta.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago